Harga Panasonic Lumix G85 (Baru dan Bekas)

Selain kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex), sekarang semakin banyak orang yang menggunakan kamera mirrorless untuk mengabadikan momen-momen keren atau membuat video. Nah, apabila Anda termasuk seorang profesional dalam bidang video maupun fotografi, mungkin Lumix G85 buatan Panasonic bisa menjadi alternatif yang menarik meskipun harganya memang bisa dikatakan sedikit mahal.

Ilustrasi: Seorang Anak Memegang Kamera Mirrorless (credit: ourglobetrotters)
Ilustrasi: Seorang Anak Memegang Kamera Mirrorless (credit: ourglobetrotters)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kamera DSLR. Ini adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder. Sebelum hadir dalam model seperti sekarang, produsen kamera kelas atas seperti Nikon dan Canon tidak langsung membuat kamera DSLR, melainkan kamera DSLR dengan bentuk yang memiliki lensa mount, sama dengan lensa mount pada kamera film.[1]

Bacaan Lainnya

Lalu, bagaimana dengan kamera mirrorless? Secara garis besar, kamera mirrorless dapat dikatakan sebagai kamera DSLR dengan penghilangan bagian pemantul cahaya. Dengan tidak adanya mirrorbox yang berguna untuk membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis ini, ukuran kamera tersebut memang bisa didesain lebih mini dibandingkan model DSLR, tetapi tetap mempertahankan kualitas tangkapan gambar dan lensa yang dapat diganti-ganti.

Pada awal perkenalan kamera mirrorless sekitar tahun 2010 silam, masih banyak yang meremehkan kamera ini karena kinerjanya yang diklaim lambat dibandingkan dengan DSLR. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa model ini tidak akan bisa menggantikan DSLR. Namun, pada pertengahan tahun 2012, popularitas kamera ini mulai naik dan akhirnya meramaikan persaingan pasar kamera pada akhir 2012.[2]

Ilustrasi: Kamera Panasonic Lumix G85 (credit: dpreview)
Ilustrasi: Kamera Panasonic Lumix G85 (credit: dpreview)

Review Lumix G85

Di pasaran, sudah banyak produsen elektronik yang merilis kamera mirrorless, salah satunya Panasonic. Jika Anda menelusuri situs resmi yang berbasis di Osaka, Jepang ini, ada banyak pilihan kamera mirrorless yang telah disediakan. Nah, apabila Anda termasuk videomaker atau fotografer dengan level profesional, mungkin Lumix G85 cocok untuk Anda.

Memiliki nama resmi Panasonic Lumix DMC-G85, dilansir dari situs resminya, kamera ini dikemas dalam I.S. 2 Ganda 5 Sumbu dan 4K, yang cocok untuk pemotretan lapangan karena tahan terhadap percikan atau debu, sehingga memungkinkan Anda untuk menangkap momen sempurna dengan kualitas gambar yang sangat indah untuk penggunaan luar ruangan.

Lumix G85 mengintegrasikan 5-Axis Dual I.S 2 (penstabil gambar), memadukan stabilisasi bodi dan lensa untuk mendapatkan koreksi goyangan tangan yang lebih kuat dan mengimbangi bidikan pengguna hingga 5 F-Stops. Jika Anda belum paham, stabilisasi 5-Axis berfungsi dalam fotografi sudut lebar dan telefoto serta perekaman gambar bergerak, termasuk video 4K.

Dikutip dari Plazakamera, melengkapi atribut gambar, perangkat itu juga menggabungkan viewfinder elektronik berukuran 2.36m- serta layar sentuh 3 inch 1.04m-dot LCD, yang memiliki desain sudut bebas agar lebih memungkinkan bekerja dari sudut tinggi dan rendah. Built-in Wi-Fi juga terintegrasi ke dalam desain, yang memudahkan sharing gambar nirkabel dan kontrol kamera jarak jauh dari smartphone atau tablet terkait. Selain itu, bodi dirancang tahan cuaca untuk mencegah debu dan kelembapan jika Anda kebetulan bekerja dalam kondisi cuaca buruk.

Ilustrasi: Seseorang Memegang Kamera Panasonic Lumix G85 (credit: Cnet)
Ilustrasi: Seseorang Memegang Kamera Panasonic Lumix G85 (credit: Cnet)

dan Fitur Utama Lumix G85

Jenis Kamera Digital Single Lens Mirrorless
Media Perekam SD, SDHC, SDXC
Ukuran Sensor Gambar 17,3 x 13 mm (dalam rasio aspek 4:3)
Dudukan Lensa Dudukan empat pertiga mikro
Jenis Sensor Gambar Sensor Live MOS
Total Piksel 16,84 MP
Piksel Efektif Kamera 16 MP
Filter Warna Filter Warna Utama
Format Gambar JPEG, RAW, MPO
Format Gambar Bergerak AVCHD, MP4
Layar 3” 1.04m-Dot Swivel LCD touch
Lensa 14-42mm f/3.5-5.6 II MEGA OIS
Fitur 2.36m-Dot Electronic Viewfinder, UHD 4K Video Recording, Built-in Wi-Fi, 5-Axis Image Stabilization, ISO 25600 & 1p fps Shooting AF-S

Lumix G85

Nah, apabila Anda tertarik memiliki kamera mirrorless Lumix G85 buatan Panasonic ini, tidak sudah mendapatkannya. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko kamera digital, toko peralatan elektronik, maupun lewat situs jual beli online. Salah satu toko menawarkan Lumix G85 dengan harga Rp11.999.000, lengkap dengan lensa. Sementara, jika membeli Lumix G85 Body Only, harganya di situs e-commerce mulai Rp7.999.000 hingga Rp8.499.000.

Namun, jika anggaran Anda kebetulan tidak mencukupi untuk membeli produk baru, tidak perlu galau terlebih dahulu. Pasalnya, Anda masih bisa mendapatkan Lumix G85 dalam kondisi bekas. Di pasaran dalam negeri, harga Lumix G85 second sekarang berada di kisaran Rp5,9 jutaan. Namun, harga tersebut bisa saja berbeda di masing-masing penjual, tergantung kondisi barang.

[1] Hartono, Hendrie. 2011. Kinerja Kamera Digital Refleks Lensa Tunggal dengan Sistem Four Thirds. Humaniora, Vol. 2(1): 795-802.

[2] Dzicry, Sulthani. 2017. Fenomena Penggunaan Kamera Mirrorless di Kalangan Mahasiswa FISIP UNPAS Bandung (). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *