Info Harga Longan Kaleng Semua Merek

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah tak asing dengan buah yang dikemas dalam kaleng seperti longan atau kelengkeng. Bahan satu ini kerap diburu untuk membuat aneka kudapan seperti es buah, puding, atau aneka dessert. Harga longan kaleng berkisar mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: Puding Longan (credit: cherienoms)
Ilustrasi: Puding Longan (credit: cherienoms)

Lengkeng (Euphoria longan) atau yang kini dikenal dengan Dimocarpus longan Lour mempunyai banyak nama sinonim. Tanaman ini diduga berasal dari Myanmar, kemudian menyebar ke Selatan, Taiwan, dan Thailand Utara. Namun, jenis-jenis liar banyak ditemukan di Kalimantan Timur dengan nama buku, ihaw, medaru, kakus, atau mata kucing (Euphoria malesianus). Di Indonesia, lengkeng terdapat di sekitar Temanggung dan Magelang.[1]

Bacaan Lainnya

Buah kelengkeng (Dimocarpus longan L) adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C. Kelengkeng merupakan buah yang berbentuk bulat dan memiliki warna kekuningan dan disertai bintik-bintik hitam di kulitnya yang mengandung vitamin C sebesar 84 mg/100 g.

Baca juga  Info Terbaru Harga Paket Cream Pemutih Wajah Glow Glowing

Buah kelengkeng (Dimocarpus longanL) cepat mengalami kerusakan pada suhu rendah (4°C) karena terjadi malformasi kulitbuah, kulit yang semula kering menjadi menyerap air lalu mengalami pembengkakan danpada akhirnya terdisintegrasi. Selain dimakan dalam bentuksegar, kelengkeng juga dapat dijadikan sebagai produk olahan. Namun dalam prosesproduksi kelengkeng dapat mengalami kerusakan fisik dan mudah busuk, sehingga untukmenjaga kesegaran buah dapat dilakukan dengan teknik pengawetan, antara lain dibuatdalam bentuk kaleng.

Namun, kadar vitamin C pada daging buah kelengkeng kaleng lebih kecil dari pada daging buah kelengkeng segar. Hal ini karena vitamin C bersifat mudah larut dalam air dan mudah teroksidasi oleh luar. Vitamin C termasuk vitamin yang sangat mudah teroksidasi dan faktor yang menyebabkan vitamin C atau asam askorbat mudah teroksidasi adalah panas, cahaya, pH, maupun udara sekitarnya.

Pada kelengkeng kaleng terjadi beberapa proses pengolahan yang membuat kadar vitamin C menurun. Proses pengolahan kaleng misalnya preparasi yang melibatkan pencucian, pengupasan, sortasi, blanching, pengisian, penjagaan head space di dalam kaleng dengan penutupan vakum, sterilisasi, pendinginan, dan penyimpanan.[2]

Ilustrasi: Longan Kaleng (credit: gigazine.net)
Ilustrasi: Longan Kaleng (credit: gigazine.net)

Daftar Harga Longan Kaleng

Merek Longan Kalengan Harga (Rp)
Harvest Delight Longans 567 gr 24.500
Longan Kaleng Hosen 24.700
Longan Lengkeng Kaleng Mei Kui Hwa 25.300
Angel Brand Longan in 565 gram 26.800
Hoki Longan 27.000
Longan Penguin 27.500
Mamata King Longan 30.900
Longan Bala Brand 565 g 31.000
Naraya Longan in 565 gr 31.000
TTS Longans in 567 gram 34.500
Wilmond Longan in Heavy Canned 37.000
Malee Longan Lengkeng 37.000
Frutaneira buah kelengkeng dalam 567g 38.000
Pigeon Buah Kelengkeng dalam Larutan 565 gr 38.000
Cap Burung Peace Lengkeng Longan dalam 565 gr 40.700
Longan Lamthong Buah Lengkeng 565 gr 41.500
Lily Flower Buah Kelengkeng Longan Raja dalam Kental 565 gr 42.000
Royal Elephant Lengkeng dalam sirup 565 gram 42.900
Erawan Longan buah kelengkeng utuh dalam sirup 565 gram 43.700
Mili buah kelengkeng dalam larutan gula 565 gr 49.000
Global Brand Buah Lengkeng dalam Sirup Kental 565 gr 54.500
Longan kaleng Harvest per karton isi 12 pcs @565gr 285.000
Baca juga  Update Harga Kornet PRONAS (Indomaret, Alfamart, Superindo)

Informasi harga longan kaleng di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk supermarket dan situs jual-beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga longan atau kelengkeng kalengan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga longan kaleng yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.Apabila Anda sedang mencari longan kaleng, Anda bisa membelinya di toko, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, hingga di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kota Anda.

Meskipun longan atau kelengkeng kaleng terasa nikmat dan praktis, sebaiknya konsumsi makanan kalengan semacam itu tidak dalam jumlah besar. Pasalnya, kandungan gula dalam longan kaleng biasanya cukup tinggi dan zat-zat baik di dalam buah tersebut kemungkinan sudah banyak berkurang.

[1]Sunarjono, H. 2008. Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 32.

[2]Kurniawati, E dkk. 2019. Analisis Kadar Vitamin C Pada Daging Buah Kelengkeng (Dimocarpuslongan L) Segar dan Daging Buah Kelengkeng Kaleng Dengan MetodeSpektrofotometri UV-Vis. J-HESTECH. 2(2): 119-126.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.