Harga Mesin CNC Bubut Otomatis

Computer Numerical Control, atau biasa disingkat CNC, sekarang memang semakin banyak diterapkan dalam bidang industri, termasuk untuk mesin bubut. Pasalnya, dengan menggunakan mesin tersebut, proses pengerjaan benda menjadi lebih efektif dan efisien. Karena kecanggihannya, mesin bubut yang memakai CNC memang jauh lebih mahal jika dibandingkan manual.

Mesin CNC bubut (sumber: istockphoto)
Mesin CNC bubut (sumber: istockphoto)

Pengertian Mesin Bubut

Bagi mereka yang berkecimpung di industri atau pabrik yang berkaitan dengan mesin, pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin bubut. Sering pula disebut lathe machine, mesin bubut adalah perkakas yang digunakan untuk proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja, kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.[1] Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak relatif, sedangkan gerak translasi dari pahat disebut gerak umpan.[2]

Bacaan Lainnya

Saat proses pembubutan berlangsung, benda kerja berputar dan pahat disentuhkan pada benda kerja tersebut sehingga terjadi penyayatan. Jika penyayatan dilakukan melintang, maka akan menghasilkan bentuk alur, pemotongan atau permukaan yang disebut dengan daging (membubut muka). Proses ini bisa dilakukan secara otomatis maupun manual.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Secara umum, suatu mesin bubut terdiri dari kepala tetap atau headstock untuk menyangga poros utama (poros untuk memutar spindel) serta kepala lepas atau tailstock yang dipakai sebagai dudukan senter putar, senter tetap, cekam, dan mata bor bertangkai. Kemudian, ada meja mesin yang digunakan sebagai tempat dudukan kepala lepas, eretan, dan penyangga diam. Terakhir adalah apron yang terdiri dari tiga bagian, yakni eretan memanjang, eretan melintang, dan eretan atas.

Apa Itu CNC?

CNC merupakan sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan. Hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya ketika mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomasi sederhana menggunakan cam. Mesin ini konon pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an atau 1950-an dengan memodifikasi mesin perkakas biasa.

Sebenarnya, prinsip kerja mesin CNC ini hanya memindahkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi otomatis. Cukup dengan memasukan pengerjaan seperti panjang, lebar, dan bentuk yang akan diproses, kemudian sistem komputer yang terhubung pada mesin akan bekerja secara otomatis.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan mesin yang memakai CNC. Kelebihannya antara lain meminimalkan terjadinya human error, hemat pengeluaran atau biaya operasional, mesin cenderung lebih tahan lama dibandingkan mesin manual, mengurangi sampah produksi atau scrap, serta menawarkan tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan model manual.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Nah, salah satu perkakas yang telah menggunakan mesin CNC adalah mesin bubut. Cara kerjanya dimulai oleh seorang programmer yang melakukan perancangan alat secara manual. Hasil rancangan file komputernya lantas dikodekan dan diunggah pada mesin CNC. Selanjutnya, mesin akan menghasilkan bagian yang dibutuhkan secara otomatis yang sebelumnya sudah melalui program.

Fungsi Mesin CNC Bubut

Mesin bubut CNC (sumber: teknikece.com)
Mesin bubut CNC (sumber: teknikece.com)
  • Memproduksi suatu benda silinder atau lingkaran. Sederhananya Anda bisa mengerjakan segala struktur pada mesin CNC yang disesuaikan dengan kebutuhan industrinya.
  • Pembubutan muka atau facing, yakni proses pembubutan yang dilakukan di tepi gerak lurus atau penampang pada sumbu benda kerja dalam memperoleh permukaan yang dan rata.
  • Pembubutan rata atau silindris, yakni melakukan pengerjaan benda di sepanjang garis sumbu.
  • Pembubutan ulir atau threading, yaitu proses pengerjaan pembubutan ulir dengan menggunakan pahat ulir.
  • Pembubutan tirus atau taper, adalah proses pengerjaan pembubutan benda kerja yang memiliki bentuk konis.
  • Perluasan lubang atau boring, yakni pengerjaan pembubutan untuk bertujuan memperbesar lubang.
  • Knurling pembubutan luar atau silindris dalam membubut profil yang ada pada permukaan benda kerja.

Apabila Anda tertarik menggunakan mesin CNC bubut untuk keperluan industri atau pabrik Anda, sebenarnya tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di sejumlah toko perkakas teknik. Bahkan, tidak sedikit pedagang yang menawarkan perangkat ini lewat sejumlah situs e-commerce. Namun, harganya memang lebih mahal dibandingkan model manual.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Mesin CNC Bubut

Tipe Mesin CNC Bubut Harga
Mesin CNC Bubut FH1640CNCTA1 Rp34.784.000
Mesin CNC Bubut TK36S Series Rp75.000.000
Mesin CNC Bubut CK6132 Rp999.999.992
Mesin CNC Bubut CK6140 Rp99.999.9992
Mesin CNC Bubut SH400 Rp99.999.9999
Mesin CNC Bubut XTRA 420 Rp99.999.999
Mesin CNC Bubut LCK400 Rp100.000.000
Mesin CNC Bubut TK50 Series Rp100.000.000
Mesin CNC Bubut SPT400/750 Rp100.000.000
Mesin CNC Bubut Krisbow L40 Rp789.999.000

Daftar harga mesin CNC bubut di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan teknik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga mesin CNC bubut tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda walau yang ditawarkan sama.

[1] Aswin, Fajar, dkk. 2017. Rekondisi Mesin Bubut DoALL LT 13 BU01 di Laboratorium Mekanik Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Jurnal Manutech, Vol. 9(1): 24-32.

[2] Paridawati. 2015. Pengaruh Kecepatan dan Sudut Potong terhadap Kekasaran Benda Kerja pada Mesin Bubut. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Islam 45 Bekasi, Vol. 3(1): 5-67.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *