Info Terupdate Harga Madu Klanceng per Botol di Pasaran

Nama madu klanceng, yang dihasilkan oleh lebah klanceng (Trigona Spp), mungkin masih terdengar awam bagi Anda. Padahal, meski tidak memiliki rasa yang begitu manis, madu ini diklaim punya beribu manfaat untuk kesehatan. Di pasaran sendiri, sudah banyak penjual yang menawarkan madu ini dengan harga berkisar Rp70 ribuan sampai ratusan ribu rupiah.

Sebelum membahas mengenai madu klanceng, kita kulik sedikit mengenai penghasil madu ini. Lebah klanceng atau Apis Trigona sebenarnya merupakan jenis lebah madu yang paling banyak dipelihara secara tradisional oleh masyarakat pedesaan sekitar kawasan hutan di Indonesia. Secara umum, lebah ini tidak memiliki sengat dan tidak ganas, dengan ukuran yang sangat kecil dan berfungsi sebagai penyerbuk bunga-bunga kecil. Dalam Bahasa Jawa, Apis Trigona sering disebut sebagai malam klanceng atau lonceng, teuweul dalam Bahasa Sunda, atau gala-gala (lilin lebah).

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Lebah Penghasil Madu Klanceng (credit: mongabay)
Ilustrasi: Lebah Penghasil Madu Klanceng (credit: mongabay)

Secara alami, serangga Trigona Spp membuat sarang di lubang-lubang pohon, celah-celah dinding, dan lubang bambu di dalam rumah yang agak gelap. Untuk keamanan, tempat keluar masuk berbentuk lubang kecil sepanjang 1 cm yang diselimuti zat perekat. Sarang tersusun atas beberapa bagian untuk menyimpan madu, tepung sari, tempat bertelur, dan tempat larva. Di bagian tengah, ada karangan bola berisi telur, tempayak, dan kepompong. Sementara, di bagian sudut, ada bola-bola kehitaman sebagai penyimpan madu dan tepung sari.

Umumnya, lebah madu ini dipelihara secara tradisional dengan gelodok yang pembuatannya meniru rumah-rumah lebah yang ada di rongga-rongga pohon besar atau gua yang terlindungi dari terik matahari dan hujan. Rumah tiruan dibuat dari kelapa (bagian pucuk), kayu randu (kapuk), kayu pucung, atau batang pohon lain yang memiliki kayu cukup lunak.

Baca juga  Info Terbaru Harga Whiskas di Alfamart dan Indomaret

Lebah klanceng bisa hidup di daerah yang memiliki di bawah 32 derajat Celsius. Umumnya, binatang ini mampu hidup baik pada wilayah yang memiliki suhu sekitar 18 derajat sampai 24 derajat Celsius, dengan kelembapan 60 persen sampai 70 persen. Lebah klanceng sendiri merupakan lebah yang hidup secara koloni. Koloni, seperti disampaikan di atas, dibuat pada -batang pohon, ruas bambu, lubang di tanah, atau tempat lain.

Selain madu, lebah klanceng ternyata juga menghasilkan lilin dengan produksi yang sangat kecil. Jika madu digunakan untuk konsumsi atau mengobati sariawan, maka lilin produksi lebah klanceng biasanya digunakan untuk membatik. Lebah pekerja memiliki warna hitam, berkepala besar, dan berahang tajam untuk menggigit musuh yang mengganggu. Sementara, lebah ratu berukuran lebih besar, 3-4 kali dari lebah pekerja, dengan sayap pendek.

Pemanenan madu klanceng dapat dilakukan setelah terbentuk bulir madu yang menempel di dinding sarang. Caranya dengan menyisir atau mengerik dinding sarang dengan hati-hati dan dikumpulkan pada penampung. Sementara, untuk memisahkan kotoran, dapat dilakukan dengan cara penyaringan menggunakan kain kasa yang halus.

Layaknya madu pada umumnya, madu produksi lebah klanceng juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat madu dari lebah klanceng yang kami himpun dari beragam sumber.

Madu Klanceng - www.tokopedia.com
Madu Klanceng – www.tokopedia.com

Manfaat Madu Klanceng

Madu klanceng diklaim mengandung protein, asam amino, vitamin, mineral, dan flavonoid. Semua kandungan gizi ini menjadikan propolis (tempat menyimpan madu) sebagai suplemen terbaik. Kandungan asam amino, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan biotin yang tinggi dikatakan sebagai unsur esensial dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga  Info Terbaru Harga Menu Cream Soup dan Puding di KFC

Propolis madu klanceng disebutkan mengandung albumin, kalsium, magnesium, potasium, dan fosfor sebagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Semua zat gizi tersebut menjadikan propolis bisa sebagai suplemen yang mencukupi tanpa perlu tambahan suplemen lain.

Madu klanceng juga dikatakan mengandung enzim-enzim seperti diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, dan lipase, serta mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium, dan zinc. Dengan kombinasi vitamin, mineral, dan enzim-enzim tersebut, madu klanceng sering digunakan untuk mengatasi beragam penyakit dan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Madu ini secara rinci sering digunakan untuk mencegah stroke, memperlancar peredaran darah, meningkatkan hormon, memperkuat fungsi otak dan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, recovery tubuh, mengendurkan bagian saraf yang tegang, menghilangkan rasa letih, meningkatkan kecerdasan pada anak, dapat dikonsumsi penderita diabetes, membantu masa penyembuhan setelah operasi, mencegah kanker, dan baik untuk orang dewasa maupun lanjut usia.

Meski budidaya lebah klanceng masih relatif kecil, namun tidak sulit menemukan madu klanceng di pasaran. Tetapi, karena jumlahnya masih terbatas, harga madu klanceng di pasaran memang relatif lebih mahal jika dibandingkan madu pada umumnya. Anda bisa membeli madu ini di toko-toko obat maupun situs jual beli online. Berikut daftar harga madu klanceng tahun 2020 dan 2021 di pasaran.

Madu Klanceng per Botol - www.olx.co.id
Madu Klanceng per Botol – www.olx.co.id

Harga Madu Klanceng

Varian Madu Klanceng Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Madu Klanceng CV Toga Nusantara 70.000 84.975
Madu Klanceng Sallimna 130 ml 85.000
Raw Honey Madu Klanceng 250 ml 80.000 150.000
Madu Klanceng Hitam QHI 350 gr 98.000 90.000
Madu Klanceng asli Prigen 850 gr 105.000 105.600
Madu Klanceng Murni Kelulut Trigona untuk Diabetes 150 ml 120.000 95.000
Madu Klanceng Kele asli Bali 100 ml 135.000 125.000
Madu Klanceng Mr. Suparman S.P 150 ml 140.000 140.000
Madu Klanceng Mauni 1000 gr 158.000 225.000
Madu Klanceng CV Nutrima Sahatalami 500 gr 160.000 156.000
Madu Klanceng AQC 600 ml 165.000 175.000
Madu Klanceng Trigona Terminata 500 ml 250.000 200.000
Madu Klanceng Klabee 210 gram 265.000 265.000
Madu Klanceng UD Rizky Barokah 1 liter 375.000 375.000
Madu Klanceng Saheela 500 gram 385.000
Madu Klanceng Darul Madu 1000 gr 440.000 425.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Bawang Bombay per Kg di Pasaran

Jika dibandingkan tahun 2019, terjadi perubahan harga pada sejumlah varian madu klanceng di pasaran. Seperti madu klanceng produksi QHI, sebelumnya produk ini dijual seharga Rp90 ribuan, pada 2020 naik menjadi Rp98 ribu per 350 gr. Sementara itu, untuk produk lainnya tidak mengalami kenaikan harga secara signifikan pada 2020. Kemudian, pada 2021 juga banyak produk madu klanceng yang mengalami perubahan dari tahun lalu.

Sebagai panduan, madu klanceng yang asli bisa diidentifikasi dari beberapa hal. Bau madu klanceng asli sangat kecut dan menyengat. Selain itu, produk yang asli juga memiliki rasa agak-agak kecut bercampur manis, punya warna agak kecokelatan atau kehitaman dan keruh, memiliki karakteristik lebih encer dibandingkan madu biasa karena punya banyak kandungan mineral, serta mudah meletup ketika tutup botol dibuka setelah sebelumnya dikocok-kocok terlebih dahulu.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.