Harga Mesin Giling Daging Diesel di Pasaran

No comment15 views

Untuk menghemat waktu tenaga, banyak pelaku usaha , terutama bakso, sosis, nugget, atau kornet, memanfaatkan mesin penggiling daging dengan tujuan mendapatkan cacahan daging yang lembut. Di sendiri, sudah tersedia sejumlah varian gilingan daging, termasuk dengan penggerak diesel, yang rata-rata dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah per unit.

Ilustrasi: Daging Giling (credit: Ramesia)

Ilustrasi: Daging Giling (credit: Ramesia)

Mesin giling daging atau mesin meat grinder, seperti namanya, adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan dan melembutkan daging yang akan digunakan sebagai bahan makanan atau campuran makanan.[1] Daging yang belum digiling biasanya masih dalam bentuk potongan-potongan kecil yang tidak dapat dicampur dengan bahan lain dalam suatu adonan makanan, sehingga dibutuhkan proses penghalusan terlebih dahulu untuk memudahkan pencampuran daging dengan bahan makanan yang lain.

Gilingan daging ini kerap digunakan untuk membuat olahan daging seperti bakso.[2] Yang perlu Anda ketahui, proses penggilingan daging termasuk dalam proses utama, tidak hanya dalam pembuatan bakso, melainkan juga makanan seperti nugget atau sosis, selain proses seperti pengadukan adonan.[3] Karena itu, hasil penggilingan daging akan menentukan tekstur makanan.

Jika Anda ingin membuat nugget ayam misalnya, bahan baku yang perlu Anda siapkan antara lain potongan daging ayam, tepung, dan bumbu. Pertama, daging ayam digiling hingga halus, kemudian gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi diberi pelapis basah dan pelapis kering, lalu digoreng hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu rendah, lalu dikemas.

Baca juga  Info Terkini Perbedaan Beban dan Biaya dalam Akuntansi

Kelebihan Mesin Giling Daging Diesel

Kelebihan utama menggunakan mesin gilingan ini tentu saja Anda dapat menghemat pengeluaran. Bayangkan saja, harga daging, terutama daging sapi, cukup mahal, apalagi jika membeli daging yang sudah benar-benar digiling. Memang, harga mesin penggiling tidak bisa dikatakan murah. Namun, untuk pemakaian jangka panjang, terutama usaha kuliner, Anda dapat menghemat biaya operasional.

Ilustrasi: Mesin Gilingan Daging (credit: indonetwork.co.id)

Ilustrasi: Mesin Gilingan Daging (credit: indonetwork.co.id)

Menggiling daging, terutama daging sapi yang kaya akan serat, pasti membutuhkan tenaga lebih. Menggunakan blender saja tidak cukup, karena mesin blender Anda akan panas saat terus-terusan dipakai menggiling daging sapi yang bertekstur padat. Pilihan terbaik Anda adalah dengan menggunakan mesin giling daging. Dengan berbagai macam , perangkat ini sangat cocok untuk Anda gunakan dalam menggiling berbagai daging.

Menggiling menggunakan blender harus membutuhkan tenaga ekstra, dan hasilnya pun tidak selamanya mulus. Dengan menggunakan mesin penggiling daging yang memang benar-benar dikhususkan untuk menggiling daging apa saja, waktu penggilingan dapat lebih dipercepat. Anda atau karyawan Anda dapat bekerja dengan lebih cepat melakukan penggilingan daging. Lebih hemat, lebih mudah, dan lebih cepat sehingga Anda siap untuk mengolah daging dan meningkatkan usaha kuliner Anda tanpa takut menghadapi permintaan akan menu daging giling yang melonjak.

Baca juga  Update Harga Cat Kansai Paint (Semua Merk & Kemasan)

Saat ini, setidaknya ada tiga tipe mesin gilingan daging yang tersedia di pasaran, yakni penggiling manual, penggiling listrik, serta meat grinder bertenaga diesel. Nah, jika Anda membutuhkan penggiling daging dalam skala besar, maka gilingan dengan penggerak diesel menjadi tipe yang tepat. Mesin ini diklaim dapat menampung hingga 6 kg daging. Beberapa tipe bahkan sudah didukung fitur pengaduk adonan atau mixer.

Apabila Anda tertarik dengan gilingan daging diesel ini, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, Anda bisa membelinya di berbagai toko mesin industri atau lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan memang bervariasi, tergantung merk, tipe, kapasitas, serta fitur yang dibawa. Berikut kami sajikan kisaran harga gilingan daging diesel di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Mesin Giling Daging Futake (credit: perakitanmesin)

Ilustrasi: Mesin Giling Daging Futake (credit: perakitanmesin)

Harga Mesin Giling Daging Diesel

Merk/Tipe Gilingan Daging Diesel UmumHarga
Mesin Giling Bakso 32 Nono SukarnoLebar rangka 10 cm, diameter wajan 55 cm, bahan stainless steel, penggerak diesel atau dinamoRp15.000.000
Mixer Bakso plus Mesin Giling Daging Diesel 16 PKMaterial cor, tutup kuningan, penggerak diesel 16 PK atau dinamo 2.200 Watt, kapasitas 5-6 kg, dimensi 95 x 70 x 70 cm, 2 unit penggiling dagingRp16.000.000 – Rp18.500.000
Futake MGD 55Wajan mesin 55 cm, penggerak dinamo 11.000 Watt 3 Phase, tenaga 24 PK, kapasitas maksimal 5 kgRp23.500.000
Baca juga  Update Harga Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy Semua Varian

Harga mesin giling daging diesel di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga mesin tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Memang, varian mesin giling daging berpenggerak diesel saat ini semakin minim. Pasalnya, model yang menggunakan tenaga listrik lebih diminati.

[1] Porawati, Hilda & Ari Kurniawan. 2020. Modifikasi Mesin Penggiling Daging (Meat Grinder) Kapasitas 8 Kg Menggunakan Motor Listrik. Jurnal Inovator, Vol. 3(1): 20-24.

[2] Romiyadi & Purnama Putri. 2017. Perancangan dan Pembuatan Mesin Penggiling Daging dan Pengaduk Adonan Bakso. Jurnal Teknik Mesin Institut Teknologi Padang, Vol. 7(1): 14-19.

[3] Porawati, Hilda & Ari Kurniawan. Op cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Giling Daging Diesel di Pasaran"