Update Harga Menu Pempek Gaby

Pempek saat ini bukan hanya dapat dinikmati di kota asalnya, Palembang. Di kota-kota besar seperti Bekasi pun Anda bisa menemukan gerai pempek yang lezat seperti Pempek Gaby. Harga Pempek Gaby yang relatif terjangkau dan rasanya yang enak membuat warung satu ini terbilang cukup ramai dikunjungi konsumen.

Pempek Gaby (sumber: pergikuliner)
Pempek Gaby (sumber: pergikuliner)

Pempek merupakan makanan khas Kota Palembang. Makanan ini terbuat dari campuran ikan, sagu, dan garam. Pempek tidak hanya dikenal di kota asalnya, tetapi hampir seluruh masyarakat di Indonesia kenal dengan makanan yang satu ini. Ada beragam jenis pempek, di antaranya lenjer, pempek bulat (ada’an), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, pempek keriting, dan pempek kapal selam. Pempek biasanya dinikmati dengan kuah cuka yang sering disebut dengan cuko (bahasa Palembang).[1]

Bacaan Lainnya

Variasi Pempek

  • Pempek Lenjer. Disebut pempek lenjer karena dibuat lonjong memanjang seperti silinder (lenjeran, bahasa Palembang). Panjangnya sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm. Bisa dibilang “ dari pempek” karena dari pempek lenjer dapat dibuat berbagai jenis pempek lain. Adonan pempek lenjer merupakan adonan dasar pempek. Pempek lenjer dipotong kecil, ditambah telur dan diwadahi daun pisang maka menjadi pempek lenggang. Pempek lenjer diiris memanjang ditambah kuah santan menjadi celimpungan. Pempek lenjer dipotong lalu diberi mi jadilah rujak mi.
  • Pempek Kapal Selam. Pempek sebesar kepalan tangan orang dewasa ini berisi 1 butir telur utuh ayam atau bebek. Adonan dasar sama dengan pempek lenjer, dibentuk cekung sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur dapat masuk ke dalam adonan pempek dan ditutup lagi agar tidak bocor. Nama kapal selam karena ketika memasukkan pempek ke dalam panci berisi air, pempek tenggelam di dasar panci. Saat pempek sudah matang, akan naik ke atas permukaan air dan mengapung. Kata orang Palembang seperti kapal selam, bisa tenggelam dan mengapung.
  • Pempek Keriting. Bentuknya seperti mi keriting. Pembuatannya paling sulit karena harus dipirik menggunakan alat pirikan.
  • Pempek Pistel. Pempek Pistel atau kates (pepaya) ini bentuknya mirip kue pastel. Isinya tumisan pepaya muda dan ebi yang dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Menyantapnya bisa direbus atau digoreng. Karena berbahan isi sayuran, pempek pistel tidak bertahan lama.
  • Pempek Adaan. Disebut juga pempek bulat. Pempek ini langsung digoreng tanpa harus direbus terlebih dahulu. Adonannya ditambah santan dan bawang, sehingga rasanya gurih dan wangi.
  • Pempek Tahu. Merupakan hasil perpaduan pempek dan tahu. Namun tahu bukan sebagai isian, melainkan diletakkan sebagai pembungkus pempek, yang kemudian digoreng.
  • Pempek Kulit. Pempek kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa ikan yang dagingnya telah dibuat pempek jenis lainnya. Meski berasal dari bagian ikan yang tidak berguna, rasanya tidak kalah nikmat dengan pempek lain. Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, kulit ikan dihancurkan, kemudian adonan ditambahkan telur agar lebih lembut.
  • Pempek Panggang/Tunu. Pempek yang usai dibentuk bulat, langsung dipanggang. Jika sudah masak, pempek dibelah dan diisi ebi, kecap manis, dan cabai rawit yang ditumbuk. Biasanya pempek ini menjadi ukuran pintar tidaknya seseorang membuat pempek. Karena dengan adonan tidak tersentuh minyak, maka kita bisa merasakan pempek itu amis ikan atau tidak. Jika amis, bisa dipastikan ada kesalahan dalam pembuatannya.
  • Pempek Lenggang, merupakan pempek yang dicampur telur bebek yang kemudian diletakkan di daun pisang yang sudah dibentuk seperti wadah kotak, dan dibakar.[2]
Baca juga  Info Terbaru Harga Kue Black Forest (Berbagai Ukuran)
Salah Satu Cabang Pempek Gaby di Bekasi (credit: beritadasyat)
Salah Satu Cabang Pempek Gaby di Bekasi (credit: beritadasyat)

Di Pempek Gaby, Anda bisa menemukan hampir semua varian pempek yang ada di Palembang dan berikut info harga lengkapnya.

Harga Menu Pempek Gaby

Menu Harga
Nasi Putih Rp5.500
Tunu Rp6.500
Pempek Adaan Rp6.500
Pempek Kulit Rp6.500
Pempek Keriting Rp8.500
Pempek Lenjeran Rp14.000
Pempek Kapal Selam Rp15.000
Lenjer Black Rp16.000
Lenjeran Rp16.500
Selam Black Rp17.000
Rujak Mie Rp17.500
Lenggang Panjang Rp19.000
Kebab Ayam Geprek Rp19.000
Tahu Rp19.000
Otak-otak 1/2 porsi Rp20.000
Tekwan Rp20.000
Pindang Patin Rp21.000
Patin Kepala Rp21.000
Patin Badan Rp21.000
Patin Ekor Rp21.000
Model Rp21.000
Pacul 1 Rp23.000
Pacul 2 Rp27.000
Pacul 3 Rp29.000
Paket Nyemil Rp30.000
Otak-otak 1 porsi Rp40.000

Informasi harga Pempek Gaby di atas dirangkum dari menu Pempek Palembang Gaby Buaran di Gofood. Perlu Anda ketahui bahwa harga menu di Gofood biasanya terpaut sedikit lebih mahal dibanding di gerainya karena dikenai pajak. Selain itu, harga menu Pempek Gaby juga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga menu pempek Gaby saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, pindang patin yang semula dijual dengan harga Rp20 ribu, sedikit naik menjadi Rp21 ribu. Tak hanya itu, kini Pempek Gaby menawarkan menu baru, seperti kebab ayam geprek, lancer black, dan kapal selam black.

Baca juga  Update Harga Cetakan Lontong Berbahan Aluminium dan Stainless

Pempek Gaby sendiri sudah tersebar di banyak tempat di Bekasi. Cabangnya mulai dari di kawasan Jalan Boulevard Hijau Raya, Wibawa Mukti II, Stasiun Kranji, Cut Mutia, Jababeka, Grand Kota Bintang, H. Naman, Raya Mangun Jaya, Grand Wisata, hingga di kawasan Buaran di Kota Jakarta.

[Update: Almas]

[1] Harianto, B. 2007. 20 Peluang Bisnis Makanan. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hal. 92.

[2] Rudy, G. 2018. Resep Autentik Pempek Palembang & Masakan Khas Wong Kito (Ed. Intarina). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hal. 8-9.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *