Update Harga Paket Mesin Laundry Kiloan Lengkap

Jika Anda memiliki di sekitar area kampus atau tempat kost, dan kebetulan ingin berbisnis, kenapa tidak mencoba untuk membuka usaha laundry? Pasalnya, bisnis ini dinilai sangat tepat diterapkan di lingkungan sekitar sekolah atau kampus serta perumahan yang warganya cukup sibuk. Namun, sebelum memulai usaha, Anda harus memiliki pencuci baju, yang sekarang ada yang ditawarkan dengan sistem paket dengan harga bervariasi.

Harga, perlengkapan, laundry, parfum, softener, detergen, deterjen, mesin, cuci, kiloan, bisnis, jasa, usaha, kampus, online, situs, jenis

Ilustrasi: sejumlah perlengkapan laundry, mesin dan setrika

Istilah laundry saat ini memang semakin terkenal, seiring dengan tren mobilitas manusia yang kian padat. Jika dulunya mencuci bisa dilakukan secara mandiri di rumah, kini banyak yang memakai jasa laundry untuk membersihkan pakaian kotor mereka. Jadwal yang terlalu padat menjadi alasan paling jamak ditemukan saat seseorang memutuskan untuk menggunakan laundry.

Namun, tahukah Anda apa itu laundry? Rinso dalam situs resminya menuturkan bahwa laundry adalah pencucian pakaian biasa menggunakan air dan detergen. Tentu saja hal ini bisa dilakukan oleh jasa penatu, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan dan detergen biasa. Namun, pemahaman yang berkembang di masyarakat cenderung mengartikan istilah laundry hanya dipakai untuk mengacu pada layanan mencuci pakaian oleh jasa binatu.

Pendapat hampir senada disampaikan Breezy Indonesia. Menurut perusahaan yang memproduksi chemical seperti detergen bubuk, deterjen cair, hingga parfum pakaian ini, laundry adalah kegiatan mencuci biasa dengan menggunakan detergen dan air. Jadi, semua kegiatan mencuci Anda, baik dilakukan sendiri ataupun oleh jasa binatu, sebenarnya adalah kegiatan laundry.

Baca juga  Ukuran dan Harga Terbaru Pampers serta Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Selain dilakukan di jasa binatu atau rumah, laundry juga sering diadakan di hotel atau penginapan. Laundry adalah bagian hotel yang bertanggung jawab terhadap pencucian, baik itu pencucian untuk pakaian tamu, seragam karyawan, maupun linen-linen hotel.[1] Laundry juga dikatakan sebagai salah satu bagian dari housekeeping departemen yang bertanggung jawab atas semua cucian yang dikirimkan kepadanya.[2]

Ilustrasi: Ibu dan Anak Mencuci Baju di Rumah (credit: Healthline)

Ilustrasi: Ibu dan Anak Mencuci Baju di Rumah (credit: Healthline)

Istilah laundry sendiri sering disandingkan dengan dry cleaning. Bahkan, ada yang menyamakan keduanya. Padahal, laundry dan dry cleaning merupakan kegiatan yang berbeda meski tujuannya sama. Dry cleaning adalah proses pencucian pakaian memakai kimia dan teknik tertentu tanpa air, atau bisa diartikan cuci kering. Jadi, tidak semua jasa binatu menawarkan jasa dry cleaning karena mereka memerlukan mesin khusus untuk dry cleaning.

Dry cleaning ini melibatkan pembersihan kain dengan pelarut organik yang tidak mengandung air. Proses cuci kering setidaknya membutuhkan tiga langkah, yakni mencuci kain dalam pelarut, memutar cucian untuk mengekstraksi kelebihan pelarut, dan melakukan pengeringan di aliran udara panas. Dua cairan pembersih yang sering digunakan dalam industri, yakni pelarut berbasis minyak bumi dan berbasis sintetis.

Ada 2 tipe dasar mesin dry cleaning, transfer dan dry-to-dry. Mesin transfer menyelesaikan pencucian dan pengeringan di mesin terpisah. Biasanya, ekstrak washer mengekstraksi pelarut berlebih dari pakaian sebelum dipindahkan ke pengering. Sementara, mesin dry-to-dry adalah unit tunggal yang melakukan semua operasi pencucian, ekstraksi, dan pengeringan.

