Update Harga Meises Ceres Kiloan di Pasaran

No comment7107 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cokelat butir, atau biasa disebut meises (). Di , salah satu merek meises yang cukup populer di kalangan Tanah Air adalah Ceres. Banyak digunakan sebagai taburan roti dan lainnya, meises Ceres kiloan saat ini ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Meises Ceres - tirto.id

Meises Ceres - tirto.id

Dilansir dari Wikipedia, meises bisa dikatakan sebagai butiran-butiran cokelat yang umum digunakan sebagai teman makan roti, penghias dan penambah pada cake, terang bulan, donat, dan juga es krim. Uniknya, meises sebagai teman makan roti ini hanya dinikmati di Indonesia dan Belanda. Di Negeri Kincir Angin sendiri, meises disebut dengan hagelslag dan variasinya disebut dengan muisjes.

Masih menurut sumber yang sama, kebetulan, cokelat butir banyak digemari gadis-gadis kecil Belanda (meisje) sehingga teman makan roti ini ikut-ikutan disebut dengan meisje. Pengucapan ‘meisje’ untuk cokelat butir lantas menghasilkan variasi ejaan, mulai meises, mises, atau meisyes. Ada juga kemungkinan meises berasal dari kata muisjes karena bentuknya memang mirip. Di AS, meises disebut dengan sprinkles, sedangkan di kawasan New England, dikenal dengan istilah jimmies.

Di pasaran, kita bisa menjumpai beragam merek cokelat meises. Namun, yang bisa dikatakan paling populer adalah Ceres. Sebagai pabrikan cokelat, Ceres sendiri sudah eksis sejak zaman kolonial. Brand ini berawal dari pabrik cokelat rumahan yang berlokasi di Garut dan berada di bawah bendera NV Ceres, yang kala itu dimiliki oleh orang Belanda. Ketika Jepang ke Tanah Air, NV Ceres kemudian dibeli oleh Ming Chee Chuang, seorang pria asal Burma yang menetap di Bandung.

Setelah era revolusi tahun 1945 hingga 1949, Chuang mulai menggeluti bisnis cokelat butir dengan lebih tenang. Pada tahun 1950, ia pun mengganti nama NV Ceres menjadi PT Perusahaan Industri Ceres. Awalnya, perusahaan ini memakai merek Ritz untuk biskuit wafer dan yang diproduksi tahun 1951. Setelah itu, Ceres, dan juga Silverqueen, sudah menjadi brand yang berdiri sendiri.

Meses atau coklat butir dibuat dari coklat dan gula serta susu yang kemudian dicetak dengan alat khusus menjadi butiran-butiran kecil. Sebagian meises ada yang terbuat dari coklat saja, ada pula dilengkapi dengan tambahan susu dan krim yang banyak. Hadirnya meises sebagai pelengkap dapat berfungsi untuk memberikan rasa dan tampilan yang lebih cantik pada , sehingga meningkatkan selera. Karena terbuat dari coklat, meises tentunya juga mengandung kebaikan-kebaikan dan gizi dari coklat. Namun, pilihlah meises yang terbuat dari coklat berkualitas dan tidak banyak menggunakan gula buatan. 

Cara Mengolah Meises

Butiran meises (sumber: patch.com)

Butiran meises (sumber: patch.com)

Agar meises tahan lama dan tidak cepat rusak, sebaiknya simpan di lemari es. Sehingga meises bisa tahan hingga 6-12 bulan tergantung expired-nya. Beberapa cara menyajikan meises seperti menaburkannya di atas roti tawar atau roti manis yang sudah diolesi margarin atau krim. Sedangkan untuk pisang bakar atau kue terang bulan, Anda dapat menaburkan coklat meises ke atas kue atau pisang selagi masih panas dan baru keluar dari panggangan. Bagi Anda pecinta es krim, meises dapat ditaburkan sebagai topping. 

Saat ini, tidak sulit menemukan meises Ceres. Anda bisa mencari produk tersebut di pasar tradisional maupun ritel-ritel modern. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga meises Ceres kiloan di pasaran Tanah Air.

Harga Meises Ceres Kiloan

Varian Meises CeresHarga (Rp)
Ceres Hagelslag Rice Dark Chocolate 75 gr9.400
Ceres Hagelslag Rice Choco Classic 90 9.700
Ceres Hagelslag Rice Choco Festive 90 gram9.700
Ceres Hagelslag Rice Choco Classic 225 gram22.800
Ceres Hagelslag Rice Choco Classic 235 gram20.200
Ceres Hagelslag Rice Choco Classic 500 gram49.000
Ceres Hagelslag Rice Choco Classic 1 kg89.000
Ceres Safari Tulip 1 kg38.000
Ceres kiloan (sumber: shopee)

Ceres kiloan (sumber: shopee)

Dibandingkan tahun 2019 lalu, harga meses Ceres tahun 2020 ini ada yang mengalami perubahan. Misalnya saja untuk Ceres 90 gram yang sebelumnya dibanderol Rp9.500 kini sedikit naik jadi Rp9.700. Kemudian Ceres 1 kg juga naik dari Rp77.500 menjadi Rp89 ribu dan Ceres Choco Clasic 225 gram yang sebelumnya Rp18.900 naik menjadi Rp22.800.

Di samping dalam kemasan plastik, ada juga pedagang yang menawarkan meises kiloan yang diklaim sebagai merek Ceres. Di beberapa situs jual beli online, meises Ceres kiloan ini ada yang dijual dengan harga Rp18.000, ada yang Rp28.700, ada yang melepas di harga Rp34.000, dan ada juga yang menjualnya dengan harga Rp47.000. Sedangkan harga Ceres di Indomaret juga dijual beragam, kisaran Rp9.700 untuk ukuran 90 gram.  

Tak hanya meises Ceres saja, di pasaran juga dapat Anda temukan merek lainnya seperti Tulip yang dijual Rp59.000 per kilogram, Polococo Meises berkisar Rp35.000 untuk 225 gram, Gery Meises Rp5 ribu untuk 7 gram, Milli Deli Cheese Meses Rp35.000 untuk 180 gram, Meses Kincir Angin Holland Rp39.000 untuk 1 kg, Lagie Safari Meses Rp5 ribuan untuk 100 gram, Tulip Meses Rp8.000 dengan ukuran 100 gram, Ritz Chocolate Meses Rp49.900 untuk 300 gram, dan Meses Nuri Rp7 ribu untuk 250 gram. 

Sementara itu, bagi Anda yang menyukai aroma teh hijau ternyata ada merek meises yang menampilkan terobosan terbaru dengan paduan teh hijaunya, yakni Bes Meises Green Tea. Dengan harga Rp44 ribuan Anda sudah mendapatkan meises yang dikemas ukuran 325 gram. 

Anda dapat menyimpan cokelat Ceres dengan menjauhkannya dari cahaya dan panas. Disarankan Anda dapat menyimpan Ceres dalam wadah tertutup rapat dan diletakkan di tempat sejuk.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Lengkap Harga dan Review Siomay Fiesta
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Meises Ceres Kiloan di Pasaran"