Harga Jual Mesin CNC 5 Axis di Pasaran

No comment169 views

Untuk efisiensi serta mengurangi risiko human error, saat ini banyak yang telah menerapkan mesin CNC (Computer Numerical Control). Cukup dengan memasukkan data pengerjaan, kemudian komputer akan memproses dan mesin akan bekerja secara otomatis. Di sendiri, sudah tersedia banyak mesin CNC, salah satunya mesin 5 axis yang sekarang dijual dengan harga mencapai angka puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Ilustrasi: operasional mesin CNC 5 axis (sumber: all3dp.com)

Ilustrasi: operasional mesin CNC 5 axis (sumber: all3dp.com)

Computer Numerical Control merupakan sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan. Hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya ketika mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomasi sederhana menggunakan cam.[1] Mesin ini konon pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an atau 1950-an dengan memodifikasi mesin perkakas biasa.

Sebenarnya, prinsip kerja mesin CNC ini hanya memindahkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi otomatis. Cukup dengan memasukan data pengerjaan seperti panjang, lebar, dan bentuk yang akan diproses, kemudian sistem komputer yang terhubung pada mesin akan bekerja secara otomatis.[2]

Kelebihan Mesin CNC

  • Meminimalkan terjadinya human error.
  • Hemat pengeluaran atau operasional.
  • Cenderung lebih tahan lama dibandingkan mesin manual.
  • Mengurangi sampah atau scrap.
  • Tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan model manual.

Ada banyak perkakas yang sudah menggunakan mesin CNC untuk mempermudah pengoperasian. Beberapa yang kerap dipakai sehari-hari antara lain mesin bor, EDM, mesin bubut, mesin miling, CNC pengukir kayu, turret punch, mesin pembengkok kawat, pemotong foam kawat panas, pemotong plasma, pemotong jet air, pemotong laser, oxy-fuel, penghalus permukaan, hingga grinder silindris.

Baca juga  Info Daftar Harga Bathtub Toto (Semua Tipe & Ukuran)

Pengertian Mesin CNC 5 Axis

Mesin ini bisa dikatakan sebagai pengembangan mesin CNC 3 axis atau sumbu. Mesin ini punya tiga axis atau sumbu yang saling tegak lurus, yakni sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z, serta dua sumbu putar (rotary axis) secara vertikal dan horizontal. Secara sederhana, mesin ini memakai program CNC untuk memindahkan benda kerja atau alat potong sepanjang 5 sumbu tersebut.

Ilustrasi: mesin CNC 5 axis (youtube: Tovella Manufacturing)

Ilustrasi: mesin CNC 5 axis (youtube: Tovella Manufacturing)

Empat komponen utuh dari sistem permesinan 5 axis adalah  dari mesin milling, alat pengontrol mesin, software CAD/CAM, dan operator. Namun, tidak semua sistem permesinan 5 axis cocok untuk semua tugas. Pemilihan dan pemanfaatan yang tepat dari peralatan adalah untuk mencapai keuntungan dalam hal efisien seputar permesinan 5 axis.[3]

Menggunakan mesin 5 sumbu ini menawarkan beberapa manfaat. Dengan mesin ini, Anda dapat bentuk yang kompleks dalam satu set-up. Pada gilirannya, hal ini mengurangi waktu Anda dalam mendirikan dan waktu produksi meningkat tingkat yang sama. Selain itu, dengan penghapusan beberapa set-up, waktu dan kesalahan dapat dikurangi.

Fitur-fitur akurasi juga ditingkatkan dengan 5 sumbu. Selain itu, karena rotasi simultan diperbolehkan sepanjang Y dan sumbu X, alat yang lebih pendek juga dapat digunakan. Poros tinggi atau kecepatan alat pemotong dapat dicapai sekaligus mengurangi beban pada mesin. Ketebalan pemotong yang pendek memperlambat getaran dibandingkan dengan mesin sumbu 3.

Baca juga  Update Harga Garam Epsom/Inggris di Pasaran

Manfaat Mesin CNC 5 Axis

  • Mengurangi biaya pemrograman. Alih-alih menulis program untuk lebih dari satu alat mesin dan untuk beberapa operasi, dengan mesin 5-sumbu, programmer Anda memuat file CAD/CAM tunggal untuk membuat satu program.
  • Seringkali dengan mesin 3 sumbu, perlengkapan kompleks harus dibuat untuk menahan bagian dalam orientasi yang diperlukan untuk membuat fitur. Nah, mesin CNC 5 axis diklaim dapat menghilangkan kebutuhan dan biaya pembuatan perlengkapan karena bagian dapat dipegang satu kali dan diputar sehingga geometri bisa dibuat.
  • Penghapusan bahan lebih cepat. Mesin CNC 5 sumbu memungkinkan pahat tetap bersinggungan dengan permukaan pahat. Waktu siklus dan biaya yang lebih rendah bisa dicapai karena lebih banyak material yang dapat dihapus dengan setiap lintasan alat.
  • Permukaan lebih baik. Permukaan akhir yang lebih baik dapat dihasilkan dengan menggunakan kemampuan 5 sumbu pada geometri berkontur. Dengan permesinan 3 sumbu tradisional, potongan yang sangat kecil harus digunakan untuk menciptakan permukaan akhir yang baik sehingga memerlukan waktu tunggu yang lebih lama.
  • Mengurangi biaya tenaga kerja per bagian. Operator mesin menambah biaya produksi setiap kali mereka menyentuh bagian. Meskipun Anda dapat mengerjakan beberapa bagian yang membutuhkan mesin CNC 5 sisi dengan menggunakan beberapa peralatan mesin, pertimbangkan waktu dan jumlah operator yang terlibat dalam memindahkan benda kerja dari mesin ke mesin, dan memulai dan menghentikan operasi. Mesin 5 sumbu bisa menghilangkan waktu yang terbuang ini.
Baca juga  Spesifikasi dan Harga KLAZ Air Fryer Terbaru, Alat Masak Tanpa Minyak

Harga Mesin CNC 5 Axis

Salah satu produk controller mesin CNC 5 axis (sumber: tomatech-cnc.com)

Salah satu produk controller mesin CNC 5 axis (sumber: tomatech-cnc.com)

Tipe Mesin CNC 5 AxisHarga
CNC 3020 3/4/5 axis 300WRp13.525.000
CNC 5 axis ZM510Rp20.330.000
TOMATECH CNC 5 axis controllerRp26.681.000
DIY CNC 5 axis with 400W Spindle Motor USB portRp29.647.000
NEWKYE 5 axis CNC controllerRp40.263.000

Selain di dalam negeri, jika Anda menelusuri situs jual beli online mancanegara, ada beberapa yang juga menjual peralatan ini. Produk buatan AccTek asal China misalnya, ditawarkan dengan harga 71.000 dolar AS atau sekitar Rp994 jutaan. Ada juga mesin buatan Tian Yuzhuo Machinery yang dilepas dengan harga mulai 50.000 dolar AS atau Rp700 jutaan.

Jika produk-produk tersebut Anda rasa terbilang sangat mahal, Anda bisa melirik mesin CNC 4 axis yang diklaim kompatibel dengan 5 axis. Di beberapa situs jual beli online dalam negeri, mesin demikian dijual dengan harga Rp17.500.000 per unit untuk kondisi baru. Selain itu, ada juga yang menjualnya dengan banderol Rp19.250.000 per unit.

[1]Wikipedia.CNC.//id.wikipedia.org/wiki/CNC. Diakses 19 Desember 2019.

[2]Testindo. . Penjelasan Seputar Mesin CNC. //testindo.com/article/429/mesin-cnc-penjelasan-lengkap. Diakses 19 Desember 2019.

[3]Tangkemanda, Abram. 2008. Perancangan Skema Pergerakan Mesin 5-Axis untuk Menghindari Collision (Tesis). Program Pendidikan Magister Teknik Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Jual Mesin CNC 5 Axis di Pasaran"