Info Lengkap Harga Meja Akar Mahoni di Pasaran

No comment247 views

Dalam kehidupan sehari-hari, kayu merupakan bahan yang sangat sering digunakan sebagai dasar beberapa perabot rumah tangga, misalnya furniture. Dalam membuat meja dan kursi pun tak lepas dari bahan baku kayu. Namun, sebagian perajin kayu dengan kreatif mengolah beberapa jenis akar pohon untuk disulap menjadi meja. Produk meja dari akar pohon mahoni pun terbilang populer di pasaran dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Pangkal batang pohon mahoni (sumber: akar-media.com)

Pangkal batang pohon mahoni (sumber: akar-media.com)

Terkadang kayu tidak dapat digantikan dengan material lain karena sifat khasnya. Setiap jenis kayu pun memiliki sifat yang berbeda. Kayu memiliki sifat fisik dan mekanik khas yang beberapa di antaranya tidak dimiliki material lain. Untuk kayu furnitur, diperlukan beberapa persyaratan teknis, yakni berat sedang, dimensi stabil, berjenis dekoratif, mudah dipaku, dibubut, disekrup, dilem, hingga dikerat. Jenis kayu yang sesuai dengan persyaratan tersebut, antara lain kayu jati, eboni, kuku, meranti, rengas, sonokeling, sonokembang, ramin, hingga mahoni.

Kali ini, kami akan mengajak Anda mengulas lebih detail mengenai jenis kayu mahoni. Kayu mahoni memiliki nama lokal mahagon. Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi karena seluruh bagian pohonnya dapat dimanfaatkan. Kualitas kayu mahoni memang sedikit di bawah kayu jati, tetapi sifat kayunya yang keras dan tidak gampang berubah akan cocok dijadikan sebagai bahan furnitur.[1]

Baca juga  Info Terbaru Harga Kandang Kucing dari Kayu (Berbagai Ukuran)

Pohon mahoni yang sudah berusia 10 tahun bisa dipanen dan diambil sebagai kayu mahoni untuk material furnitur dan aquascape. Pada saat itu, diameter kayu mahoni sudah berukuran sekitar 1,5 cm. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai material bangunan, maka harus menunggu hingga 15 tahun.

Kayu mahoni telah lama digunakan sebagai bahan baku mebel Jepara. Selain dari kayu jati, jenis kayu mahoni untuk mebel jepara rata-rata digunakan model furnitur klasik. Pembeli funitur model klasik adalah dari Eropa dan Amerika, biasanya beberapa produk furnitur tersebut digunakan digunakan untuk luar ruangan.

Akar mahoni pun kerap dijadikan produk meja dengan berbagai ukuran. Meja dari akar mahoni memiliki tampilan yang antik, sehingga cukup banyak diminati masyarakat. Berikut kami sajikan informasi cara membuat meja dari akar mahoni.

Cara Membuat Meja dari Akar Mahoni

  • Sebelum mengolah akar mahoni, pastikan Anda telah memiliki desain dan ukuran yang jelas.
  • Akar kayu harus dijemur terlebih dulu.
  • Anda membutuhkan kayu mahoni solid sebagai bagian atas meja. Bahan kayu tersebut kemudian dihaluskan permukaannya.
  • Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat menyerut, menyekrup, dan membubut sesuai bentuk yang sudah ditentukan.
  • Anda dapat memilih akar mahoni yang kuat untuk bagian kaki meja dan lakukan proses penghalusan.
  • Setelah itu, kayu solid ditempel dengan akar mahoni dengan lem khusus.
  • Meja dari akar mahoni kemudian dibakar sebelum dicat agar lebih awet.
Baca juga  Info Terupdate Harga Kotak Hantaran (Seserahan) untuk Pernikahan

Kelebihan meja dari kayu mahoni yakni seratnya yang halus, sehingga menghasilkan tampilan menawan saat dilapisi dengan cat warna natural atau klasik. Kandungan minyak dari kayu mahoni ini juga rendah. Hal ini membuat kayu mahoni dapat dilapisi cat duco tanpa menimbulkan noda kuning seperti pada kayu jati.

Meja akar mahoni (sumber: reddit.com)

Meja akar mahoni (sumber: reddit.com)

Nah, bagi Anda yang ingin langsung membeli produk meja dari akar mahoni dapat mendatangi sejumlah mebel terdekat. Sebagai referensi, kami sajikan info harga meja akar mahoni saat ini di pasaran.

Harga Meja Akar Mahoni

Ukuran ProdukKisaran Harga
Meja Akar Mahoni 230 cm x 70 cm4.500.000
Meja Akar Mahoni tinggi 58 cm diameter 120 cm24.800.000 – 27.000.000

Di pasaran, Anda juga dapat menemukan produk meja dari kayu padat mahoni dengan harga lebih murah mulai Rp2,35 jutaan untuk ukuran 150x65x70 cm. Sedangkan untuk ukuran lebih besar yakni 203x84x10 cm dibanderol mulai harga Rp11 jutaan. Anda juga dapat memesan produk meja dari bahan lain, seperti akar jati dan sonokeling yang dibanderol mulai Rp700 ribu untuk ukuran kecil.

Baca juga  Harga Tunggak (Akar Jati) Mentah

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 20. Harga tersebut tentunya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli produk meja akar mahoni di mebel terdekat atau memesannya secara online melalui berbagai situs jual beli online dengan harga bersaing.

[1] Swasty, Wirania. Merancang Rak Buku Kreatif (Depok: Griya Kreasi, 2010), hlm. 15

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Harga Meja Akar Mahoni di Pasaran"