Harga Lisensi Windows 10 (Home, Pro, Education)

Anda pasti sudah sangat familiar dengan Windows 10. Ini adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 silam. komputer atau laptop disarankan untuk menggunakan Windows 10 yang original. Nah, untuk mengaktifkan Windows 10 secara legal, diperlukan sebuah lisensi yang dapat Anda beli dengan harga berkisar puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: Windows 10 Original (credit: pcworld)
Ilustrasi: Windows 10 Original (credit: pcworld)

Perangkat seperti komputer, laptop, dan bahkan ponsel cerdas memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya sistem operasi. Sistem operasi sendiri adalah perangkat lunak yang berfungsi mengelola penggunaan perangkat keras dan menyediakan antarmuka serta layanan bagi maupun program aplikasi, yang tentu saja berkaitan erat dengan pengoperasian gadget.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu sistem operasi yang saat ini paling banyak digunakan konsumen adalah Windows buatan Microsoft. Sistem operasi ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0, pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar Microsoft Windows, kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90 persen.

Seiring waktu, Windows hadir dalam berbagai versi, dan varian paling mutakhir adalah Windows 10 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 silam. Sejak kali pertama dirilis, Windows 10 langsung digandrungi banyak orang karena menghadirkan program teranyar dibanding seri Windows sebelumnya. Dibandingkan seri sebelumnya, sistem operasi ini dikatakan memiliki lebih banyak kelebihan.

Kelebihan Windows 10

Salah satu fitur andalan Windows 10 adalah OneDrive yang memungkinkan program sinkronisasi data dengan cloud. Pengaturan Windows 10 ini terus tersinkronisasi antar-perangkat. Kelebihan fitur Windows 10 yang satu ini adalah konsep always sync yang sangat memudahkan untuk diakses pengguna.

Ilustrasi: Kelebihan Windows 10 (credit: digitaltrends)

Pada pembaruan versi Redtone 5, ada beberapa fitur yang diluncurkan, di antaranya seperti keyboard SwiftKey untuk touchscreen serta tool screenshot yang lebih berkualitas. Tidak hanya itu, ada juga fitur lain merangkap pembaruan browser Edge dan Windows Mixed Reality, serta hadirnya aplikasi agar perangkat Android dan Windows 10 bisa melakukan cross communications.

Windows 10 diklaim sangat cocok digunakan mereka yang suka bermain game di laptop atau komputer PC. Pasalnya, sistem operasi ini sudah didukung dengan DirectX 12 yang sudah powerful dan teroptimasi untuk hardware laptop saat ini. Selain itu, Microsoft juga menambahkan pengaturan Game Mode yang berfungsi meningkatkan performa ketika bermain game.

Kelebihan lainnya adalah sistem keamanan yang lebih canggih. Hal ini karena adanya fitur Windows Hello, yang menyuguhkan fingerprint atau retina scanner untuk mengamankan privasi penggunanya. Ditambah lagi, Windows 10 bisa dibuka menggunakan fingerprint smartphone Samsung. Sistem keamanan lainnya yang tidak kalah hebatnya adalah Windows Defender, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan dan malware yang mungkin menyerang.

Dikutip dari situs resmi Microsoft berbahasa Indonesia, saat ini tersedia dua Windows 10, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Pro. Untuk Windows Home 10 Home, di website resminya sekarang ditawarkan dengan harga Rp2.999.999, sedangkan harga Windows 10 Pro saat ini Rp4.299.999. Jika Anda membeli di toko komputer atau lapak dagang online, mungkin harganya bisa sedikit berbeda.

Meski telah memiliki Windows 10, konsumen ternyata tidak dapat langsung mengaktifkan sistem operasi ini. Tergantung pada cara konsumen mendapatkan salinan Windows 10, mereka akan memerlukan lisensi digital atau kunci produk 25 karakter untuk mengaktifkan sistem operasi tersebut. Tanpa kunci produk, tidak akan dapat mengaktifkan perangkat mereka. Berikut kisaran harga lisensi Windows 10 original di pasaran.

Ilustrasi: Harga Lisensi Windows 10 (credit: instalki)

Harga Lisensi Windows 10

Varian Lisensi Windows 10 Harga
Lisensi Windows 10 Home Original Rp18.000
Lisensi Windows 10 Pro Original Rp30.000
Lisensi Windows 10 Home Original + Office 365 Rp35.000
Lisensi Windows 10 Pro Original + Office 2016 Rp45.000
Lisensi Windows 10 Pro Original + DVD Box Install Rp50.000
Lisensi Windows 10 Pro Original + Office 2019 Rp50.000
Lisensi Windows 10 Pro Original + Office 365 Rp50.000
Lisensi Windows 10 Education Original Rp50.000

Harga lisensi Windows 10 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko piranti komputer dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga lisensi Windows 10 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Sulistyowati, Daning Nur, Imam Budiawan, Dwi Arum Ningtyas. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sistem Operasi Windows pada Desktop dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, Vol. 3(2): 175-180.

Pos terkait