Harga Masker Safety Anti Debu (Respirator)

No comment373 views

Polusi udara, terutama jika Anda berdomisili di kota padat dan sering terpapar asap kendaraan atau asap pabrik, dapat menimbulkan risiko negatif bagi kesehatan tubuh. Karena itu, ketika Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya mengenakan masker anti debu untuk meminimalkan bahaya yang mengintai. Ada beberapa masker yang dapat Anda pilih, yang dijual dengan mulai ribuan hingga ratusan ribu rupiah per buah.

Wanita memakai masker

Wanita memakai masker

Masker, seperti dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah alat untuk menutup muka, mirip topeng. Selain itu, juga dapat disebut sebagai kain penutup mulut dan hidung (seperti yang dipakai oleh dokter atau perawat di rumah sakit). Ini berbeda dengan masker kecantikan yang merupakan sediaan yang berwujud cairan (atau lunak) yang dioleskan untuk membersihkan dan mengencangkan , terutama .

Alat ini dipakai sebagai pelindung pernapasan kita dari bahaya terhirupnya debu, serpihan, dan material berbahaya lainnya. Karena itu, masker digunakan saat kita berada di area yang udaranya kurang baik untuk pernapasan manusia, seperti ketika kita berada di area yang berasap, termasuk saat di dekat area kebakaran hutan, pembakaran sampah, atau asap knalpot. Masker juga seharusnya digunakan saat kita bekerja dengan semprot atau insektisida.

Sekadar informasi, polusi udara terdiri dari dua macam, yaitu polusi udara luar ruangan (outdoor pollution) dan polusi udara ruangan (indoor pollution). Kematian akibat polusi udara luar ruangan secara global diperkirakan sebanyak 3,7 juta jiwa di tahun 2012 silam. Sebanyak 14% dari kematian tersebut terkait dengan penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) atau penyakit saluran napas bawah, sedangkan 6% berasal dari kanker paru.[1][2][3]

Baca juga  Manfaat dan Info Terbaru Harga Air Mawar Viva

International Agency for Research on Cancer (IARC) telah mengemukakan bahwa polusi udara luar ruangan merupakan salah satu faktor karsinogenesis dengan particulate matter sebagai komponen penyebab utama. Wilayah yang banyak terkena dampak polusi udara luar ruangan adalah Pasifik Barat dan Asia Tenggara, Indonesia termasuk salah satunya.

Umumnya, kita mengenal masker bedah sebagai alat pelindung hidung dan mulut. Ini adalah masker yang memiliki bagian luar berwarna hijau (biasanya). Bagian luar ini punya yang bersifat waterproof yang juga berguna untuk menyaring partikel seperti debu atau bakteri dan virus agar tidak terhisap ketika kita bernapas. Sementara, sisi dalam memiliki permukaan yang lembut dan nyaman digunakan.

Masker safety antidebu (sumber: latimes.com)

Masker safety antidebu (sumber: latimes.com)

Sayangnya, masker bedah atau masker prosedur ini tidak memiliki kemampuan untuk menutupi hidung dan mulut dengan sempurna, lantaran terdapat celah di keempat sisi masker tersebut.[4] Bahkan, masker ini dikatakan tidak termasuk dalam kategori yang tersertifikasi lembaga seperti National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) di AS maupun European Committee for Standardization (CEN) di Eropa.

Baca juga  Update Daftar Harga Penghapus Faber Castell 1 Pack (Segala Tipe)

Karena itu, untuk melindungi diri secara maksimal, alat yang disarankan adalah respirator. Juga dipakai di wajah, alat ini berfungsi mengurangi risiko bahaya partikel di udara, gas, dan uap. Jenis masker yang sering direkomendasikan adalah masker N95 dan masker N99. Masker N95 adalah jenis masker berbentuk setengah bulat dan berwarna putih, yang dilengkapi dengan lapisan penyaring untuk mencegah partikel-partikel kecil berbahaya di udara.

Secara teori, masker N95 (atau KN95 dalam standar China) menyaring lebih baik dibanding masker bedah. Masker jenis N95 merupakan respirator yang dirancang dengan kemampuan filtrasi sampai 95% sehingga mampu menangkal jenis polutan berbahaya. Pada umumnya, masker N95 dibutuhkan pada situasi atau lingkungan yang memiliki risiko tinggi seperti di rumah sakit dan ketika berada di ruangan/lingkungan dengan sirkulasi udara yang buruk.

Untungnya, tidak sulit mendapatkan masker atau respirator ini. Anda bisa membeli alat tersebut di perlengkapan medis, perlengkapan kimia, bahkan situs jual beli online. Harganya bervariasi, tergantung merk dan tipe masker. Agar tidak penasaran, berikut kami sajikan informasi kisaran harga masker safety anti debu di pasaran dalam negeri.

Harga Masker Anti Debu

Pria memakai masker

Pria memakai masker

Merk MaskerHarga
O.Po Sieger Dust Mask SG104SRp4.500
Dust Mask Masker Safety Anti DebuRp9.500
Masker Respirator RC 203 Single Filter Anti DebuRp21.000
Masker Respirator NP 305 Single Filter  Anti DebuRp23.000
Masker Respirator NP 306 Double Filter Anti DebuRp30.000
Masker PM2.5 KN95 3D Anti DebuRp47.000
Xiaomi AirPOP PM2.5 Masker Filter UdaraRp57.200
3M Masker 9001VRp78.000 – Rp108.000
3M Masker Gas Respirator 6200Rp125.500
Dust Mask Masker Shigematsu Anti DebuRp375.000
Baca juga  Harga Pernis Kayu Water Based dan Solvent Based (Semua Merk)

Harga masker safety anti debu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan medis dan situs jual beli online. Harga masker tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing penyedia. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan berkunjung langsung ke toko perlengkapan medis terdekat di kota Anda.

[1] World Health Organization. 2018. Ambient (outdoor) air pollution (Online). //www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ambient-(outdoor)-air-quality-and-health. Diakses 12 Februari 2020.

[2] Myers I, Maynard RL. 2005. Polluted air-outdoors and indoors. Occup Med 55(6): 432-8.

[3] Loomis, Dana, Wei Huang & Guosheng Chen. 2014. The International Agency for Research on Cancer (IARC) evaluation of the carcinogenicity of outdoor air pollution: focus on China. Chin J Cancer 33(4): 189-196.

[4] Faisal, Haruyuki Dewi dan Agus Dwi Susanto. 2017. Peran Masker/Respirator dalam Pencegahan Dampak Kesehatan Paru Akibat Polusi Udara. Jurnal Respirasi Vol. 3(1): 18-25.

loading...
author

Leave a reply "Harga Masker Safety Anti Debu (Respirator)"