Harga Lemon 1 Kg di Pasaran (Lokal dan Impor)

No comment2404 views

Lemon merupakan salah satu buah yang sangat umum dan mudah diperoleh di pasaran. Selain sering dijadikan sebagai jus yang menyegarkan, buah ini juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di pasaran sendiri, 1 kg buah lemon saat ini ditawarkan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, baik untuk produk impor, terlebih lagi produk lokal.

Manfaat Buah Lemon

Menurut berbagai sumber, lemon juga dikenal dengan nama sitrun. Ini adalah buah sejenis jeruk yang buahnya biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon buah lemon sendiri berukuran sedang dan dapat mencapai tinggi 6 meter, tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis serta tidak tahan terhadap cuaca dingin.

Buah Lemon - epochtimes.id

Buah Lemon - epochtimes.id

Lemon sendiri banyak dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, AS, dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. ini sangat cocok tumbuh di daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal agar lemon dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 15 derajat Celcius sampai dengan 30 derajat Celcius.

Rasa buah lemon cenderung manis dan agak kecut. Karena itu, buah ini sering (dan sangat pas) dijadikan campuran pengusir dahaga, apalagi jika disajikan dalam kondisi dingin. Dari segi rasa, lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dengan jeruk nipis. Keduanya pun bisa saling menggantikan, terlebih karena harga buah lemon juga cenderung lebih .

Selain sebagai campuran minuman untuk melepas dahaga, buah yang memiliki warna khas kuning cerah dengan bentuk lonjong dan ujung yang mengerucut ini juga diklaim memiliki segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Seperti dilansir Kompas, lemon mengandung sekitar 5 persen asam sitrat dan merupakan sumber yang kaya C. Buah ini juga mengandung banyak seperti B, riboflavin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, serta protein dan karbohidrat.

Buah Lemon - medium.com

Buah Lemon - medium.com

Menurut Departemen Pertanian AS, seperempat gelas air lemon menghasilkan 23,6 mg vitamin C, dan sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan seperempat untuk pria. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel melawan radikal bebas, melindungi tubuh dari penyakit kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. Agar kadar vitamin C dalam jeruk tak berkurang, campurkan perasan air jeruk dengan air hangat suam-suam kuku, bukan dengan air panas.

  • Lemon diklaim dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila buah ini dicampur dengan air panas, termasuk di antaranya mengatasi mual, mulas, dan parasit di dalam perut. Dengan meminum jus lemon secara teratur, perut Anda dibantu untuk menghilangkan kotoran secara lebih efisien. Lemon dikatakan bertindak sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Jus lemon bisa menyembuhkan sembelit, bahkan juga berfungsi sebagai tonik hati dan membantu Anda mencerna makanan dengan membantu hati untuk memproduksi lebih banyak empedu.
  • Air lemon dikatakan memiliki penting dalam perawatan gigi. Jika jus lemon segar yang ditempelkan di area gigi yang sakit, diklaim dapat membantu menyingkirkan rasa sakit. Sementara, memeras jus lemon pada gusi disebutkan dapat menghentikan perdarahan gusi dan juga mencegah bau busuk serta masalah lain yang berkaitan dengan gusi.
  • Rutin mengonsumsi air jeruk lemon atau jeruk nipis, dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih cepat. Memanfaatkan jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu juga dapat membantu menurunkan bobot badan Anda.
  • Lemon adalah buah yang sangat baik yang dapat membantu dalam memerangi masalah yang berkaitan dengan tenggorokan, sakit tenggorokan, dan tonsilitis akibat bakteri. Untuk mengatasi masalah pada tenggorokan, Anda bisa berkumur dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.
  • Untuk para perempuan dan laki-laki yang mengutamakan penampilan, lemon dapat menjadi obat antiseptik alami yang bertugas untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit. Konsumsi air jeruk lemon secara harian juga dapat memberikan perubahan besar pada penampilan kulit, dengan berfungsi sebagai obat anti-aging, menghilangkan kerutan, dan mengatasi komedo. Jika lemon ditempelkan pada area luka bakar, diklaim dapat memudarkan bekas luka.
  • Sementara, untuk mereka yang memiliki masalah jantung, air lemon bekerja bak ramuan ajaib karena kandungan kalium tinggi di dalamnya. tinggi kalium juga diyakini dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual, serta membantu relaksasi pikiran, mengurangi stres mental, dan menurunkan depresi.
  • Manfaat lainnya dari buah lemon adalah meningkatkan produksi keringat yang berguna mengobati flu atau demam, mengobati rematik serta radang sendi berkat sifat diuretik dengan cara mengeluarkan bakteri dan racun dari tubuh, membantu menyembuhkan masalah pernapasan (terutama pada mereka yang menderita penyakit asma), serta sebagai pembersih darat untuk penyakit-penyakit seperti kolera atau malaria.

Harga Lemon 1 Kg

Meski kebanyakan merupakan produk impor, namun tidak sulit mendapatkan buah lemon di pasar dalam negeri. Anda bisa mengunjungi toko buah, swalayan, atau supermarket, atau bahkan pasar di sekitar rumah Anda untuk membeli buah ini. Selain itu, banyak juga pedagang yang menawarkan lemon melalui berbagai situs beli online dalam negeri.

Untuk buah lemon kemasan 1 kg, yang diklaim impor, sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp60 ribuan sampai Rp70 ribuan. Umumnya, 1 kg berisi enam sampai tujuh buah lemon dengan besar. Sementara, buah lemon yang diklaim didatangkan langsung dari Turki, dijual dengan harga Rp40 ribuan untuk 1 kg, sedangkan 1 kg buah lemon lokal Marikena sedang sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp25 ribuan.

Baca juga  Harga dan Manfaat Sayuran Okra Merah Untuk Kesehatan
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Lemon 1 Kg di Pasaran (Lokal dan Impor)"