Pilihan Merk dan Harga Cat Tembok Tahan Air

No comment151 views

Jika sering terkena , terutama pada musim hujan, tentu saja warnanya akan pudar serta membuat lapisan penyusunnya rusak. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengaplikasikan tahan air pada dinding hunian Anda. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk yang dapat dipilih dan dijual dengan bervariasi.

Ilustrasi: Proses Pengecatan Interior (sumber: newlinepainting)

Ilustrasi: Proses Pengecatan Interior (sumber: newlinepainting)

Seperti diketahui, cat merupakan salah satu produk yang penting, yang digunakan untuk melapisi permukaan sehingga permukaan tersebut tampak lebih indah atau bernilai lebih tinggi. Cat sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu cairan yang dipakai untuk melapisi permukaan suatu dengan tujuan memperindah, memperkuat, sekaligus melindungi tersebut.[1]

Setelah dilapiskan pada permukaan dan mengering, cat tersebut akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat pada permukaan. Proses pelekatan cat ke permukaan ini dapat dilakukan dengan beragam cara, antara lain diusapkan, dilumurkan, dikuaskan, atau disemprotkan.[2] Teknik penyemprotan dikatakan lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Sayangnya, tidak semua cat yang dijual di pasaran sanggup melindungi tembok dengan sempurna, terutama dari serbuan air. Seperti diketahui, jika dinding terlalu sering terpapar air, akan menimbulkan lumut dan jamur, sehingga membuat cat mengelupas dan warnanya tidak elok. Selain itu, dinding yang kerap terkena air akan lebih mudah keropos.

Nah, sebagai solusi, sejumlah produsen kemudian merilis produk cat yang diklaim tahan air. Biasanya, cat tahan air ini diberi embel-embel waterproof dalam kemasannya. Cat ini adalah cat pelapis yang tahan air dan bisa digunakan di dalam Anda, khususnya di kamar mandi, ruang bawah tanah, dan beberapa ruangan yang mudah lembap. Sementara, untuk penggunaan di luar , bisa diaplikasikan untuk perahu, birdbaths, atau tangki air. Cat ini biasanya dibuat dengan bahan lateks, minyak, atau concrete base yang bisa memberikan seal serat tahan air yang kuat.

Cat tembok (sumber: Kumpulan Info)

(sumber: Kumpulan Info)

Karena memiliki fungsi utama sebagai pelindung tembok, masih banyak masyarakat di Indonesia yang terkadang sering mengartikan cat waterproof ini dengan cat . Cat waterproof sebenarnya bukan termasuk kategori cat, melainkan lapisan anti-air atau anti-bocor sehingga sangat berbeda dengan cat . Aplikasi cat waterproof biasanya pada sudut-sudut atau tempat rumah yang rentan bocor karena memiliki bahan pelapis kedap air, sedangkan cat lebih banyak digunakan pada dinding rumah.

Baca juga  Info Terkini Harga Mesin Jahit untuk Konveksi (Beragam Merk)

Meski punya banyak perbedaan, namun kini sudah banyak produsen yang mulai menyatukan fungsi cat waterproof dengan cat eksterior, bahkan dengan warna-warna yang bervariasi seperti cat interior. Dalam penggunaannya, beberapa cat tidak perlu dicampur pengencer dan ada pula cat yang harus dicampur dengan pengencer.

Merk Cat Tembok Tahan Air

  • Dulux Weathershield Powerflexx, diklaim sebagai pelopor cat tahan air yang paling banyak digunakan. Selain waterproof, Dulux memiliki produk cat anti-air yang tahan terhadap segala kondisi cuaca, terutama dari ancaman air hujan yang dapat menyebabkan jamur bila tidak segera dibersihkan atau dalam kondisi lembap. Cat ini dikatakan cuma butuh waktu 4 hingga 6 jam untuk mengering.
  • No Drop, ini adalah merk lain yang dikenal sebagai cat tahan air dan anti-bocor. Tidak cuma dipakai untuk dinding, Anda pun bisa mengaplikasikan produk ini pada bagian lain, seperti beton, asbes, seng pelindung, atau genteng yang terbuat dari tanah liat.
  • Propan DLI 480 Decorlotus, cat ini disebutkan memberikan perlindungan ganda, yakni dari jamur dan kotoran. Ini berkat teknologi Pearl Lotus Effect yang mengadaptasi tumbuhan teratai. Beberapa produk cat Propan pun sudah mengantongi lisensi Green Label Singapore.
  • Aquaproof, seperti namanya, ini adalah cat tembok tahan air untuk perawatan rumah. Cat ini dapat melapisi berbagai macam permukaan, bahkan genteng, wuwungan, talang, dan facade. Karena dibuat dari bahan polimer thixotropic, cat tembok Aquaproof tidak menetes dan mudah digunakan. Cat juga tidak mudah retak, apalagi berjamur atau berlumut karena air hujan dan cuaca lembap.
  • Jotun Jotaplast, ini adalah cat tembok multifungsi yang juga dapat dipakai untuk melapisi langit-langit rumah yang punya kemungkinan lebih besar untuk bocor atau rembes. Jika ingin proteksi lebih, tersedia pula Jotun Essence Tough Shield yang diklaim tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem.
  • Welproof, adalah cat tembok yang dikatakan tidak cuma mencegah bocor, tetapi juga mampu melindungi tembok dari kelembapan dan serangan jamur.
Paint Roller (sumber: newlinepainting)

Paint Roller (sumber: newlinepainting)

Harga Cat Tembok Tahan Air

Merk Cat TembokHarga
No Drop1 kg : Rp43.000
4 kg : Rp175.000
20 kg : Rp834.000
Nippon Paint Elastex1 kg : Rp44.000
4 kg : Rp174.000
Welproof1 kg : Rp50.000
4 kg : Rp185.000
20 kg : Rp840.000
Bitadur1 kg : Rp68.500
4 kg : Rp169.900
20 kg : Rp674.500
Bitacem 1203 kg : Rp75.700
30 kg : Rp481.000
Dulux Aquashield1 kg : Rp97.000
20 kg : Rp797.000
Jotun Jotaplast5 kg : Rp108.000
18 L : Rp480.000
Aquaproof1 kg : Rp47.000
4 kg : Rp183.000
20 kg : Rp850.000
Propan DLI480 Decorlotus2,5 L : Rp200.000
20 L : Rp1.225.000
Dulux Weathershield Powerflexx2,5 L : Rp360.000
20 L : Rp2.394.000
Jotun Essence Tough Shield18 L : Rp722.000 – Rp795.000
Baca juga  Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Closet Jongkok Toto CE9

Harga cat tembok tahan air di atas kami rangkum dari beragam sumber, termasuk situs resmi produsen, toko bahan bangunan, dan situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga cat tembok tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Harga cat juga dapat berbeda di masing-masing tempat.

[1] Rahman, A. dan Farid Mulana. 2014. Studi Pembuatan Cat Tembok Emulsi dengan Menggunakan Kapur sebagai Bahan Pengisi. Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan, Vol. 10(2): 63-69.

[2] Bentley, J dan G.P.A. Turner. 1997. Introduction to Paint Chemistry and Principles of Paint Technology. Bristol UK: CRC Press.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Pilihan Merk dan Harga Cat Tembok Tahan Air"