Update Harga Lengkuas 1 Kg (Basah, Bubuk, Kering)

Lengkuas menjadi salah satu jenis rempah yang tidak bisa dilewatkan jika Anda ingin memasak makanan khas Nusantara. Di pasaran, selain dijual per siung, lengkuas juga ditawarkan per kg. Harga lengkuas per kilogam ini terbilang relatif terjangkau dan biasanya dikemas dalam bentuk segar, kering, atau bubuk.

Ilustrasi: Manfaat Lengkuas (credit: Daily Makan)
Ilustrasi: Manfaat Lengkuas (credit: Daily Makan)

Manfaat Lengkuas

Laos tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Masih ada banyak manfaat lengkuas yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Secara tradisional, lengkuas merah dengan nama ilmiah Alpinia purpurata K Schum dapat dijadikan sebagai bahan obat tanaman kopi, untuk mengatasi penyakit jamur.[1] Ini karena lengkuas memiliki sifat anti-bakteri dan jamur yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur tanaman kopi.

Bacaan Lainnya

Pada beberapa kasus, laos juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat jamu atau obat tradisional. Untuk mengubahnya menjadi obat atau jamu, rempah tersebut harus diekstrak atau diambil sarinya. Sari lengkuas seperti vitamin C, polifenol, dan minyak atsiri, mampu menambah daya imun tubuh dan meredakan gejala flu serta radang tenggorokan.

Baca juga  Info Cara Pembuatan dan Harga Polybag Ukuran 60x60 di Pasaran

Dilansir dari SehatQ, lengkuas juga diperkaya dengan kandungan antioksidan. Zat tersebut berperan untuk membantu melindungi kesehatan tubuh serta menurunkan risiko kerusakan sel tubuh akibat zat radikal bebas. Sehingga, tubuh tidak mudah terkena penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Sebagai zat antioksidan pada rempah ini, polifenol juga dianggap memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan memori, serta penurunan gula darah dan kolesterol jahat (LDL).

Manfaat lain laos adalah mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit atau susah BAB. Ini karena lengkuas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, dalam pengobatan Ayurveda dan budaya Asia lainnya, rempah ini biasa dipakai untuk obat menenangkan perut yang tidak nyaman, mengatasi diare, mengurangi rasa mual, menghentikan muntah, dan menghentikan cegukan pada anak.

Lengkuas (sumber: spiceography.com)
Lengkuas (sumber: spiceography.com)

Resep Jamu Lengkuas

Untuk mendapatkan semua manfaat lengkuas di atas, Anda bisa mengubah laos menjadi jamu sehat yang lezat. Cara membuat jamu laos tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan laos segar sebanyak satu ruas ibu jari orang dewasa atau sekitar 20 gr lengkuas kering. Cuci rempah tersebut hingga bersih dan kupas kulitnya.

Baca juga  Info Terkini Harga Buah dan Bibit Jambu Jamaika

Siapkan panci dan tuang air sebanyak 250cc, lalu rebus hingga mendidih dengan api sedang. Tambahkan sedikit gula batu atau gula merah dan asam Jawa sebagai penambah rasa. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu secukupnya dan aduk hingga rata. Masukkan laos ke dalam panci dan masak selama 3 menit atau hingga air berubah warna dan aromanya wangi khas laos. air rebusan tersebut dan minum di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Menurut konsumen, jika Anda ingin membuat jamu yang lebih wangi dan segar, Anda bisa menyiapkan satu ruas lengkuas sebesar jari telunjuk, jahe merah satu ruas, serai 5 batang, asam Jawa 10 gr, dan gula merah secukupnya. Setelah itu, cuci semua bahan mentah dan geprek semua bahan atau dicincang kasar.

Siapkan panci dan masukkan air sebanyak 500 ml, lalu nyalakan kompor dengan api sedang. Rebus air hingga panas dan masukkan semua bahan jamu ke dalam panci, setelah itu aduk hingga mendidih. Jamu yang sudah jadi bisa disaring dan disajikan. Selain diminum dalam kondisi hangat, jamu ini bisa diminum dalam kondisi dingin dengan cara ditambah es batu.

Baca juga  Info Terkini Harga Kacang Hijau 1 Kg (Lokal dan Impor)

Menurut review konsumen, selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jamu laos bisa dijadikan sebagai minuman detox sekaligus peluruh lemak. Minuman tradisional ini, bisa dibilang cocok bagi Anda yang ingin diet dan memiliki tubuh ideal.

Harga Lengkuas 1 Kg

Jenis Lengkuas Harga per Kg
 Lengkuas Basah/Segar Rp10.000
Lengkuas Hutan Laja Gowah Segar/Basah Rp25.000
 Lengkuas Rajang Rp27.500
Lengkuas Merah Segar/Basah Rp35.000
Lengkuas Bubuk Rp39.750
Lengkuas Merah Bubuk Rp50.000

Harga lengkuas di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Harga laos tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga lengkuas per kg saat ini mengalami penurunan. Sebagai contoh, lengkuas basah/segar yang awalnya dijual dengan harga Rp20 ribu per kg, turun menjadi Rp10 ribu per kg.

[Update: Almas]

[1] Qiptiyah, Feriatul, Dwi Wahyuni, Iis Nur Asyiah. 2015. Potensi Rimpang Lengkuas Merah (Alpinia purpurata K Schum) dalam Pengendalian Jamur Hemileia Vastartix B. ET BR. pada Kopi Arabika (Coffea arabica). Pancaran UNEJ, Vol. 4(2): 103-114.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar