Manfaat, Kandungan dan Harga Lidah Buaya per Kg

Siapa sih yang tak kenal dengan lidah buaya? yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini tentunya sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, lidah buaya sudah dikenal secara turun-temurun karena memiliki banyak manfaat. Di sendiri, lidah buaya biasanya dijual per kg dengan harga terjangkau.

Lidah Buaya (credit: healthifyme)

Lidah Buaya (credit: healthifyme)

Manfaat dan Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya sebenarnya adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Afrika dan termasuk golongan Liliaceae. Perkembangan industri dagang serta banyaknya orang yang bisa berlalu-lalang dari satu negara ke negara lain, membuat tanaman ini mampir dan dikenal oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia. Pada akhirnya, lidah buaya dapat dibudidayakan dengan baik di Nusantara.

Berkat perkembangan dunia IPTEK, lidah buaya tidak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Secara turun-temurun, lidah buaya sudah dikenal sebagai salah satu jenis TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, aloe vera juga sering dipakai untuk membuat kosmetik dan perawatan .

Keistimewaan lidah buaya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat dan kosmetik terdapat pada gelnya. Berbeda dengan jenis lain, lidah buaya yang kaya air memiliki gel yang lengket dan banyak. Gel lidah buaya tersebut bisa dimanfaatkan sebagai utama untuk membuat pelembap kulit. Meskipun terbilang agak lengket, jika diproses dengan baik, sensasi lengketnya akan hilang. Gel lidah buaya juga terbilang ringan dan tidak terlalu padat, sehingga dapat diserap kulit dengan baik.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Daun Bawang 1 Kg

Beberapa produsen kosmetik juga kerap membuat produk pembersih badan dari lidah buaya, seperti sabun dan shampoo. Ini karena aloe vera memiliki kandungan saponin pada gelnya yang bersifat menggumpalkan kotoran di kulit atau rambut dan membersihkannya bersama dengan air.[1]

Harga Lidah Buaya (credit: globosurfer)

Harga Lidah Buaya (credit: globosurfer)

Selain mengandung saponin, gel lidah buaya juga mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, vitamin E, folat, kolin, enzim, serat, dan masih banyak lagi. Berkat banyaknya nutrisi pada lidah buaya, banyak orang yang menjadikannya sebagai bahan untuk membuat aneka hidangan yang lezat.

Salah satu hidangan yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia dari aloe vera adalah  es lidah buaya. Cara membuat es lidah buaya tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan satu helai daun lidah buaya, gula pasir, es batu, jeruk lemon, kapur sirih, dan kental manis.

Setelah semua bahan siap, cuci lidah buaya menggunakan sikat hingga bersih dan keringkan dengan lap. Kupas kulit lidah buaya dan potong daging buahnya dengan pola dadu. Siapkan panci dan isi dengan air sebanyak 500 ml. Masak air hingga mendidih pada api sedang dan masukkan daging lidah buaya.

Baca juga  Harga Pupuk Kompos Organik (Semua Merk dan Kemasan)

Untuk menghilangkan lendir pada daging buah lidah buaya, Anda bisa menambahkan ¼ sendok teh kapur sirih ke dalam air rebusan. Setelah lidah buaya direbus, tiriskan dan bilas dengan air bersih. Masukkan daging lidah buaya ke dalam panci lagi dan tambahkan air serta gula secukupnya. Masak lidah buaya hingga teksturnya tidak terlalu keras namun masih crunchy.

Matikan kompor jika air sudah mendidih dan biarkan hingga dingin. Siapkan gelas saji dan hias bagian dalamnya menggunakan kental manis secukupnya. Tuang es batu sesuai selera dan potong jeruk lemon tipis-tipis. Masukkan 2 hingga 3 irisan jeruk lemon ke dalam gelas saji, lalu tuang lidah buaya bersama dengan airnya. Es lidah buaya yang sudah jadi siap dihidangkan.

Es Lidah Buaya (credit: indusscrolls)

Es Lidah Buaya (credit: indusscrolls)

Untuk membuat resep lidah buaya di atas, pastikan Anda sudah memiliki satu helai lidah buaya. Jika Anda ingin menjadikan resep tersebut sebagai salah satu peluang bisnis, sebaiknya Anda membeli lidah buaya dalam jumlah yang banyak atau kiloan. Yang penting, pastikan Anda mengetahui harga lidah buaya. Sehingga, Anda bisa menghitung modal dan keuntungan bisnis tersebut.

Baca juga  Info Harga Terbaru Beras Premium Maknyus Ukuran 5 Kg

Harga Lidah Buaya per Kg

Tidak sulit menemukan lidah buaya. Aloe vera saat ini sudah bisa dibeli di minimarket dan pusat perbelanjaan. Jika Anda merasa pergi ke pasar atau swalayan terlalu repot, Anda bisa membelinya secara online. Harga aloe vera per kg secara umum berkisar Rp25.000 hingga Rp39.000. Harga lidah buaya tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sehingga, Anda perlu melakukan pengecekan harga lidah buaya sebelum membelinya.

[1] Suryani, Ani, dkk. 2005. Kajian Penggunaan Lidah Buaya (Aloe Vera) dan Bee Pollen pada Pembuatan Sabun Opaque. Jurnal Teknik Industri Pertanian, Vol. 15(2): 40-45.

 

author

Leave a reply "Manfaat, Kandungan dan Harga Lidah Buaya per Kg"