Update Harga Vitalong C (Strip dan Botol)

2 comments15895 views

Sekarang, ada banyak varian suplemen vitamin C, mulai yang berbentuk , tablet hisap, hingga berbentuk kapsul. Kandungan vitamin C di dalam produk-produk suplemen tersebut pun bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, salah satu produk suplemen vitamin C yang mungkin sudah sering Anda dengar adalah Vitalong C. Produk besutan PT Bernofarm ini tiap kapsulnya diklaim mengandung vitamin C 500 mg dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Suplemen Vitamin C - www.israel21c.org

Suplemen Vitamin C - www.israel21c.org

Berbeda dari suplemen vitamin C pada umumnya, Vitalong C diklaim sebagai satu-satunya produk suplemen yang mengandung vitamin C 500 mg dengan teknologi Time Release. Teknologi Time Release pada Vitalong C disebut-sebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin C secara optimal di dalam tubuh karena pelepasannya yang terjadi secara berkala dan berdaya kerja selama 12 jam.

Teknologi Time Release yang diusung oleh Vitalong C juga diklaim menjadikan suplemen ini tidak memicu asam di lambung, sehingga relatif aman untuk penderita sakit maag. Di samping itu, Vitalong C juga diklaim bebas gula, sehingga aman untuk para penderita penyakit diabetes.

Vitamin C sendiri mempunyai sifat larut dalam air, sehingga bisa terbuang bersama urine. Karena berbeda dari suplemen vitamin C pada umumnya yang hanya memiliki daya kerja maksimal sekitar 4 jam untuk diserap tubuh, Vitalong C menawarkan daya kerja yang lebih lama, sehingga tidak langsung terbuang melalui urine dan bisa diserap secara optimal oleh tubuh.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Vasektomi

Manfaat yang ditawarkan Vitalong C pun sangat beragam, diklaim dapat membantu memelihara daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit, membuat tubuh segar sepanjang hari, membantu penyerapan zat besi, hingga mencegah sariawan dan defisiensi lainnya. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal zat radikal bebas.[1]

Vitalong C tersedia dalam beberapa pilihan kemasan, yakni kemasan strip isi 4 kapsul dan kemasan botol isi 30 kapsul. Anda bisa memilih sendiri ukuran kemasan mana yang sekiranya paling sesuai dengan dan kebutuhan Anda.

Komposisi Vitalong C

Tiap kapsul mengandung acidum ascorbium (vitamin C) 500 mg dalam bentuk lepas berkala. % AKG = 555,56%.

Indikasi Vitalong C

Suplemen vitamin C untuk sistem imun tubuh, terutama pada saat sakit selesma, infeksi luka; hamil dan laktasi; membantu meningkatkan pembekuan darah, membantu meningkatkan penyerapan zat besi, serta mencegah defisiensi vitamin C. Vitalong C dapat Anda konsumsi satu kapsul setiap hari.

Kapsul Vitalong C (sumber: jovee.id)

Kapsul Vitalong C (sumber: jovee.id)

Apabila Anda ingin membeli suplemen Vitalong C, Anda bisa mencarinya di apotek-apotek terdekat seperti Apotek K24, Apotek Kimia Farma, toko , atau bisa juga membelinya di pusat-pusat perbelanjaan seperti minimarket Indomaret maupun Alfamart. Namun, perlu diketahui bahwa harga Vitalong C di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Berikut informasi terbaru kisaran harga Vitalong C di .

Harga Vitalong C

Kemasan Vitalong CHarga
Vitalong C Strip 4 kapsulRp6.500 – Rp7.000
Vitalong C Botol 30 kapsulRp41.000 – Rp48.232
Baca juga  Update Biaya Operasi Lasik Mata Silinder

Harga Vitalong C di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotek dan situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020, harga Vitalong C tahun ini mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Vitalong C strip 4 kapsul yang semula dibanderol Rp6.389 hingga Rp7.000, naik menjadi Rp6.500 hingga Rp7.000. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi toko obat, apotek, atau minimarket terdekat di kota Anda.

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, intensitas konsumsinya tidak boleh berlebihan. Meskipun memiliki banyak manfaat, vitamin C tidak baik dikonsumsi berlebihan. Konsumsi suplemen vitamin C secara berlebih justru akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. Menurut ahli nutrisi, asupan maksimum vitamin C untuk orang dewasa sejatinya tak boleh melebihi 2.000 mg per hari.

Konsumsi suplemen vitamin C dengan dosis lebih dari 2.000 mg justru akan mengganggu metabolisme tubuh dan memberatkan kinerja ginjal. Kondisi tersebut akan cukup berisiko apabila vitamin C yang Anda konsumsi ternyata berasal dari minuman instan yang mempunyai banyak kandungan gula. Dosis vitamin C yang direkomendasikan biasanya berkisar sebanyak 65 sampai 90 miligram per hari.

Ilustrasi: buah sumber vitamin C alami (unsplash: engin aykurt)

Ilustrasi: buah sumber vitamin C alami (unsplash: engin aykurt)

Efek Samping Overdosis Vitamin C

  • Walaupun sisa vitamin C yang tak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang melalui air seni, proses pembuangan tersebut akan melalui usus dan berpotensi menyebabkan masalah pada perut seperti diare dan muntah-muntah.
  • Pusing dan mual yang disertai kram di perut.
  • Peningkatan kadar vitamin C dalam sistem tubuh bisa menimbulkan penimbunan dan pembentukan batu ginjal.
  • Tubuh terasa lemas dan otot-otot lelah. Namun, meski tubuh lelah, Anda akan mengalami kesulitan tidur. Pasalnya efek samping dari konsumsi vitamin C yang terlalu banyak biasanya adalah insomnia atau sulit tidur.
  • Kulit menjadi kemerahan.
  • Pemberian langsung ke kulit dapat menimbulkan alergi, ruam, dan iritasi kulit.
  • Dapat menyebabkan terjadinya pembentukan spesies oksidatif yang berlebihan dalam darah. Kelebihan 8-oxoadenine dan 8-oxoguanine dalam limfosit darah akhirnya dapat merusak sel-sel darah putih.
  • Tubuh manusia juga akan menunjukkan beberapa masalah fisiologis jika kelebihan vitamin C dalam sistemnya.
Baca juga  Update Harga Suction Pump (Berbagai Merek)

Karena itu, apabila Anda ingin mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dari konsumsi vitamin C dosis tinggi tanpa anjuran dari dokter, sebaiknya Anda mulai mencari alternatif sumber-sumber vitamin C alami yang bisa Anda dapatkan dari sayuran maupun buah-buahan seperti asparagus, bayam, brokoli, kubis, kembang kol, cabai hijau, paprika dan hijau, ubi jalar, alpukat, , blewah, jeruk, jeruk nipis, kiwi, markisa, melon, leci, nanas, jambu, pepaya, semangka, stroberi, dan tomat.

[Update: Almas]

[1] Rosmainar, Lilis, dkk. 2018. Penentuan Kadar Vitamin C Beberapa Jenis Cabai (Capsicum Sp.) dengan Spektrofotometri UV-VIS. Jurnal Kimia Riset Politeknik Meta Industri Cikarang, Vol. 3(1): 1-5.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Luluk1 tahun ago

    Mau tanya apakah vitalong c benar2 aman untuk penderita asam lambung trims

    Reply
    • author

      redaktur1 tahun ago

      begitu menurut klaim dari produsennya 🙂

Leave a reply "Update Harga Vitalong C (Strip dan Botol)"