Update Harga Setrika Uap untuk Laundry (All Merk)

Dalam merawat pakaian, menyetrika merupakan hal yang sangat penting. Sama seperti noda, baju yang kusut pun akan sangat mengurangi estetika pakaian dan mengganggu mata yang memandang. Memang, tidak semua pakaian perlu disetrika. Namun, agar lebih rapi dan mudah dalam penyimpanan di lemari, akan lebih baik jika disetrika terlebih dahulu. Ada beberapa jenis setrika yang dapat digunakan, salah satunya adalah setrika uap.

Setrika uap (sumber: rumah123)
Setrika uap (sumber: rumah123)

Cara Menggunakan Setrika Uap

Setrika uap adalah setrika yang sumber panasnya berasal dari uap air. Berbeda dengan setrika biasa, plat setrika ini tidak hanya menghasilkan panas. Pelatnya juga menghasilkan sehingga yang dihasilkan menjadi rata. Oleh karena itu, setrika ini juga bisa menjadi pengering dan pelicin pakaian.

Bacaan Lainnya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kebanyakan orang berulang-ulang membolak-balik pakaian untuk digosok dalam waktu yang lama sampai kondisi pakaian rapi dan licin. Padahal, ada beberapa bahan seperti chiffon, silk, atau jenis pakaian seperti kebaya, jas dan bahan-bahan lembut lainnya yang sulit atau tidak bisa sembarangan disetrika. Untuk itu, setrika uap melakukan tugas lebih baik dan cepat dalam menghilangkan kerutan atau kusut di pakaian jika dibandingkan dengan setrika pada umumnya. Memiliki setrika jenis ini tentunya akan menghemat waktu Anda.

Sebenarnya, setrika uap sangat populer digunakan di laundry atau di butik-butik untuk memelihara kualitas pakaian. Selain unggul dalam efisiensi waktu dan tenaga kerja, setrika ini juga memiliki kecepatan menyetrika tiga kali lebih cepat dan hasil tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan setrika listrik biasa. Selain itu, dengan menggunakan setrika uap, bisa mengurangi kemungkinan pakaian lengket atau robek karena aman untuk segala jenis sablon.

Baca juga  Update Harga Lip Balm Vaseline untuk Bibir Kering di Indomaret

Setrika uap harus diperlakukan berbeda dengan setrika biasa. Cara pemakaian yang salah dalam menggunakan setrika uap bisa menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Teknik terbaik saat menyetrika adalah dengan gerakan menjauh dari tubuh Anda untuk menghindari kembali membentuk kerutan saat Anda tidak sengaja bersandar ke pakaian. Jika ada bagian tertentu yang susah untuk disetrika, semprotkan sedikit air ke daerah yang akan disetrika terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai setrika uap, Anda dapat menggunakan pengaturan uap untuk merapikannya.

Setrika uap (sumber: aliexpress.com)
Setrika uap (sumber: aliexpress.com)

Selain itu, sebaiknya tidak langsung melipat dan mengemas pakaian setelah selesai disetrika, karena hal itu bisa membuat pakaian Anda berbau kurang sedap. Pakaian yang dilicinkan dengan setrika uap akan menjadi sedikit basah. Oleh karena itu, sebaiknya pakaian tidak langsung disimpan, namun biarkan kering secara alami tanpa harus dijemur.

Tidak sulit untuk mendapatkan setrika uap, karena sudah ada beberapa brand yang mengeluarkan produk ini. Salah satunya dari merek Philips jenis GC1418. Dengan uap tanpa henti, semprotan uap, dan fungsi semprot, setrika ini dirancang untuk menghilangkan kusut tersulit dengan mudah.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggunakan setrika uap Philips yang dilengkapi dengan fungsi 2 in 1 (dry or steam) di rumah. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengisi air ke dalam tangki. Untuk menghasilkan uap pada steam iron, diperlukan air. Pada saat pengisian air ke dalam tangki setrika uap Philips, pastikan posisi setrika miring ke belakang dan dalam keadaan off atau mati.

Baca juga  Cara Memelihara dan Update Harga Ferret di Pasaran

Kemudian, agar steam atau uap di setrika keluar dengan sempurna, Anda harus mengisi air sampai batas maksimal dan mengatur setelan ke tombol steam. Lalu, Anda bisa menentukan suhunya. Penting bagi Anda untuk menentukan suhu yang tepat ketika menyetrika sesuai dengan bahan pakaian agar tetap dapat terawat dengan baik. Bagi Anda yang ingin menggunakan salah satu fungsi 2 in 1, pastikan suhu diatur ke temperatur maksimal.

Setelah mengatur suhu hingga maksimal, untuk hasil setrika optimal mengatasi kusut tersulit pada pakaian, jangan lupa mengatur tombol atas ke posisi steam. Apabila ingin mengeluarkan steam atau uap lebih banyak, Anda cukup menekan salah satu dari dua tombol besar yang bergambar uap.

Philips Setrika Uap berfungsi 2 in 1, yaitu pilihan menyetrika dengan steam atau tanpa steam. Apabila Anda ingin menyetrika tanpa steam atau uap, Anda cukup menggeser tombol pengaturan steam ke non-steam dan jangan lupa menurunkan suhu dari max ke suhu yang sesuai dengan bahan pakaian Anda.

Selain seri GC1418, Philips juga memiliki seri lainnya, yaitu setrika uap Philips OptimalTEMP GC3920. Dengan teknologi OptimalTEMP-nya, memberikan kombinasi suhu dan uap yang paling efektif untuk segala jenis bahan, juga aman serta ampuh pada jenis kain jeans sampai sutra bahkan kain dengan bahan yang membutuhkan perawatan khusus.

harga, setrika, uap, untuk, laundry, manfaat, tips, menggunakan, listrik, merawat, pakaian, air, tangki, merek, philips, tapak, kain, halus, kombinasi, suhu, teknik, tombol, steam, kabel, off, fitur, bahan
Pemakaian setrika untuk kebutuhan usaha laundry

Untuk memberikan gambaran mengenai harga, berikut ini ada beberapa jenis setrika uap yang juga bisa digunakan untuk laundry atau pemakaian pribadi. Mereknya bermacam-macam. Berikut perbandingan harga setrika uap pada tahun 2019 dengan 2022.

Baca juga  Cara Ternak dan Info Terbaru Harga Bibit Entok (DOD)

Harga Setrika Uap (Untuk Laundry & Pemakaian Pribadi)

Merek Setrika Uap Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Hetian Travel Iron 170.000 125.000
Tobi Steamer 260.000 175.000
Domo DN 1500 360.000 355.000
Philips GC-1418 370.000 325.000
Idealife Tobi Portable Steam Wand 500.000 352.300
Setrika Uap Boiler Listrik Silver Star 560.000 525.000
Philips GC504 1.500.000 1.365.000
Panasonic NI-WL30 1.129.600

Agar awet untuk pemakaian jangka panjang, ada cara merawat setrika uap. Dimulai dari membuang sisa air dalam tangki setrika uap, bersihkan sisa air yang menempel pada tapak setrika dengan cara mematikan power setrika dan biarkan sampai temperatur normal. Setelah dingin atau suhu normal, bersihkan tapak setrika dengan lap atau kain halus. Apabila kegiatan menyetrika sudah selesai, putar tombol ke posisi off dan cabut kabel setrika. Ketika suhu setrika kembali normal atau dingin, gulung kabel melingkar di sekitar setrika.

Bagi Anda yang memang sudah terbiasa menggunakan setrika listrik, maka tentunya perlu sedikit penyesuaian lagi ketika hendak menggunakan setrika uap. Pastikan Anda mencari tahu tentang jenis dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh setrika uap karena dari segi harga, setrika uap cenderung lebih mahal.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.