Harga Mesin Parut Kelapa Motor Bensin Terkini

Jika ibu tangga mungkin hanya perlu model manual untuk memarut kelapa, tidak demikian dengan industri VCO atau kelapa serta penjual kelapa. Mesin parut lebih dibutuhkan karena dapat menghemat waktu dan memperbanyak produksi. Untungnya, saat ini sudah tersedia berbagai tipe mesin parut kelapa, termasuk dengan motor diesel, yang dijual dengan harga rata-rata jutaan rupiah.

Parutan kelapa (sumber: boldsky)
Parutan kelapa (sumber: boldsky)

Kelapa merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Buah pohon ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya santan. Ini adalah bahan yang yang kerap digunakan dalam kuliner khas Nusantara. Menurut berbagai referensi, santan adalah emulsi lemak dalam air yang berwarna putih susu, mengandung protein serta zat-zat gizi lainnya.[1][2]

Bacaan Lainnya

Sering dikaitkan dengan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, santan nyatanya memiliki sejumlah yang penting bagi tubuh. Dalam santan kelapa peras tanpa air, terdapat vitamin B1 dan vitamin C, energi sebanyak 324 kkal, 4,2 gram protein, 5,6 gram karbohidrat, 14 mg kalsium, serta 2 mg zat besi. Santan juga memiliki asam laurat yang dapat ditemukan secara alami dalam ASI.[3]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Untuk memperoleh santan, sebenarnya saat ini sudah tidak susah. Pasalnya, sudah banyak produsen yang meluncurkan produk santan instan siap pakai, yang menawarkan kepraktisan. Namun, produk ini juga memiliki masa kedaluwarsa. Selain itu, tidak jarang ada bahan-bahan lain yang menjadikan santan instan tidak dapat disebut sebagai santan murni.

Manfaat Mesin Parut Kelapa

Nah, untuk mendapatkan santan murni, cara yang bisa dilakukan adalah memeras parutan kelapa. Sebelumnya, buah atau daging kelapa harus diparut terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan parutan manual (biasanya terbuat dari material logam yang diberi gigi). Namun, apabila tidak ingin membuang banyak waktu, dapat memanfaatkan mesin parut kelapa.

Mesin parut kelapa, seperti namanya, merupakan sebuah produk hasil teknologi yang digunakan untuk menghancurkan daging buah kelapa menjadi butiran-butiran kecil, dengan tujuan untuk memperoleh santan yang dikandung di dalam buah.[4] Secara umum, tenaga utama mesin pemarut adalah tenaga motor, yang digunakan untuk menggerakkan atau memutar parut melalui perantara sabuk (V-belt). Mesin ini memiliki sistem transmisi berupa puli, dengan gerak putar dari motor listrik ditransmisikan ke puli 1, kemudian ditransmisikan ke puli 2 menggunakan V-belt.

Di pasaran, sudah ada banyak model mesin parut kelapa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain model diesel, sekarang juga sudah tersedia mesin parut kelapa yang memakai motor dengan tenaga bensin. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung spesifikasi masing-masing mesin. Sebagai referensi, berikut kisaran harga mesin parut kelapa motor bensin.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Mesin parut kelapa tenaga motor bensin
Mesin parut kelapa tenaga motor bensin

Harga Mesin Parut Kelapa Motor Bensin

Tipe/Spesifikasi Mesin Harga
Mesin parut kelapa GX160, bahan bakar bensin, tenaga 5,5 HP, kapasitas tangki 3,1 l, silinder 163cc Rp1.575.000 – Rp3.920.500
Mesin parut kelapa GX200 Mustang Rp2.805.000
Mesin parut kelapa KS-U, mesin bensin Loncin G160F, kapasitas 3 liter, tenaga 3,6 kW @ 3.600 rpm Rp2.914.000
ANDARO ADR MPK 30, bahan bakar bensin, daya 5,5 HP, rangka besi siku, kapasitas 30-50 kg per jam, dimensi 57 x 43 x 90 cm Rp4.650.000
Agrowindo PRT-100, dimensi 50 x 39 x 92 cm, kapasitas 200 – 300 butir/jam, motor bensin 5,5 HP, rangka besi Rp5.999.000

Harga mesin parut kelapa motor bensin di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan mesin dan juga situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga mesin parut kelapa motor bensin tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Sebagai perbandingan, tahun 2021 lalu harga mesin parut kelapa GX160 berkisar Rp3,5 juta, kemudian tahun 2022 berubah jadi Rp1,55 juta sampai Rp2,3 jutaan, dan tahun 2023 berubah lagi menjadi Rp1,575 juta sampai Rp3,92 jutaan. Sedangkan harga mesin parut kelapa Andaro ADR MPK 30 tetap Rp4,65 jutaan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apabila Anda tidak punya cukup bujet untuk membeli mesin parut kelapa motor bensin, model yang mini bisa menjadi referensi menarik karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Mesin parut kelapa mini dinamo Bison misalnya, ditawarkan cuma Rp245 ribuan, sedangkan harga Agrowindo Mesin Parut Kelapa Mini AGR-PRT25 hanya Rp265 ribuan. Model lainnya, Mesin Parut Kelapa Mini Tuna Mas dilepas Rp300 ribuan, dan harga mesin parut kelapa mini Indostar 999 A berkisar Rp395 ribuan.

[Update: Dian]

[1]Kumolontang, Nova. 2015. Pengaruh Penggunaan Santan Kelapa dan Lama Penyimpanan terhadap Kualitas “Cookies Santang”. Jurnal Penelitian Teknologi Industri, Vol. 7(2): 69-79.

[2]Andriani. 2002. Pengaruh Penambahan Beberapa Jenis Antioksidan dan Lama Simpan terhadap Perubahan Sifat , Kimia, Mikrobiologi, dan Organoleptik Yogurt Santan Kelapa (Skripsi). Universitas Lampung.

[3]Ketaren, S. 2008. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

[4]Hardono, Joko. 2017, Rancang Bangun Mesin Pemarut Kelapa Skala Rumah Tangga Berukuran 1 Kg per Waktu Parut 9 Menit dengan Menggunakan Motor Listrik 100 Watt. Jurnal Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol. 1(1).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *