Info Spesifikasi, Cara Pakai, & Harga Maxim Ultra Grill

Menyantap makanan yang diolah dengan cara dipanggang memang nikmat. Dulunya proses memanggang memang cukup merepotkan, karena Anda perlu bahan bakar seperti arang dan juga panggangan yang kurang praktis. Namun beruntung karena kini sudah ada memasak seperti Maxim Ultra Grill yang aktivitas memanggang jadi lebih mudah dan menyenangkan. Produk Maxim Ultra Grill juga dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Korean Barbecue (credit: urbanadventures)

Ilustrasi: Korean Barbecue (credit: urbanadventures)

Grill adalah metode pemanasan yang berkebalikan dengan boiling. Grill menggunakan suhu tinggi. Jika proses pemanasan dilakukan di oven, bahan yang akan dipanaskan dengan metode ini akan didekatkan pada sumber panas. Pada metode ini dapat digunakan arang atau grill pan. Pemanasan yang tidak merata menyebabkan produk yang dihasilkan memiliki perbedaan warna, contohnya ada garis-garis.[1]

Metode satu ini kerap digunakan untuk memasak aneka daging seperti mengolah steak. Cara praktis membuat steak adalah memasak daging dalam grill pan, wajan khusus untuk menggoreng steak. Tambahkan mentega, minyak , misalnya minyak zaitun extra light (extra light olive oil), atau minyak kelapa, lalu goreng daging selama 2-3 menit dengan satu kali dibalik.

Baca juga  Info Harga Sofa Bed Inoac No 1 di Pasaran

Sebelum menambahkan mentega atau minyak goreng ke dalam grill pan dan memasukkan daging, jerangkan grill pan di atas api sedang hingga panas betul sehingga pori-pori daging segera menutup begitu bersentuhan dengan grill pan. Grill pan yang kurang panas akan membuat pori-pori daging tidak segera menutup sehingga cairan daging banyak meleleh keluar. Akibatnya, steak menjadi kering dan rasanya kurang gurih.[2] Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jika Anda ingin memanggang aneka hidangan di rumah, Anda bisa menjajal produk Maxim Ultra Grill.

Tentang Maxim Ultra Grill

Ilustrasi: Maxim Ultra Grill (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Maxim Ultra Grill (credit: Tokopedia)

Maxim Ultra Grill adalah alat pemanggang praktis yang terbuat dari aluminium dengan lapisan anti lengket sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan pemanggang dari sisa-sisa masakan. Maxim Ultra Grill mengusung spesifikasi material panggangan (grill) dari aluminium dengan lapisan non-stick “Black Diamond Daily”. Kemudian untuk bagian drip pan (base plate) terbuat dari enamel, dengan diameter panggangan 25 cm. Setiap pembelian 1 set Maxim Ultra Grill, Anda akan memperoleh panggangan, base plate, dan pengungkit yang memudahkan Anda.

Baca juga  Harga Bayclin Botol dan Sachet

Cara Penggunaan Maxim Ultra Grill

  1. Tempatkan Maxim Ultra Grill di atas kompor. Isi drip pan dengan ¼ air dan tambahkan kembali jika dibutuhkan selama proses memasak.
  2. Gunakan pengungkit untuk mengangkat panggangan jika perlu menambahkan air pada drip pan.
  3. Gunakan api kecil sampai sedang. Pastikan api tidak menyentuh langsung dasar dari permukaan panggangan.
  4. Oleskan minyak secara merata untuk pemakaian awal.
  5. Drip pan yang dilapisi enamel mengumpulkan lemak dan cairan dari pinggiran panggangan. Penambahan air pada drip pan mengurangi asap dan mengurangi percikan.
  6. Jangan menggunakan metal utensil (alat dari bahan metal) karena bisa menggores permukaan non stick. Anda bisa memakai spatula dari bahan kayu, nylon, atau tahan panas sebagai alternatifnya.
  7. Gunakan spons halus untuk mencuci setelah proses memasak selesai. Biarkan alat masak anti lengket dingin terlebih dahulu sebelum dicuci. Simpan peralatan masak anti lengket dalam posisi digantung dan jangan ditumpuk.
Baca juga  Update Harga Cat Peredam Panas untuk Asbes (All Merk)

Harga Maxim Ultra Grill

Ilustrasi: Grill Pan (credit: wayfair)

Ilustrasi: Grill Pan (credit: wayfair)

Maxim Ultra Grill dijual dengan harga Rp170 ribuan di pasaran. Pemanggang anti lengket dengan diameter 25 cm ini banyak dijual di toko-toko perlengkapan memasak atau peralatan rumah tangga. Namun perlu Anda ingat bahwa harga Maxim Ultra Grill dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Maxim Ultra Grill yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Jika Anda sedang membutuhkan Maxim Ultra Grill, Anda bisa membelinya di toko rumah tangga terdekat. Namun bila kesulitan untuk menemukannya, Anda juga dapat membeli Maxim Ultra Grill secara online di sejumlah situs e-commerce terkemuka di Indonesia.

[1] Wulandari, Z dkk. 2020. Dasar Teknologi Hasil Ternak (hlm 8). Dwi MN, editor. Bogor: IPB Press.

[2] Apriadji, WH. 2007. Health Steak: Steak Sehat Cita Rasa Kafe & Resto (hlm 14). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Spesifikasi, Cara Pakai, & Harga Maxim Ultra Grill"