Info Terbaru Harga Lili Paris & Cara Memperbanyak Tanaman

Jenis tanaman yang cocok ditanam menghias rumah sebenarnya ada beragam. Tak melulu didominasi tanaman-tanaman mahal seperti aglaonema atau janda bolong, tanaman yang harga banderolnya murah seperti lili paris pun tidak kalah cantik. Terlebih tanaman ini dipercaya memiliki beragam manfaat atau kegunaan.

Lili paris (sumber: suara.com)
Lili paris (sumber: suara.com)

Lili paris terkenal dari kecantikan dan daunnya yang sangat cantik. Ketika usianya sudah dewasa, tunasnya bisa tumbuh hingga memanjang dan memunculkan tunas akar baru. Lili sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung menambah kesejukan berada rumah. Tanaman lili sangat mudah beradaptasi sehingga perawatannya pun mudah. Anda bisa menaruh potnya di berbagai tempat, baik di dalam ruangan atau di luar.[1]

Bacaan Lainnya

Manfaat Lili Paris

Meski tampak seperti dedaunan biasa, nyatanya tanaman satu ini disebut memiliki beragam manfaat. Lili paris kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias gantung karena daunnya yang tumbuh menjuntai dan terlihat begitu indah saat sudah tumbuh dengan subur. Selain sebagai tanaman gantung, lili paris pun dapat digunakan sebagai tanaman penutup tanah alias groundcover.

Baca juga  Update Daftar Lengkap Produk Tabungan dari Bank Danamon

Tak cukup sampai di situ, tanaman lili paris juga berperan dalam kesehatan lingkungan. Kabarnya, lili paris dapat melenyapkan senyawa berbahaya yang tersebar bebas di udara seperti formaldehyde. Senyawa tersebut biasanya menempel pada benda-benda yang dibawa dari luar rumah dan juga pada pakaian.

Tanaman lili paris disebut-sebut bisa melenyapkan karbon monoksida yang berada di udara bebas serta senyawa berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, kini mulai banyak orang yang menanam lili paris sebagai tumbuhan pembersih udara di rumah, khususnya di dalam ruangan.Nah, lili paris yang beredar di Indonesia rupanya ada beberapa jenis. Berikut ulasan lengkapnya.

Jenis Lili Paris

  • Chlorophytum comosum: Lili paris termasuk jenis herba yang daunnya berbentuk pita dan kerap dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Bagian tengah daunnya berwarna putih kehijauan dengan tepian berwarna hijau tua. Tanaman ini dipercaya berkhasiat sebagai tonik penyegar badan.
  • Chlorophytum comosum ‘Curly’: Sesuai dengan namanya, tanaman ini memang memiliki daun yang keriting (curly). Lili paris keriting termasuk jenis yang masih jarang ditemui. Kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias gantung.
  • Chlorophytum laxum: Dibandingkan jenis lainnya, daun tanaman ini relatif lebih pendek. Daunnya yang berbentuk pita tergolong variegata, perpaduan antara hijau tua (bagian tengah) dan putih kehijauan (bagian tepi).[2]
Baca juga  Update Harga Mentega Putih (Shortening) dalam Berbagai Merek

Harga Lili Paris

Ilustrasi: Budidaya Tanaman Lili Paris (credit: gardenersworld)
Ilustrasi: Budidaya Tanaman Lili Paris (credit: gardenersworld)
Jenis Lili Paris Harga per Tanaman (Rp)
Lili paris siam 1.250
Lili paris brazil 4.000
Lili paris mini 5.000
Lili paris umbi 5.500
Lili paris hawai 7.000
Lili paris hema kuning hijau 10.000
Lili paris varigata 15.000
Lili paris curly 25.000

Informasi harga lili paris di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga tanaman lili paris dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan tahun 2021, harga lili paris tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, lili paris hawai yang dibanderol Rp4 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp7 ribu tahun 2022.

Selain itu, harga lili paris yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.Jika tertarik memiliki tanaman lili paris, Anda bisa membelinya lewat toko-toko tanaman terdekat atau bisa juga membeli secara online melalui sejumlah marketplace favorit Anda.

Baca juga  Info Khasiat & Update Harga Minyak Kayu Cendana di Pasaran

Nah, jika Anda sudah memiliki lili paris yang tumbuh subur, Anda juga bisa melakukan perbanyakan tanaman dengan cara yang cukup mudah. Berikut ulasannya.

Cara Memperbanyak Lili Paris

memperbanyak tanaman lili paris, setidaknya ada 2 cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, dengan cara memisahkan sebagian dari induknya. Petik atau akar tanaman lili paris menjadi beberapa bagian, kemudian tanam di tanam yang baru. Cara yang kedua dengan memotong atau memetik anakan tanaman secara langsung. Setelah dipetik, anakan tanaman lili paris tersebut bisa dimasukkan ke wadah berisi air supaya bagian akarnya bisa tumbuh. Jika sudah tumbuh akar, Anda bisa memindahkan lili paris tersebut ke media tanam berupa pot berisi tanah atau sebagainya.

[Update: Almas]

[1] Aidah, SN dkk. 2020. Jadi Jutawan Diwaktu Muda Dengan Budidaya Tanaman Hias. Yogyakarta: KBM Indonesia, hlm 39.

[2] Ratnasari, J. 2008. Galeri Tanaman Hias Daun. Anies A, editor. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 121.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.