Info Manfaat & Update Harga Pinang Merah

Tanaman pinang merah memang sangat menarik untuk ditanam di pekarangan. Tanaman satu ini memiliki pelepah yang berwarna merah. Keunikannya itu pula yang menjadikan pinang merah dijual dengan harga cukup mahal di pasaran.

Pinang Merah (credit : my small kitchen)
Pinang Merah (credit : my small kitchen)

Pohon pinang merah disebut juga palem merah, pinang lipstik, dan palem lipstik. Nama merah berasal dari pelepah daunnya yang berwarna merah menyala. Pinang merah biasanya dijumpai di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.[1]

Bacaan Lainnya

Keistimewaan dari palem merah terletak pada pelepah dan tulang daunnya yang merah menyala. Guna mempertahankan warna merahnya, sebaiknya palem ini ditanam di tempat yang terik. Palem merah atau pinang merah ditetapkan menjadi flora maskot dari Provinsi Jambi.

Sayangnya, keberadaan pinang merah di habitat aslinya terancam, lantaran eksploitasi besar-besaran untuk diperdagangkan sebagai tanaman hias. Palem ini termasuk salah satu dari 14 jenis palem yang dilindungi di Indonesia.

Palem merah tumbuh berumpun dengan ketinggian berkisar 6-14 meter. Diameter batang palem ini ramping dan tidak terlalu besar. Sedangkan daunnya berwarna hijau cemerlang, bersirip, agak melengkung, dan anak daunnya agak kaku.

Palem merah tumbuh di daerah tropis dan tersebar di Indonesia (Sumatra dan Kalimantan), Malaysia, dan Thailand. Perkembangbiakan jenis palem ini bisa dilakukan menggunakan ataupun setek. Palem merah atau pinang merah sering digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah atau dijadikan bonsai. Bagi sebagian masyarakat Jambi, pinang merah dipercaya mempunyai khasiat gaib, yaitu dapat menolak segala bala dan guna-guna apabila ditanam di depan rumah.[2]

Pinang merah termasuk golongan tumbuhan yang mempunyai nilai tinggi. Diperbanyak melalui biji, bijinya berkecambah setelah 2-3 bulan. Selain itu perbanyakan dengan cara pemindahan tunas dari rumpunnya tetapi sering tidak berhasil disebabkan kepekaan akarnya.[3]

Manfaat Pinang Merah

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pinang merah alias palem merah dipercaya secara Fengshui dapat membawa kebahagiaan dan keberuntungan. Selain itu, pinang merah juga diyakini dapat menolak segala bentuk bala dan guna-guna yang ditujukan pada penghuni rumah. Oleh sebab itu, beberapa orang yang percaya dengan hal tersebut biasanya menanam pinang merah di pekarangan depan rumah mereka.

Seperti halnya beberapa tanaman pada umumnya, tanaman pinang merah dinilai ampuh untuk menyerap berbagai zat kimia negatif seperti xylene dan formaldehyde dari karpet atau perabotan di rumah. Oleh sebab itu, pinang merah disebut tak hanya baik diletakkan di luar rumah, tetapi juga baik dijadikan sebagai tanaman dekorasi di dalam ruangan.

Menariknya lagi, tumbuhan satu ini juga bisa berbuah. Buahnya sendiri juga berwarna merah apabila sudah matang, hampir mirip seperti anggur namun berukuran sedikit lebih besar. Buah palem merah mempunyai tempurung yang keras, berserabut, dan rasanya agak pahit. Akan tetapi, cairan pahit dalam buah palem merah ini kabarnya memiliki beragam manfaat, seperti mengatasi masalah pencernaan atau diare hingga mampu menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Agar tidak penasaran, berikut kami rangkum harga pinang merah di pasaran.

Ilustrasi: Pohon Pinang Merah (credit: Wadaya)

Harga Pinang Merah

Jenis Pinang Merah Harga (Rp)
Pinang Merah tinggi 20-30 cm 25.000
Pinang Merah tinggi 30-50 cm 55.000
Pinang Merah tinggi 60 cm 72.700
Benih Pinang Palem Merah 1 ons 91.500
Benih Pinang Palem Merah 1 kg 507.000
Pohon Pinang Merah tinggi 2 meter 600.000
Pohon Pinang Merah tinggi 3 meter 999.000

Informasi harga pinang merah atau palem merah di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga pinang merah dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga pinang merah tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, pinang merah tinggi 20-30 cm yang dibanderol Rp20 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp25 ribu tahun 2022. Selain itu, harga pinang merah yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda tertarik untuk memelihara tanaman pinang merah di rumah, Anda bisa membeli pinang merah di toko-toko tanaman terdekat. Jika sulit menemukannya di toko tanaman, tak ada salahnya juga membeli pinang merah secara online melalui sejumlah marketplace.

[Update: Almas]

[1] Dinihari, K. 2018. Buku Pintar 34 Provinsi di Indonesia. Yogyakarta: Noktah, hlm 24.

[2] Puspita, D. 2019. Ampuhnya Tanaman Hias bagi Kesehatan dan Kecantikan. Ayu W, editor. Yogyakarta: Laksana, hlm 28.

[3] Ludang, Y. 2017. Keragaman Hayati Ruang Terbuka Hijau Berbasis Pengetahuan Ulayat Di Palangka Raya. Tangerang: An1mage, hlm 21.

Pos terkait