Harga Melanox Forte, Krim untuk Flek Hitam

No comment606 views

Flek hitam pada wajah memang bisa mengganggu penampilan seseorang. Untungnya, saat ini sudah banyak beredar produk yang diklaim sanggup menuntaskan masalah flek hitam yang mengganggu. Salah satu produk tersebut adalah Melanox Forte, yang saat ini ditawarkan dengan yang cukup terjangkau untuk ukuran kantong konsumen dalam negeri.

Flek dan bintik hitam pada wajah (sumber: puristry.com)

Flek dan bintik hitam pada wajah (sumber: puristry.com)

Dikutip dari Alodokter.com, flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan kulit putih. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa .

Masih menurut sumber yang sama, penyebab munculnya flek hitam bisa bermacam-macam. Flek hitam dapat muncul karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Melanin sendiri adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Selain itu, beberapa yang mengandung bahan tertentu juga dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin. Penyebab lainnya adalah karena faktor genetik atau keturunan, kurang mengonsumsi vitamin (terutama vitamin B12, vitamin K, dan vitamin E), bekas jerawat yang susah hilang, polusi atau pencemaran udara, dan pengaruh hormonal (hormon estrogen, progesteron, dan MSH).

Seperti namanya, flek hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna lebih gelap dari kulit di sekitarnya dan tidak menonjol (datar). Flek hitam ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya bagi , dan tidak dapat berubah menjadi kanker. Flek hitam atau ephelis juga tidak timbul di kulit yang tidak terpapar sinar matahari.

Meski sebagian besar flek hitam dapat memudar dengan sendirinya, namun ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami masalah ini, terutama mereka yang merasa terganggu atau kondisi makin memburuk. Beberapa pengobatan tersebut antara lain:

  • Krim pemutih, biasanya digunakan untuk memudarkan flek hitam dan dapat dibeli secara bebas. Namun, krim yang mengandung hydroquinone memerlukan resep dokter. Tanyakan dokter jika Anda mengalami efek samping seperti peradangan kulit, kulit kering, terasa seperti terbakar, perubahan warna kulit, atau terkelupas.
  • Krim retinoid, mengandung senyawa kimia vitamin A yang dapat digunakan bersamaan dengan krim pemutih dan berfungsi untuk memudarkan flek hitam dalam hitungan bulan. Beberapa contohnya adalah tretinoin dan tazarotene. Efek samping yang mungkin saja terjadi akibat penggunaan krim ini adalah kulit kemerahan, kering, , sensitif, dan terkelupas.
  • Peeling, menggunakan cairan kimia dengan kandungan asam glikolat (GA) atau asam trikloroasetat (TCA) yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang rusak dan menciptakan regenerasi.
  • Cryosurgery, merupakan tindakan pengangkatan flek hitam dengan menggunakan cairan nitrogen yang bersuhu rendah untuk membekukan dan membunuh sel kulit yang abnormal.
  • Terapi laser, menggunakan gelombang cahaya yang ditujukan ke kulit yang bermasalah. Studi membuktikan laser mampu memudarkan flek hitam sampai 50%. Walau aman, beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi.

Manfaat Melanox Forte

Melanox Forte kemasan kecil (sumber: Tokopedia)

Melanox Forte kemasan kecil (sumber: Tokopedia)

Di pasaran sendiri, sudah banyak krim yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan wajah sekaligus menghilangkan flek hitam yang mengganggu. Salah satu yang cukup populer di kalangan konsumen dalam negeri adalah Melanox Forte, sebuah krim yang diproduksi oleh PT Surya Dermato Medica Laboratories yang berbasis di Surabaya.

Berbagai sumber online menuturkan bahwa Melanox Forte merupakan obat yang biasa digunakan untuk bisa mengurangi masalah hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit atau kondisi kelainan yang terjadi karena peningkatan melanin dalam tubuh, seperti penyebab flek hitam. Produk ini juga diklaim dapat dipakai untuk mengatasi masalah chloasman, melisma, serta kondisi hiperpigmentasi pasca-inflamasi misalnya yang disebabkan jerawat.

Setiap kemasan Melanox Forte setidaknya sudah dirancang dengan beberapa kandungan, antara lain:

  • Hydroquinone, merupakan obat yang biasa digunakan untuk pemakaian jangka panjang untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit, seperti hiperpigmentasi atau bintik pada kulit. Pemakaian topical kandungan obat ini bisa menghasilkan depigmentasi yang terjadi pada kulit dengan cara melakukan penghambatan oksidasi serta menekan proses metabolisme melanosit.
  • Glycolidu Acid, merupakan senyawa yang masuk ke dalam kategori AH atau Alpha Hydoxy. Diklaim sangat mampu memberikan manfaat hingga menembus lapisan kulit dan sudah sering dimasukkan sebagai formula pembuatan produk perawatan kulit. Senyawa ini mampu mengurangi adanya keriput pada wajah, menghilangkan jaringan parut bekas jerawat, mencerahkan wajah, pencegahan hiperpigmentasi, dan beberapa masalah lainnya.

Cara Pakai Melanox Forte

Pemakaian Melanox Forte bisa Anda lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur. Namun, sebelum menggunakan cream ini, pastikan wajah Anda sudah dibersihkan dengan face toner atau facial wash. Usapkan secara menyeluruh pada bagian kulit yang mengalami masalah, tetapi hindari area mata, mulut, atau membrane mukosa lainnya.

Harga Melanox Forte

Melanox Forte saat ini sudah dijual bebas di pasaran, dan Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan kecantikan maupun situs jual beli online. Untuk produk yang asli atau original, Melanox Forte sekarang ditawarkan dengan harga Rp35.000 sampai Rp40.000 untuk kemasan tube 15 gram. Namun, sebelum membeli produk ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk meminimalkan efek samping.

Baca juga  Harga Verile Acne Blemish Care Untuk Samarkan Noda Bekas Jerawat
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Melanox Forte, Krim untuk Flek Hitam"