Update Harga Maltofer Tablet dan Maltofer Sirup di Apotek

Salah satu gejala kekurangan zat besi yakni saat tubuh terasa lemas, tidak bertenaga, hingga kurangnya fokus dan konsentrasi. Dari banyak merek obat yang dapat Anda konsumsi saat terkena anemia yakni Maltofer. Obat yang satu ini dapat dikonsumsi oleh semua usia dengan yang cukup terjangkau di apotek.

Tubuh Terasa Lemas - www.world-today-news.com
Tubuh Terasa Lemas – www.world-today-news.com

Zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin di dalam tubuh. Tanpa zat besi, tubuh tentu tidak mampu membentuk hemoglobin dan menghasilkan sel darah merah. Akibatnya, sel-sel tubuh akan kekurangan suplai oksigen sehingga berisiko mengalami anemia.

Bacaan Lainnya

Makanan yang mengandung sedikit zat besi dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada masa bayi dan anak kecil yang memerlukan lebih banyak zat besi pada tubuh untuk masa pertumbuhannya. Pada pria dan wanita pasca menopause, kekurangan zat besi biasanya menunjukkan adanya perdarahan pada saluran pencernaan. Pada wanita pre-menopause, kekurangan zat besi bisa disebabkan oleh perdarahan menstruasi bulanan.

Apabila kekurangan zat besi berlanjut terus, maka penyediaan zat besi untuk eritropoesis berkurang sehingga menimbulkan keadaan iron deficient erythropoiesis dan iron deficient anemia. Hal tersebut pada akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan dari tingkat ringan hingga berat.[1] Maltofer mengandung zat aktif asam folat dan iron hydroxide polymaltose kompleks, mampu menambah zat besi dan termasuk obat bebas yang terdiri dari sirup dan tablet.

Maltofer kemasan tablet (sumber: carousell.com)

Maltofer Tablet

Tablet Maltofer merupakan obat kunyah dengan rasa coklat yang enak dan tidak amis. Biasanya obat ini digunakan dalam terapi defisiensi fe atau zat besi. Selain digunakan sebagai pengobatan, Anda dapat mengonsumsi Maltofer Fol Chew Tab sebagai pencegahan defisiensi zat besi dan asam folat pada masa sebelum, selama, dan setelah masa kehamilan serta selama masa menyusui.

Komposisi Maltofer Tablet

Setiap tablet kunyah Maltofer Fol Chew Tab mengandung 100 mg zat besi sebagai Kompleks Besi (III)-hidroksi polimaltosa dan 0.35 mg asam folat

Dosis Maltofer Tablet

Ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dulu sebelum mengonsumsi Maltofer tablet tersebut. Dalam kemasan Maltofer tablet disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 1 tablet sehari. Maltofer tablet dapat dikunyah atau ditelan langsung dan harus dikonsumsi selama atau segera setelah makan. Setelah digunakan, Anda harus menyimpan obat di tempat sejuk dan kering agar terhindar dari sinar matahari langsung.

Maltofer Tablet

Maltofer tablet ternyata dapat menyebabkan sejumlah yang mungkin terjadi pada tubuh Anda, seperti iritasi GI dan feses berwarna kehitaman atau gelap. Gunakan obat ini sesuai dengan resep dokter atau yang tertera pada label kemasan. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi obat berupa tablet, Maltofer juga tersedia dalam bentuk sirup. Maltofer sirup dapat diberikan sebagai vitamin tambahan bagi anak-anak.

Maltofer Tablet

Maltofer Tablet Kunyah (sumber: ruliretno.com)
Jenis Maltofer Harga (Rp)
Maltofer Chewable Tablet per strip 22.541
Maltofer Fol Chew Tablet 24.105
Maltofer Tablet 1 dus 137.000

Maltofer tablet bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh, pada 2020, obat Maltofer Fol Chewable tablet dijual mulai harga Rp23.691 per strip, sedikit turun menjadi Rp22.293 per strip tahun 2021, tetapi sedikit naik menjadi Rp22.541 per strip tahun 2022.

Kebanyakan anak kurang menyukai mengonsumsi obat dalam bentuk tablet. Untuk itu, tersedia pilihan lain yakni sirup. Berikut ulasan lengkapnya.

Maltofer Sirup

Maltofer sirup merupakan vitamin dengan kandungan zat besi yang dikemas dalam sediaan drop dan diindikasikan untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada anak-anak. Sama halnya dengan Maltofer tablet, Maltofer sirup juga dapat digunakan sebagai pencegahan defisiensi zat besi (Fe) karena penyebab apapun, khususnya anemia.

Komposisi Maltofer Sirup

Setiap 20 tetes Fe (III) hydroxide polymaltose complex setara dengan elemental Fe 50mg.

Dosis Maltofer Sirup

Untuk anak usia 1-2 tahun jumlah konsumsi Maltofer sirup yang disarankan sebanyak 5-10 ml per hari. Obat ini dapat diberikan pada anak Anda sesudah makan. Obat tetes dan sirup dapat dicampur dengan jus buah dan sayuran.

Ilustrasi: sirup obat (sumber: popmama.com)

Maltofer Sirup

Sampai saat ini, belum terdapat kasus adanya dari obat Maltofer sirup. Untuk itu, selama mengonsumsinya tetap perhatikan saran dokter dan petunjuk pada label kemasan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Obat Maltofer tablet dan sirup dijual dengan berbeda di toko obat.

Maltofer Sirup

Jenis Maltofer Harga (Rp)
Maltofer Drop 30ml Syrup (Polymaltose Complex) per botol 87.177
1 Karton isi 24 Botol Maltofer Sirup 2.092.248

Maltofer sirup bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh, 2020 lalu, harga Maltofer sirup dibanderol mulai Rp79.017 per botol, turun menjadi Rp78.374 tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp87.177 tahun 2022.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga beberapa obat Maltofer dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan penjual. Anda dapat membeli sirup maupun tablet Maltofer di apotik terdekat seperti Apotek K24 atau Kimia Farma. Sejumlah marketplace juga menawarkan obat tersebut dengan harga bersaing, sehingga Anda dapat memesannya secara online.

[Update: Almas]

[1] Nurbadriyah, Wiwit Dwi. 2019. Anemia Defisiensi Besi. Yogyakarta: Deepublish. Hlm 21.

Pos terkait