Harga Merpati Pos Anakan, Indukan, dan Racing

No comment397 views

Merpati pos menjadi salah satu jenis yang sering dijadikan sebagai hewan perlombaan terbang. Untuk melatih merpati pos agar bisa terbang dengan cepat dalam jarak yang cukup jauh, dibutuhkan ketelatenan. Di sendiri, unggas ini terbilang lebih dibanding jenis burung merpati biasa.

Karakteristik dan Melatih Merpati Pos

Secara ilmiah, merpati pos memiliki nama Columba livia, merupakan salah satu jenis burung yang sudah lama dipelihara dan dibudidaya oleh para penggemar burung dan termasuk anggota kelompok hewan bertulang belakang dengan bulu serta sayap untuk mendukung pergerakannya di udara (terbang).

Harga Indukan Merpati Pos - newatlas.com

Harga Indukan Merpati Pos - newatlas.com

Burung merpati pos atau yang lebih dikenal dengan nama rock pigeon ini memiliki beberapa jenis kelebihan dibanding burung lainnya, yaitu mampu mengingat lokasi dengan baik serta mampu terbang hingga 65-80 km/jam dan dalam satu hari mampu terbang sejauh 965 km.[1] Dengan kelebihannya, burung ini memiliki komunitas yang cukup banyak dibanding merpati balap. Meskipun hampir sama, namun karena tingkat kecerdasan merpati pos lebih tinggi, ini juga sering dijadikan sebagai burung untuk lomba balap terbang.

Baca juga  Info Harga Hamster Campbell di Pasaran

Selain itu, merpati pos diperkirakan bisa terbang hingga ketinggian sekitar 150 m di atas permukaan tanah. Hal ini berbeda dengan merpati balap yang konon hanya mampu terbang setinggi 5 m di atas permukaan tanah. Dengan potensi terbang yang dimiliki oleh merpati pos, pertunjukan lomba terbang merpati akan terlihat lebih seru dan tidak terlalu monoton.

Untuk membuat merpati pos bisa terbang tinggi dan cepat, tentunya perlu diadakan latihan yang intens. Selain itu, sebaiknya Anda melatih burung merpati saat mereka masih muda. Ini karena merpati muda lebih mudah dilatih dan cepat tanggap terhadap sesi latihan mereka.

Untuk mempermudah proses latihan, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi untuk latihan. Lokasi latihan merpati pos sebaiknya lahan luas seperti tanah lapang yang tidak terlalu rimbun atau banyak ditanami pohon besar. Setelah itu, buat titik terbang yang searah sebagai bentuk latihan pertama. Usahakan lokasi tidak terlalu jauh, misalnya pada minggu pertama, gunakan jarak tempuh sekitar 1-5 km. Setelah merpati mencapai rekor terbang tercepat dan tertingginya, buat jarak tempuh yang lebih jauh hingga 20 km.

Baca juga  Info Harga Tokek Rumah dalam Berbagai Ukuran

Pada minggu kedua, Anda bisa menaikkan jarak tempuhnya mulai dari 30 km hingga 45 km. Untuk latihan di minggu kedua, Anda bisa memilih posisi di lain tempat. Beberapa orang bahkan memilih lokasi yang cukup jauh, di antaranya antar desa atau antar komplek. Cara ini bisa Anda lakukan setiap pagi dan sore, ketika burung merpati masih dalam keadaan segar dan tidak terlalu lelah. Latihan setiap hari secara intens dapat membuat merpati pos mengingat lokasi dan titik terbang atau mendarat dengan cepat.

Selain memperhatikan waktu latihan, Anda juga perlu memperhatikan hari libur latihan. Merpati pos tidak bisa dilatih setiap saat, setidaknya ada satu atau dua hari ketika mereka tidak perlu latihan. Istirahat yang cukup akan membuat mereka merasa tenang dan nyaman saat harus latihan kembali. Selain itu, istirahat cukup juga menjadi salah satu faktor pendukung kemenangan merpati saat berlomba. Jika merpati pos tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dikhawatirkan mereka akan kelelahan dan mogok terbang. Selain itu, latihan tanpa istirahat bisa membuat sayap mereka cedera dan stres.

Perhatikan juga kesehatan merpati pos yang akan mengikuti lomba. Pastikan Anda menjaga kesehatannya apabila tidak ingin burung peliharaan Anda kalah dalam kompetisi. Untuk menjaga kesehatan merpati, biasanya para pelatih akan memberikan pakan berprotein tinggi dan vitamin khusus secara rutin.

Baca juga  Keunggulan dan Harga Darbuka Aha

Setelah Anda mengetahui cara melatih merpati pos di atas, apakah Anda berminat membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga merpati pos di pasaran. Harga merpati pos sangatlah bervariasi, tergantung dari usia serta jenisnya. Untuk lebih rinci, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Merpati Pos Racing - www.audubon.org

Harga Merpati Pos Racing - www.audubon.org

Harga Merpati Pos

Jenis Merpati PosHarga (Rp)
Merpati Pos Racing Putih Mulus 1 ekor1.000.000
Merpati Pos Putih Mulus 1 ekor500.000
Merpati Pos Putih Anakan 5 ekor800.000
Merpati Pos Putih Indukan Sepasang800.000

Perlu Anda ketahui, harga merpati pos di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang . Harga merpati pos tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[1] Kadri, Mohamad Haekhal Mahessa, Dian Septinova, Riyanti. 2016. Karakteristik dan Perilaku Merpati Tinggi Lokal Jantan dan Betina. Jurnal Ilmiah Terpadu Universitas Negeri Lampung, Vol. 4(2): 156-160.

author

Leave a reply "Harga Merpati Pos Anakan, Indukan, dan Racing"