Harga Menu Burger KFC Terbaru (Goceng, Combo, Zuper Krunch)

KFC memang lebih populer sebagai salah satu restoran cepat saji yang menyediakan berbagai menu ayam goreng tepung. Meski demikian, waralaba yang berasal dari Amerika Serikat tersebut juga menghadirkan beragam menu lainnya, salah satunya burger. Dengan harga yang cukup terjangkau, burger KFC bisa menjadi alternatif menu untuk sarapan, makan siang, bahkan makan malam.

Makan burger KFC (facebook: KFC)

Makan burger KFC (facebook: KFC)

Sebelum membahas mengenai burger produksi KFC, kita kulik sedikit mengenai restoran yang satu ini. Seperti dilansir dari Wikipedia, KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, AS. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena menu ayam goreng, yang biasanya disajikan dalam ‘timba’ (bucket) dari kertas karton.

Di Tanah Air, hak waralaba untuk merek KFC dipegang oleh PT Fast Food Indonesia yang didirikan pada tahun 1978 silam oleh keluarga Gelael. Pada tahun 1979, perusahaan ini mendapatkan akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama di bulan Oktober di Jalan Melawai, Jakarta. Pembukaan gerai pertama yang cukup sukses ini diikuti dengan pembukaan gerai-gerai berikutnya di ibukota dan ekspansi ke sejumlah kota besar Tanah Air, termasuk Bandung, , Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.

Kemudian, pada tahun 1990, Salim Group resmi bergabung sebagai salah satu pemegang saham utama. Lalu, tiga tahun berikutnya, perusahaan terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia), satu langkah untuk meningkatkan pertumbuhan perseroan. Saat ini, kepemilikan saham mayoritas 80 persen terdistribusi 43,84 persen kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group dan 35,84 persen kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group. Sementara, 20 persen saham minoritas dimiliki oleh masyarakat dan koperasi karyawan.

Ekspansi jaringan restoran terus dilakukan agar bisa hadir dekat dengan konsumen, baik di kota-kota metropolitan yang sarat persaingan maupun di kota-kota di daerah tingkat II. Sejak beberapa tahun terakhir, KFC lebih berfokus pada pembukaan gerai bertipe free-standing (gerai yang berada di yang berdiri sendiri), yang memberikan fleksibilitas yang lebih dalam jam operasional dengan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.

Menu Unggulan KFC

Produk-produk utama perseroan, yaitu Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy, diklaim tetap menjadi ayam goreng yang paling disukai di antara semua merek restoran cepat saji di seluruh Indonesia. Pasalnya, kedua produk ini dikatakan sebagai ayam goreng paling enak berdasarkan berbagai survei konsumen di Tanah Air.

Makan menu KFC (sumber: kfc.co.uk)

Menu makan KFC (sumber: kfc.co.uk)

Produk-produk KFC sendiri secara umum dikelompokkan ke dalam beberapa kategori menu, antara lain Menu Goceng, Menu Praktis, dan menu paket kombinasi lainnya. Menu Goceng misalnya, sesuai namanya, setiap produk ditawarkan dengan harga Rp5.000, yang menyediakan lebih dari 10 produk bernilai tinggi, dengan Mocha Float dan OR Burger Deluxe menjadi menu dengan penjualan tertinggi.

Untuk Menu Praktis, terdiri dari produk-produk yang bisa dipesan dan dapat dikonsumsi dengan mudah dalam perjalanan. Menu-menu yang termasuk kategori ini antara lain Chick’N Fillet, Twisty, Fish Fillet, Oriental Bento, dan OR Burger, yang tidak hanya praktis, tetapi cukup mengenyangkan untuk menemani perjalanan Anda.

Sementara, untuk mereka yang ingin makan besar, KFC telah menyediakan Menu Kombo. Pelanggan dapat memilih menyantap Super Besar 1 (ayam, nasi, Pepsi), Super Besar 2 (dua ayam, nasi, Pepsi), Super Mantap (nasi, ayam paha, Pepsi), Kombo Super Star (dua nasi, dua ayam, Pepsi, KFC Pudding, Sundae), atau Super Family (tiga nasi, satu gelas ayam, dan tiga Pepsi).

Di samping itu, KFC juga menawarkan menu yang cukup menjadi favorit konsumen, antara lain Chaki Kids Meal 1, Chaki Kids Meal 2, Chaki Kids Meal 3, Chaki Kids Meal 4, Sundae Kids Chacha, hingga Sundae Kids ChocoNut. Semua menu-menu ini disebutkan memiliki nilai tambah dan ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat bagi kantong konsumen.

Sebagai pelengkap produk-produk utama di atas, KFC pun menyediakan produk-produk yang disesuaikan dengan selera lokal, antara lain perkedel, nasi, salad, dan sup. Selain itu, sejak tahun 2011, perseroan terus mengembangkan KFC Coffee sebagai layanan baru di semua gerai KFC bertipe freestanding, yang menyajikan rangkaian produk kopi berkualitas, disajikan panas maupun dingin, dilayani di counter terpisah, dengan ruangan duduk tersendiri untuk para pencinta kopi.

Menu Burger KFC

Seperti disampaikan di atas, burger buatan KFC menjadi salah satu menu yang cukup digemari oleh konsumen. Burger KFC sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, antara lain Krunchy Burger, Krispi Burger, Krispi Burger Grilled Soy Sauce, OR Burger Combo, dan Zuper Box.

Burger KFC (facebook: KFC)

Burger KFC (facebook: KFC)

Pada tahun 2017 lalu, restoran ini sempat meluncurkan menu baru bertitel Zuper Krunch Burger. Ini adalah burger yang terdiri dari lapisan roti bun, dengan 100 persen daging ayam goreng tepung, dan disajikan bersama lelehan keju mozarella dan cheddar serta mayonaise. Makanan ini sendiri diklaim punya tekstur yang sangat lembut, dengan daging ayam yang crunchy.

Harga Burger KFC

Varian Burger KFCHarga
Krunchy BurgerRp12.500
Krispi BurgerRp24.000
Krispi Burger Grilled Soy SauceRp24.000
OR Burger ComboRp36.500
Zuper BoxRp56.000

Jika dibandingkan tahun lalu, harga burger KFC tahun 20 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai , Zuper Box yang semula dibanderol Rp45 ribu, saat ini naik menjadi Rp56 ribu. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi langsung gerai KFC terdekat di sekitar domisili Anda.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Lumpia di Loenpia Mbak Lien Semarang
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Menu Burger KFC Terbaru (Goceng, Combo, Zuper Krunch)"