Fungsi, Keunggulan dan Harga Lem Tribon/Threebond

merupakan perekat yang biasa dipakai untuk menempelkan satu benda ke benda lainnya.[1] Lem tidak hanya digunakan untuk merekatkan kertas atau kayu. Ada banyak lem yang bisa dipakai untuk menempel apa pun, termasuk gasket motor. Nah, salah satu merk lem gasket motor yang sedang populer adalah lem Threebond atau biasa dikenal dengan nama Tribon, dengan relatif terjangkau.

Fungsi dan Keunggulan Lem Tribon/Threebond

Ilustrasi: mengelem rangkaian elektronik (sumber: mccourier.com)

Ilustrasi: mengelem rangkaian (sumber: mccourier.com)

Berbeda dengan lem lainnya, lem Threebond memang dipakai untuk membetulkan berbagai elektronik dan mesin. Lem ini juga dilengkapi dengan silikon yang bentuknya mirip dengan gel, tetapi lebih padat. Silikon yang ada di dalam perekat ini memiliki fungsi sebagai isolator sekaligus bahan untuk mencegah terjadinya kebakaran atau kebocoran akibat panas.

Threebond juga bisa merekatkan gasket motor tanpa harus menunggu lama untuk menutup kebocoran. Biasanya, ini bermanfaat untuk menghindari sekaligus mengatasi kebocoran oli dan bensin. Oli pada sepeda motor memang kerap bocor, apalagi jika sil atau packing yang dipakai sudah rusak.

Baca juga  Harga Terbaru Minyak Wijen di Indomaret

Kerusakan sil pada motor umumnya diakibatkan panas mesin, ketika motor dipakai dalam waktu yang lama. Untuk merekatkan packing yang sudah kendur, Anda hanya perlu mengoleskan lem Threebond. Lem ini akan membantu merekatkan sekaligus menutup kebocoran sil.

Selain untuk mengatasi kebocoran oli dan bensin pada motor, lem ini bisa dipakai untuk mobil. Bagi Anda yang sering lupa mengganti sil mobil, pastinya sering mengalami kebocoran oli. Sebagai solusi, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit lem di bagian yang bocor. Silikon pada lem akan menutupi kebocoran dan berfungsi sebagai pelapis sil.

Lapisan silikon ini tidak hanya bersifat anti-panas, tetapi juga tahan panas. Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kebocoran ulang saat mengendarai motor. Selain itu, lem ini juga tidak mudah meleleh. Silikon yang ada pada lem terbilang cukup kuat dalam keadaan panas mesin yang dipacu secara terus-menerus. Selain itu, lem juga tidak mudah terbakar atau menghasilkan asap saat Anda memakai sepeda motor atau mobil.

Keunggulan lain lem ini adalah daya tahan dan kekuatannya. Lem silikon ini tahan terhadap tekanan tinggi akibat kebocoran oli, sehingga silikon tidak mudah hilang atau bergeser. Lem ini juga tahan lama dan tahan cuaca, sehingga Anda tidak perlu khawatir silikon akan hilang jika terkena sinar matahari atau terguyur air.

Baca juga  Update Terkini Harga Berlian per Gram dan per Karat

Meskipun lem Tribon dapat mengatasi kebocoran oli, Anda tidak bisa memakainya secara permanen. Sebaiknya Anda segera mengganti sil atau packing motor, sehingga lebih aman. Selain itu, biasanya sil yang bocor akan cepat rusak dan tidak bisa bertahan lama, meskipun lem Threebond mampu melapisi sil dalam waktu yang lama.

Fungsi lem Tribon tidak hanya untuk mengatasi kebocoran pada kendaraan, tetapi juga pada benda lain. Beberapa orang memakai perekat ini untuk mengatasi kebocoran pada pipa pemanas air. Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit lem di permukaan pipa yang bocor. Saat mengaplikasikan lem, usahakan tidak ada air yang mengalir, karena dapat membuat lem tidak merekat dengan baik.

Beberapa orang juga memakai lem Tribon sebagai pelapis mesin pabrik untuk menghindari kebocoran uap dan gas. Untuk pelapis mesin, biasanya lem Tribon dioleskan dalam jumlah yang banyak. Silikon pada lem akan membantu menyumbat kebocoran sekaligus mencegah kebocoran pada mesin yang mulai berkarat. Ini dipakai dalam keadaan darurat sebelum mesin dinyalakan.

Varian lem tribon/Threebond (sumber: threebond-europe.com)

lem tribon/Threebond (sumber: threebond-europe.com)

Bagi Anda yang membutuhkan lem Threebond untuk berbagai keperluan seperti di atas, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa menentukan anggaran belanja dengan tepat. Sebagai referensi harga lem Tribon, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Update Harga Natur E Daily Face Cream

Harga Lem Tribon/Threebond

Lem Tribon/ThreebondHarga (Rp)
Lem Tribon/Threebond Super Sealer High Temp No. 1 Grey 30 gr12.500
Lem Tribon/Threebond Super SealerĀ  High Temp No. 1 Grey 75 gr23.000
Lem Tribon/Threebond 1104 ECO 25 gr9.000
Lem Tribon/Threebond 1104 ECO 50 gr18.000
Lem Tribon/Threebond Merah High Temp 75 gr25.000

Harga lem Threebond di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga lem ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Aswadi, Kartini, Sukfitrianty Syahrir. 2018. Perilaku Menghisap Lem (Ngelem) sebagai Tahap Dini Penggunaan Narkoba pada Remaja di Kota Makassar. Al-Sihah: Public Health Science Journal UIN Alauddin Makassar, Vol. 10(2): 148-190.

author

Leave a reply "Fungsi, Keunggulan dan Harga Lem Tribon/Threebond"