Update Harga Lis Plafon PVC (per Batang dan per Meter)

Meski material gypsum tengah menjadi primadona, tetapi lis plafon dari PVC tetap diincar banyak konsumen, salah satunya karena punya harga yang relatif terjangkau. Selain itu, lis plafon dari material PVC pun sudah hadir dalam beragam bentuk, mulai siku, external, bahkan dengan nuansa wood. Tidak sulit mendapatkan list plafon PVC ini, karena Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan, bahkan situs jual beli dalam negeri.

Lis plafon PVC (sumber: courtina.id)
Lis plafon PVC (sumber: courtina.id)

Lis, atau list, adalah sebuah penghubung antara permukaan plafon dan dinding yang saling menempel. Tanpa kehadiran list plafon, area plafon tidak hanya terlihat semrawut, tetapi juga akan lebih mudah retak dan runtuh. Selain itu, lis akan membuat tampilan plafon dan keseluruhan rumah Anda lebih bergaya.

Bacaan Lainnya

Jenis Lis Plafon

  • Lis plafon siku-siku, ini adalah model yang cocok digunakan untuk interior bergaya klasik dan tidak terlalu luas. Pasalnya, karena ruangan berukuran mini, tidak mungkin Anda akan memakai lis plafon memanjang dengan ukiran besar. Ukuran lis plafon siku-siku cukup besar, sehingga ukiran (jika ada) akan terlihat dengan jelas.
  • Lis plafon minimalis, seperti namanya, lebih pas diterapkan pada ruangan dengan gaya minimalis. Lis plafon minimalis ini tidak memiliki banyak lekukan dan juga umumnya berwarna monokrom. Biasanya, yang dipakai adalah model berbentuk segitiga atau pola garis-garis memanjang.
  • Lis plafon kayu, bisa Anda aplikasikan pada ruangan dengan nuansa vintage. Warna kayu yang kontras dengan dinding akan membuat suasana klasik menjadi lebih tegas. Selain itu, kayu juga akan memberikan aura kehangatan pada interior Anda.
  • Lis plafon kayu sebagian, sangat pas digunakan untuk ruangan dengan gaya natural-modern. Anda bisa memakai lis plafon dari kayu berukuran besar, tanpa ukiran atau pola apa pun pada satu sisi saja, sehingga ruangan ini tetap bisa terlihat natural.

Kelebihan Bahan PVC

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat lis plafon, dan salah satu yang jamak ditemui adalah PVC. Singkatan dari polivinil klorida, ini adalah material yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari, baik di rumah atau kantor, karena kerap dipakai untuk membuat konstruksi, furniture atau perabotan, bahkan hingga mainan.

PVC adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan , perpipaan, atap, dan instalasi kabel listrik. Karena 57% massanya adalah klor, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya.[1]

Material ini secara umum mempunyai sifat keras dan kaku. Kekuatan untuk berbenturan cukup baik, mudah terdegradasi akibat panas dan cahaya, mudah disintesis, bentuknya serbuk putih sehingga mudah diolah, mudah larut dalam suhu kamar, serta tidak mudah terbakar. Dengan segala kelebihannya tersebut, tidak heran jika kemudian PVC menjadi bahan yang .[2]

Namun, untuk memperoleh bahan PVC seperti yang diharapkan (sebab penggunaan bahan ini berbeda-beda sesuai dengan derajat polimerisasinya, serta sifat yang mudah terdegradasi akibat panas dan cahaya), perlu diberikan bahan aditif agar sifat-sifat fisika maupun kimia bahan mengalami perubahan (modifikasi). Zat aditif yang sering ditambahkan antara lain warna dan pigmen, filler, dan penguat, yang tentunya disesuaikan dengan tujuan atau kebutuhan.

Layaknya material lain, PVC juga tidak lepas dari kekurangan. Bahan ini tergolong paling sulit didaur ulang sehingga tidak ramah terhadap lingkungan, seperti halnya plastik. Selain itu, untuk kepentingan konstruksi, pemasangan material dengan bahan baku PVC membutuhkan penanganan khusus agar hasil akhirnya rapi dan tidak mengganggu.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan lis plafon berbahan PVC, seperti diutarakan di atas, tidak sulit mendapatkan material ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan. Bahkan, Anda juga menemukan bahan ini di berbagai situs jual beli online. Berikut kami sajikan kisaran harga lis plafon PVC di pasaran dalam negeri.

Lis plafon PVC (sumber: courtina.id)
Lis plafon PVC (sumber: courtina.id)

Harga Lis Plafon PVC

Varian Lis Plafon PVC Harga
Lis Plafon PVC Esbeen 4 m Rp12.900 per meter
List PVC Golden Plafon 4 m Rp14.000 per meter
Lis Plafon PVC BringHome 4 m Rp14.000 per meter
Lis PVC Shunda Plafon 4 m Rp20.500 per meter
Lis PVC Motif Pigura 4 m Rp25.000 per meter
Lis PVC Pelangi Plafon 4 m Rp50.000 per meter
Lis Plafon PVC Monokrom 4 m Rp16.500 per batang
Lis Plafon PVC Motif Hologram 4 m Rp16.500 per batang
Lis PVC Pigura 4 m Rp53.750 per batang
Lis PVC Shunda Plafon Minimalis 4 m Rp54.000 per batang
Lis PVC Motif Pigura 10 cm Rp62.000 per batang
Lis PVC Siku Anda Plafon 4 m Rp68.000 per batang
Lis PVC NUSAHOME Plafon 4 m Rp75.500 per batang
Lis PVC Anda Plafon Besar Rp80.000 per batang

Harga lis plafon dari bahan PVC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, ada beberapa varian lis plafon PVC yang mengalami kenaikan harga. Lis plafon PVC motif 4 meter misalnya, semula dijual Rp13.500 dan sekarang menjadi Rp16.500 per batang.

[1]  Cowd, M.A. 1991. Kimia Polimer. Bandung: Penerbit ITB.

[2]  Billmeyer, F.W. 1984. Text Book of Polymer Science 3rd Edition. : John Wiley & Sons, Inc.

Pos terkait