Harga Mesin Potong Rumput Dorong (All Merek)

No comment259 views

Perkembangan yang pesat memang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal, termasuk memotong rumput. Alih-alih memakai gunting rumput, sekarang sudah banyak yang memotong rumput menggunakan mesin, terutama tipe dorong. Di sendiri, tersedia banyak mesin potong rumput dorong dengan berkisar jutaan rupiah.

Ilustrasi: mengoperasikan mesin potong rumput dorong

Ilustrasi: mengoperasikan mesin potong rumput dorong

Memang, memiliki pekarangan yang asri dan indah adalah idaman banyak orang. Pasalnya, dengan pemandangan hijau dan rapi, akan memberikan nuansa yang tenang dan rileks bagi seluruh penghuni rumah. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan suasana demikian adalah rajin-rajin memotong rumput halaman rumah Anda.

Anda bisa menggunakan seperti gunting rumput atau sabit untuk merapikan rumput di pekarangan rumah Anda. Namun, dengan kedua ini, Anda membutuhkan waktu yang lama dan tenaga ekstra. Nah, apabila Anda tidak ingin membuang banyak tenaga, alternatif terbaru adalah menggunakan mesin pemotong rumput, yang akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi.

Secara garis besar, mesin pemotong rumput yang banyak beredar di pasaran terbagi menjadi dua tipe, yakni mesin potong rumput dorong dan mesin potong rumput gendong. Masing-masing varian tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Berikut uraian singkat dari dua jenis mesin potong rumput yang sudah beredar di pasaran.

Jenis Mesin Potong Rumput Dorong

Biasanya hanya digunakan untuk halaman yang memiliki permukaan tanah rata. Pada bagian tangkai pendorong pada mesin jenis ini, bisa dilipat sehingga mudah sekali ketika disimpan. Mesin jenis ini bisa memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda. Mesin jenis ini pun terdapat penampung rumput yang tidak sulit ketika dipasang maupun ketika melepaskannya.

Mesin potong rumput dorong (sumber: freepik.com)

Mesin potong rumput dorong (sumber: freepik.com)

Apabila halaman maupun lumayan luas serta berbentuk segi empat, lebih baik memakai mesin potong rumput dorong, sedangkan ketika menggunakannya lebih baik berkeliling memutar. Hal ini bertujuan supaya rumput yang terpotong dapat terkumpul di tengah-tengah halaman, sehingga rumput yang sudah terpotong tersebut mudah dikumpulkan serta dibuang. Namun, hendaknya ketika memotong rumput dikerjakan sewaktu siang hari saat embun telah hilang. Hal ini berguna agar rumput yang sudah terpotong tersebut tidak banyak menempel di kantong penampungan pada mesin potong sehingga mudah untuk dibersihkan.

Jenis Mesin Potong Rumput Gendong

Mesin potong rumput gendong umumnya digunakan untuk memotong rumput di lapangan maupun halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang. Bentuk mesin jenis ini hampir sama dengan alat penyemprot hama yang kerap digunakan oleh para petani untuk menyemprot dan membasmi hama.

Mesin jenis ini mempunyai gagang besi berukuran panjang. Cara mengaktifkan mesin ini hanya dengan menarik tuas yang terletak di dekat mesin. Ketika menggunakan mesin jenis ini, sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan dengan cara berjalan mundur. Bila terdapat batu pada tanah, sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu sehingga bagian pemotong rumput tidak cepat rusak atau cacat.

Mesin potong rumput gendong (sumber: toolsvilla.com)

Mesin potong rumput gendong (sumber: toolsvilla.com)

Pada mesin potong rumput gendong, ada tiga jenis pisau yang sering digunakan, yakni pisau palang, pisau bulat bergigi 8, dan pisau bulat bergigi 80. Pisau palang dipakai untuk memotong rumput berukuran besar, misalnya alang-alang, rumput gajah, dan sebagainya. Pisau bulat bergigi 8 digunakan untuk memotong semak belukar. Sementara, pisau bulat bergigi 80 dipakai untuk memotong yang sangat besar.

Nah, apabila Anda memiliki lahan atau pekarangan yang sangat luas, seperti disampaikan di atas, alternatif terbaik merapikan rumput adalah menggunakan mesin potong tipe dorong. Tidak susah mendapatkan mesin potong rumput tipe ini karena sudah tersedia bebas di pasaran dalam berbagai merek. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga mesin potong rumput tipe dorong.

Harga Mesin Potong Rumput Dorong

Merek Mesin Potong Rumput DorongHarga
Black & Decker BEMW451BHRp1.629.000 – Rp2.229.900
Noqiwa Rp3.150.000
Tasco TLM 430 Lawn MowersRp2.075.000
Tasco TLM 18ERp3.295.000
Rover Duracut 820 Lawn MowersRp6.960.000
Makita DLM 380 RM2Rp9.353.000
Honda HRJ196 PWDH 19”Rp9.638.150

Harga mesin potong rumput dorong di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk perkakas maupun situs jual beli online. Harga mesin potong rumput dorong tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke perkakas terdekat di sekitar rumah Anda.

Jika Anda sudah membeli atau memiliki mesin potong rumput, apabila tidak ingin lekas rusak, sebaiknya Anda merawat baik-baik perlengkapan tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan dan merawat mesin potong rumput adalah:

  • Selalu pastikan oli atau pelumas penuh sesuai dengan parameter yang ada dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Pastikan juga bensin selalu terisi sebelum menggunakannya.
  • Sebelum dipakai, jangan lupa untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kemacetan di tengah pemakaian. Jangan lupa juga untuk menjauhkan kabel busi dari busi karena bisa menyebabkan mesin menyala mendadak.
  • Mengganti saringan udara juga harus dilakukan secara berkala. Saringan udara yang sudah terlalu kotor dapat menghambat kerja mesin sehingga tidak maksimal.
  • Jangan sembarangan memakai suku cadang, khususnya pada busi. Gunakan busi yang sesuai, pilih yang memiliki jangka waktu pemakaian panjang, serta jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.
  • Selalu gunakan pisau pemotong standar sesuai dengan spesifikasi. Hindari penggunaan pisau pemotong yang tidak sesuai karena akan menjadikan mesin bekerja dengan tidak maksimal.
  • Sebisa mungkin hindarkan air masuk ke dalam tabung bensin. Anda harus rajin membersihkan karburator untuk membersihkan air dan kotoran yang tertinggal.
  • Jangan memaksa mesin untuk bekerja terus-menerus karena akan menurunkan kinerja mesin.

Selain pemakaian, penyimpanan mesin potong rumput juga perlu Anda perhatikan. Sebaiknya, simpan perangkat ini di tempat yang terlindung dan jauhkan dari sumber api agar tidak berpotensi terbakar. Jauhkan juga mesin potong rumput dari jangkauan anak-anak, tidak hanya ketika menyimpan, tetap juga saat digunakan.

Baca juga  Update Tarif Villa di Kawasan Ciwidey, Bandung Selatan
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Potong Rumput Dorong (All Merek)"