Baca juga  Harga Silverqueen Kecil di Pasaran (Semua Varian)

Selain proses dan mesin yang dipakai, ada perbedaan lainnya antara laundry dan dry cleaning. Hampir semua pakaian sehari-hari bisa dicuci ke penyedia layanan laundry. Sebaliknya, dry clean biasanya diperlukan oleh pakaian-pakaian berbahan atau berstruktur spesial, misalnya bahan wol alami, gaun pengantin, kostum tradisional, dan jas.

Ilustrasi: Pekerja Laundry (credit: dbcleaners.co.uk)

Ilustrasi: Pekerja Laundry (credit: dbcleaners.co.uk)

Mesin Cuci untuk Bisnis Laundry

Seperti disampaikan di atas, apabila Anda memiliki rumah di sekitar area kampus, tempat kost, atau lingkungan perkantoran, dan kebetulan punya anggaran berlebih, mungkin membuka usaha laundry bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri, laundry termasuk salah satu bisnis yang bisa dikatakan sangat stabil.

Dengan semakin padatnya jadwal seseorang, yang membuat mereka hampir tidak punya waktu luang, maka jasa laundry untuk mencuci dan menyeterika pelanggan pun semakin dibutuhkan. Karena itu, tidak mengherankan jika bisnis ini menjamur di berbagai daerah, terutama kota-kota besar, dengan beragam pilihan layanan dan tarif.

Namun, sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini, Anda harus memiliki peralatan laundry terlebih dahulu. Nah, salah satu peralatan wajib dan paling krusial adalah mesin cuci. Mesin cuci yang bagus dan tahan lama untuk usaha laundry kebanyakan menggunakan model front loading. Alasannya, karena lebih efektif dan efisien serta lebih menghemat ruangan karena penempatannya bisa ditumpuk.

Saat ini, tidak sulit menemukan mesin cuci front loading, karena sudah banyak merk yang meluncurkan tersebut ke pasaran dalam negeri. -brand yang telah merilis mesin cuci ini antara lain Sharp, LG, Electrolux, Samsung, hingga Modena. Harganya di pasaran bervariasi, tergantung kapasitas cucian dan energi.

Baca juga  Harga Vitamin Ayam (Semua Merk)

Namun, apabila Anda ingin berhemat, saat ini sudah banyak yang menyediakan paket mesin laundry kiloan. Selain mesin cuci, biasanya konsumen juga akan mendapatkan dryer konversi, seterika uap, meja seterika, timbangan digital, keranjang container, hingga papan cuci dan hanger. Berikut kisaran harga paket mesin laundry kiloan.

Ilustrasi: Pemilik Usaha Laundry (credit: quora)

Ilustrasi: Pemilik Usaha Laundry (credit: quora)

Harga Paket Mesin Laundry Kiloan

Penyedia Jasa PaketHarga
Supermarket LaundryPaket Berani : Rp19.945.000
Paket Optimis : Rp43.341.000
Paket Juragan : Rp59.821.000
Paket Houston : Rp75.000.000
Paket Koin 3 Stack : Rp159.681.000
Paket Lengkap : Rp185.000.000
Rejeki Tiap HariPaket 1 Marsyanda : Rp12.500.000
Paket 2 Atiqah : Rp15.900.000
Paket Fathin : Rp29.000.000
Paket Syahrini : Rp40.000.000
Peralatan LaundryPaket Junior Lite : Rp11.866.000
Paket Junior Basic : Rp19.500.000
Paket Junior Plus : Rp26.500.000
Paket Junior X-Tra : Rp35.500.000
Paket Ekonomis : Rp37.000.000
Paket Ekonomis Plus : Rp44.500.000
Jakarta Mesin LaundryPaket JMLC Special : Rp12.900.000
Paket 1 : Rp15.900.000
Paket 2 : Rp30.000.000
Paket 3 : Rp39.900.000
Gosok KelilingPaket Versa : Rp13.000.000
Paket Tall : Rp19.000.000
Paket Minibar : Rp25.300.000
Paket Fiesta : Rp30.700.000
Paket Master : Rp40.000.000
Paket Venti : Rp64.000.000
Paket Trente : Rp88.000.000

Harga paket mesin laundry kiloan di atas kami rangkum dari situs resmi masing-masing penyedia jasa atau mesin. Banderol paket mesin laundry kiloan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan perusahaan. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, sejumlah penyedia menawarkan paket mesin laundry kiloan dengan harga mulai Rp3,95 jutaan.

[Update: Panca]

[1] Darsono, Agustinus. 1995. Tata Graha Hotel. Jakarta: Grasindo.

[2] Rumekso. 2005. Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Andi Offset.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Paket Mesin Laundry Kiloan Lengkap"