Harga Mesin ATM (All Merk)

No comment191 views

Mesin ATM (Anjungan Mandiri) memang umumnya disediakan oleh pihak dengan tujuan memfasilitasi yang ingin bertransaksi. Nah, selain dari pihak , ternyata mesin ATM juga bisa dimiliki secara pribadi. Di beberapa situs jual beli online, baik dari dalam maupun luar negeri, ada beragam merek dan tipe mesin ATM yang ditawarkan di kisaran harga belasan juta hingga puluhan juta , tergantung spesifikasi yang dibawa.

Anda pasti sudah tidak asing dengan ATM. Ini adalah yang biasanya dimiliki bank, yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan, seperti transfer uang maupun tarik tunai. Dengan menggunakan mesin ini, transaksi keuangan akan berlangsung secara otomatis, praktis, dan lebih cepat.

Mesin ATM - (Youtube: Largest Dams)

Mesin ATM - (Youtube: Largest Dams)

Dilansir dari Wikipedia, ATM atau Automated Teller Machine (dalam bahasa Indonesia merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri), adalah sebuah alat elektronik yang bertujuan melayani nasabah bank untuk mengambil uang atau mengecek saldo rekening tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller manusia”.

ATM sendiri sudah tersebar di berbagai kota dan daerah. Biasanya, selain di kantor mereka sendiri, bank-bank meletakkan fasilitas ATM mereka di pusat-pusat keramaian, seperti di swalayan, restoran, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, terminal bus, hingga lokasi kampus. Selain melayani penarikan uang dan cek saldo, nasabah juga dapat melakukan transfer uang atau bahkan melakukan pembayaran listrik dan membeli pulsa ponsel melalui ATM.

Jenis dan Cara Menggunakan Mesin ATM

Meski punya bentuk yang mirip, namun ternyata mesin ATM dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • ATM Tunai, merupakan jenis mesin ATM yang paling banyak disediakan oleh bank di tempat-tempat tertentu. Melalui ATM tunai ini, nasabah dapat melakukan transaksi tunai, seperti transaksi penarikan uang tunai.
  • ATM Non Tunai, adalah kebalikan dari ATM Tunai. Melalui ATM ini, nasabah tidak dapat melakukan transaksi tunai seperti penarikan uang. Karena, ATM ini khusus digunakan untuk transaksi non-tunai seperti transfer uang, bayar tagihan, dan lain-lain.
  • ATM Setor Tunai, biasa disebut juga dengan cash deposit machine (CDM). Melalui ATM ini, nasabah tidak perlu repot datang ke teller bank saat hendak menyetorkan uang. ATM ini dapat menerima setoran uang dengan minimal lembaran yang diterima nominal Rp50 ribu.
  • ATM Serba Bisa, jenis ATM ini masih jarang ditemui dan disediakan oleh pihak bank. Padahal, melalui ATM ini, nasabah dapat melakukan hampir semua transaksi perbankan, dari transaksi non-tunai hingga setor tunai.

Selain untuk transaksi perbankan, mesin ATM saat ini juga bisa digunakan untuk layanan pembayaran beberapa tagihan dari perusahaan di luar bank tersebut. Layanan tersebut bisa secara langsung dengan memasukkan nomor atau kode dari perusahaan, misalnya saja nomor , nomor kontrak, dan sebagainya atau menggunakan virtual account.

Untuk dapat menggunakan mesin ATM, Anda harus memiliki kartu ATM terlebih dahulu. Kartu tersebut dapat berupa kartu ataupun . Setelah memiliki kartu ATM, Anda juga perlu memiliki password. Password ini digunakan saat Anda akan melakukan transaksi di mesin ATM, yang biasanya berupa pin dengan kode angka 4-6 digit yang diberikan oleh bank.

Pertama kali, Anda harus memasukkan kartu ke slot mesin ATM. Pastikan tidak ada yang mencurigakan di slot mesin, artinya kartu Anda bisa leluasa keluar masuk pada mesin dan tidak ada ganjalan atau tambahan alat yang menghalangi kartu tersebut. Pastikan juga bahwa di atas mesin Anda hanya ada kamera pengawas punya bank, tidak ada yang lain.

Langkah kedua, pastikan kartu tidak dalam keadaan terbalik. Cek kartu Anda, biasanya ada kode panah yang menunjukkan bahwa posisi panah berada di bagian atas dan mengarah ke slot mesin. Secara mudah diartikan bagian atas kartu tidak boleh Anda balik dan masukkan ke slot. Ketiga, masukkan pin Anda. Terakhir, pilih menu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti disampaikan di atas, mesin ATM umumnya memang disediakan oleh pihak bank. Namun, tidak banyak yang tahun bahwa mesin ATM ini ternyata juga dapat dimiliki secara pribadi. Di beberapa situs jual beli online, terutama luar negeri, sudah tersedia beragam mesin ATM dari berbagai merek yang dapat dibeli konsumen. Berikut kisaran harga mesin ATM di pasaran.

Mesin ATM - we25.vn

Mesin ATM - we25.vn

Harga Mesin ATM

Merk Mesin ATMHarga
NCR USD 800 – USD 1.200
GRGUSD 1.000 – USD 5.000
HongJia LiUSD 1.200
JYPAYUSD 1.500 – USD 3.500
HunghuiUSD 1.800 – USD 3.000
NCR 662USD 1.800 – USD 3.700
NCR 5877 OtomatisUSD 2.800
Hyosung 5600TUSD 3.000 – USD 7.000
Wincor ProCash 1500Rp87.000.000

Harga mesin ATM di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online dalam negeri. Ketika artikel ini diterbitkan, kurs 1 USD setara dengan Rp14.275. Jadi, harga mesin ATM termurah saat ini berkisar Rp11,4 jutaan hingga paling mahal Rp99 jutaan. Harga mesin ATM tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Dilansir dari Kompas, mesin ATM memang boleh dimiliki secara pribadi, seperti sebagai pajangan atau untuk brankas menyimpan uang. Namun, mesin mesin ATM ini tidak boleh mengoperasikan mesin miliknya untuk kepentingan publik layaknya bank. Pasalnya, mesin ATM hanya boleh dioperasikan secara publik oleh perusahaan bank yang sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Di luar negeri sendiri, ada sebagian orang yang juga sudah memiliki mesin ATM pribadi. Ratu Elizabeth misalnya, yang punya ATM pribadi yang terletak di Istana Buckingham, Inggris, tepatnya berada di lantai bawah tanah istana dan dipasang oleh bank bernama Coutts. Itu adalah sedikit keistimewaan sang ratu, selain bisa bepergian tanpa paspor, menyetir tanpa SIM, dan bebas pajak.

Baca juga  Update Tarif Layanan Call Center Halo BCA
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin ATM (All Merk)"