Info Terbaru Harga Lightstick BTS Original

Jika Anda penggemar K-pop dan pernah beberapa kali menonton konser grup idola, pasti sudah tidak asing lagi dengan lightstick. Ini merupakan salah satu aksesori yang sering dibawa penggemar ketika menonton aksi grup pujaan. Selain produk ‘umum’, banyak juga grup K-pop yang merilis lightstick mereka sendiri, salah satunya BTS, yang saat ini dijual dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah untuk varian original.

Apa Itu Lightstick?

Penonton konser membawa lightstick (sumber: sindonews.com)
Penonton konser membawa lightstick (sumber: sindonews.com)

Bagi para fans K-pop, lightstick bisa dikatakan sebagai pernak-pernik sakral yang menjadi kebanggaan setiap fandom. Bahkan, dalam konser-konsep grup Korea, jumlah lightstick bisa lebih banyak daripada lampu sorot. Meskipun ini terlihat biasa saja, di tempat konser yang gelap, alat ini memiliki fungsi lebih seperti simbol persatuan dan kekuatan para fans.

Bacaan Lainnya

Mirip dengan senter, lightstick akan menyala dalam gelap. Ketika para penggemar bersama-sama menyalakan lightstick yang mereka bawa, seketika venue konser yang tadinya gelap akan berubah menjadi meriah dengan gemerlap cahaya yang menari-menari mengikuti irama yang dibawakan oleh para artis yang sedang tampil.

Lightstick pertama diketahui diciptakan oleh seorang ahli bernama Edwin Chandros. Model perdana itu dibuat dari bahan kimia oxalyl chloride dan hydrogen peroxide yang ternyata dapat menghasilkan warna-warna yang menyala selama 24 jam. Awalnya, alat ini dipakai untuk keperluan militer, khususnya angkatan laut, yang berfungsi untuk mengetahui jarak, memberikan peringatan, dan sebagai penerangan di malam hari.

Kemudian, di tahun 1980-an, terjadi tren penggunaan lightstick untuk memeriahkan konser penyanyi-penyanyi idola. Hingga saat ini, penggunaan lightstick yang hanya untuk keperluan darurat pun telah bergeser menjadi alat pemeriah suasana dalam konser, atraksi sirkus, dan tari-tarian. Lalu, di milenium ketiga ini, seperti kita tahu, lightstick seolah lekat dengan image fans K-pop.

Baca juga  Update Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken (2 Kaki, 3 Kaki, 4 Kaki)

Untuk konser K-pop, awalnya lightstick memang hanya berbentuk stik memanjang dengan tulisan nama konser atau nama grup yang menghias bagian dalam tube lightstick. Biasanya, stik ini dibagikan secara gratis oleh agensi atau dijual secara resmi pada event-event tertentu. Harga lightstick dengan ukuran sekitar 15 cm ini bervariasi, antara Rp120 ribu sampai Rp150 ribu per buah.

Varian Lightstick BTS

Seiring perkembangan K-pop yang kian pesat, kini bentuk-bentuk lightstick pun semakin beragam. Bahkan, banyak boyband dan girlband yang meluncurkan lightstick buatan mereka sendiri, dengan sentuhan khusus pada tongkat cahaya, entah itu menggunakan warna, jenis estetika, atau bentuk tertentu. Nah, salah satu boyband yang telah merilis lightstick edisi mereka adalah BTS.

Lightstick BTS
Lightstick BTS

Dilansir dari Wikipedia, BTS adalah kependekan dari Bangtan Sonyeondan, sebuah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini memiliki anggota berjumlah tujuh orang, yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Melakukan debut pada tanggal 13 Juni 2013 dengan single ‘No More Dream’, boyband ini sekarang telah menjadi salah satu artis K-pop papan atas.

Seperti dikutip dari CNN, BTS bukan sekadar boyband yang menyanyi dan menari. Masing-masing personel memiliki kredit dalam menciptakan dan menyusun mereka sendiri. Hanya Rap Monster dan Suga yang terkadang tercatat sebagai produser, meski mereka masih berusia di kisaran 25 tahun. Sebagian besar lagu karya BTS dibantu oleh produser asal Korea, Pdogg dan Slow Rabbit, untuk menciptakan gaya dansa ala hip-hop.

Baca juga  Info Terkini Harga Kamera Nikon Coolpix L320 (Baru dan Bekas)

BTS adalah pencinta trilogi, segalanya dibagi menjadi tiga bagian. Dalam mengeluarkan album, BTS membaginya menjadi dua mini album (EP) dan satu album utama. Seperti pada saat debut pada 2013, BTS mengeluarkan ‘the Skool’ trilogy yang terdiri dari album ‘2Cool 4Skool’, ‘O!RUL,2?’, dan ‘Skool Luv Affair’ pada 2014. Pun pada era -2016, BTS mengeluarkan trilogi ‘The Most Beautiful Moment in Life’.

Nama BTS benar-benar melambung pada tahun 2017, ketika mereka melakukan tur ke AS, yang ikut mengangkat kombinasi hip-hop dan R&B yang dinyanyikan dalam bahasa Korea. Di tahun itu, BTS menikmati peringkat tertinggi yang pernah dicapai kelompok musik K-pop di tangga lagu Billboard 200. Di bulan November 2017, BTS menjadi K-pop pertama yang berada di puncak daftar lagu populer iTunes di AS.

Sama halnya grup K-pop lainnya, selain meluncurkan karya, BTS juga merilis pernak-pernik lightstick untuk penggemar mereka (ARMY). Lightstick pertama boyband ini dirilis pada tahun 2015, dua tahun setelah debut album perdana. Lightstick BTS dinamai ‘army bomb’, memiliki bentuk sederhana, sebuah bola abu-abu yang berdiri di stand berwarna hitam. Bola itu sendiri dikatakan melambangkan bola dunia, mewakili popularitas internasional BTS yang terus meroket.

Kemudian, pada bulan Februari 2017 kemarin, BTS merilis edisi kedua tongkat cahaya ini, yang hadir dengan kemilau lebih transparan, ujung halus, dan stand yang lebih ramping. Lalu, pada tanggal 5 Juli 2018, grup tersebut menyebar teaser yang mengatakan akan segera meluncurkan versi ketiga dari lightstick mereka untuk penggemar setia.

Baca juga  Info Terkini Harga Speaker Fabulous 10 Inch Buatan ACR

Jika dilihat dari akun Twitter resmi BTS, versi ketiga lightstick BTS memang masih membawa desain yang mirip dengan dua versi sebelumnya, tetap berbentuk bulat dengan sumbu sebagai ciri khasnya. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, model terbaru ini membawa logo BTS yang sepertinya diletakkan di bagian dalam ‘bomb’.

Lightstick, BTS, grup, penggemar, fans, harga, versi, tongkat, cahaya, lampu, boyband, original, asli, girlband, musik, karya, model, kelompok
Personel grup BTS dengan lighstick-nya

Kemudian pada tanggal 6 Juli 2018, BTS meluncurkan army bomb versi 3 yang bentuknya masih mengusung model bom. Namun, versi ini memiliki official app untuk memindah mode lampu ke konser dan mode manual menggunakan konektivitas Bluetooth. Jadi, para penggemar semakin dimudahkan ketika menggunakan varian ini.

Dua tahun berselang, tepatnya pada 13 April 2020, BTS meluncurkan lightstick official Map of The Soul (MOTS) Special Edition. Versi ini terhubung dengan Bluetooth dan dengan demikian, semua tongkat cahaya tersinkronisasi secara sempurna dengan dan lautan cahaya dapat dibuat lebih kompleks dan menakjubkan. Perubahan ini merevolusi pasar lightstick dan membuat konser BTS menarik untuk dilihat.

Harga Lightstick BTS

Varian Lightstick BTS Harga
BTS Lightstick Army Bomb Ver. 1 Rp415.000
BTS Lightstick Army Bomb Ver. 2 Rp368.000
BTS Lightstick Army Bomb Ver. 3 Rp550.000

Harga lightstick BTS di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko pernak-pernik K-Pop di dalam negeri. Perlu dicatat bahwa harga tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, BTS Lightstick Army Bomb Ver. 2 ditawarkan dengan harga Rp260 ribuan, sedangkan harga BTS Lightstick Army Bomb Ver. 1 masih sama Rp415 ribuan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.