Update Harga Mesin Potong Kayu Makita (Semua Tipe)

Jika Anda kesusahan menggunakan gergaji manual, bisa beralih ke mesin untuk memotong kayu. pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merek dan jenis mesin potong kayu. Salah satu yang cukup populer di kalangan konsumen Tanah Air adalah Makita, yang saat ini dijual dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit.

Mesin potong kayu Makita (sumber: makitatools.com)
Mesin potong kayu Makita (sumber: makitatools.com)

mengupas sedikit mengenai potong kayu atau gergaji. Dikutip dari Wikipedia, gergaji dikatakan sebagai perkakas berupa besi tipis dengan gigi tajam, yang digunakan untuk memotong atau membelah kayu atau benda lainnya. Gergaji sendiri terdiri dari beragam jenis. Beberapa merupakan peralatan tangan yang bekerja dengan kekuatan otot, sedangkan yang lainnya adalah gergaji mesin yang digerakkan dengan motor, seperti yang digunakan untuk menggergaji pohon.

Bacaan Lainnya

Khusus untuk gergaji manual, pasaran sudah tersedia beragam tipe gergaji. Mengenal tipe-tipe gergaji sangat penting karena berpengaruh pada kebutuhan Anda. Nah, berikut beberapa tipe gergaji manual yang sering digunakan masyarakat umum.

Tipe Gergaji Manual

  • Gergaji belah (rip saw); pada dasarnya, kayu memiliki serat yang terlihat seperti motif, dan arah serat ini merupakan hasil dari lingkar tahun sebuah kayu dan tampak seperti lingkaran pada potongan melintang sebuah kayu. Untuk memotong kayu ini, diperlukan gergaji belah. Panjang belah mulai dari 45 cm hingga 65 cm, yang terdiri dari 5 gigi per 2,5cm.
  • Gergaji potong; tipe ini disebut juga dengan crosscut saw, yang artinya untuk membuat potongan melintang. Sering digunakan untuk memotong dari serat kayu, perkakas ini tersedia dengan panjang 45 cm hingga 60 cm, dengan total 8 sampai 10 gigi per 2,5 cm. Secara visual, gergaji potong ini terlihat mirip dengan gergaji belah.
  • Gergaji panel; tipe ini biasanya berukuran besar dan digunakan untuk potongan awal pada blockboard, multipleks, triplek, atau kayu lapis lainnya. Bentuknya mirip, terutama dengan gergaji potong, hanya dapat dibedakan dengan mengetahui panjangnya, yaitu antara 50 sampai 55cm dengan 10 gigi per 2,5 cm.
  • Gergaji ketiak; disebut demikian karena biasanya digunakan dengan cara mengapitnya pada ketiak supaya matanya tidak berputar karena goyangan pangkal produknya. Model ini dikenal juga dengan nama coping saw, dan banyak digunakan oleh para perajin untuk memotong produk-produk yang kecil atau celah-celah yang sempit.
  • Gergaji lubang kunci; aplikasi model ini biasanya dimulai dengan membuat lubang kecil sehingga ujungnya bisa masuk ke dalam lubang tersebut untuk membuat lubang atau sudut bagian tengah-tengah kayu. Ukuran plat matanya yang kecil membuat produk ini lebih mudah melakukan manuver. Banyak orang mengenal jenis ini sebagai keyhole saw.
Baca juga  Info Terbaru Harga Panel Dinding Wallplus Pengganti Batu Bata per Meter Persegi

Apa Itu Mesin Potong Kayu?

Sebenarnya, fungsi gergaji ini tidak jauh berbeda dengan model manual, yaitu ditujukan untuk membelah atau memotong kayu. Hanya, seperti namanya, gergaji mesin digerakkan dengan tenaga mesin atau listrik. Gergaji ini terdiri dari yang menggunakan logam pemotong yang keras atau kawat dengan tepi kasar untuk memotong bahan yang lebih lunak. Tepi logam pemotong terlihat bergerigi atau kasar.

Mesin potong kayu Makita (sumber: toolsinaction.com)
Mesin potong kayu Makita (sumber: toolsinaction.com)

Prinsip kerja mesin potong kayu secara garis besar adalah perputaran motor mesin potong dihubungkan oleh sebuah sabuk pada roda poros roda gigi. Sementara, pada poros keping penerus, dihubungkan dengan roda gigi penghubung. Poros roda gigi terhubung memutar keping penggerak, lalu menggerakkan batang penggerak sehingga menghasilkan gerakan mundur-maju pada sengkang gerak. Batang penggerak ini terpasang pada suatu alur keping penggerak dan diikat oleh sebuah baut dan mur (gerakan elektronik), dengan alur itu mengatur panjang langkah sengkang gergaji.

Jenis Mesin Potong Kayu

  • Mesin potong bolak-balik; model ini umumnya memiliki gergaji dengan panjang antara 300 mm hingga 900 mm, dengan ketebalan 1,25 mm sampai 3 mm dan jumlah gigi rata-rata satu sampai enam gigi per inch. Karena memiliki gerakan bolak-balik, maka waktu yang digunakan untuk memotong lebih cepat.
  • Mesin potong piringan; punya diameter piringan berkisar 200 mm hingga 400 mm, dengan ketebalan 0,5 mm dan ketelitian gerigi pada piringan memiliki ketinggian antara 0,25 mm hingga 0,5 mm. Prinsip kerja model piringan menggunakan mata berupa piringan yang berputar ketika memotong.
  • Mesin potong ukir; disebut juga jigsaw yang sering digunakan untuk memotong kayu dengan bentuk apa saja, mulai bentuk kurva yang melengkung hingga lurus. Prinsip kerja mesin potong tipe ini adalah bergerak naik-turun saat memotong.
  • Mesin potong pita; memiliki keunikan yaitu mampu memotong dalam bentuk-bentuk tidak lurus atau lengkung yang tidak beraturan. Kecepatan pita gergaji bervariasi antara 18 m per menit sampai 450  per menit.
  • Mesin potong pembelah; yaitu gergaji dengan gerigi yang dirancang untuk membelah kayu. Gergaji ini dipakai untuk menggergaji kayu searah dengan jaringan serat kayu dan memiliki 3,5 hingga 4 pucuk gigi pada setiap panjang 2,5 cm. Panjang daun antara 500 mm hingga 700 mm.
Baca juga  Update Harga Excavator Mini (Semua Merk)

Tidak susah mendapatkan mesin potong karena sudah tersedia beragam merek pasaran. Salah satu yang cukup terkenal adalah merek Makita. Makita sendiri punya beberapa tipe mesin potong kayu, antara lain Makita 4100 NB Concrete Cutter, Makita 4300BV, hingga Makita 5800 NB. Berikut informasi terbaru kisaran harga mesin potong kayu Makita.

Harga Mesin Potong Kayu Makita

Beberapa jenis mesin potong kayu Makita
Beberapa jenis mesin potong kayu Makita
Tipe Mesin Potong Kayu Makita Harga (Rp)
Makita 4327M 969.000
Makita 5600NB 3.000.000
Makita N5900B 3.022.400
Makita 5800NB 3.329.000
Makita N1923B 3.399.000
Makita 5800MG 3.550.000
Makita 4300BV 4.087.000
Makita UC 3030A 4.512.500

Harga mesin potong kayu merk Makita atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan bangunan dan situs jual beli online. Dibandingkan tahun 2020, harganya tahun 2021 sebenarnya tidak jauh berbeda, tetapi naik di tahun 2022. 

Varian Makita 4327M misalnya, dijual Rp880 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp800 ribuan tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp969 ribu tahun 2022. Sementara, Makita UC 3030A yang dilepas Rp4,09 juta tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp4,4 jutaan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp4,5 juta tahun 2022. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko perkakas kayu terdekat kota Anda.

Baca juga  Info Harga Freezer Ice Cream Terupdate

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.