Info Terbaru Harga Lem Tikus Fox dan Cap Gajah (Kemasan Tube dan Papan)

Selain nyamuk, tikus merupakan binatang yang kerap meresahkan penghuni rumah. Bukan cuma hewan tersebut termasuk binatang kotor, melainkan juga rakus. Untuk membasmi tikus, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, salah satunya dengan memasang lem tikus. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk lem tikus, termasuk Fox dan Cap Gajah, yang punya harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: hama tikus (sumber: kaspersky.com)
Ilustrasi: hama tikus (sumber: kaspersky.com)

Tikus dapat dikatakan sebagai binatang cosmopolitan, yang dapat hidup di semua tempat, seperti dataran tinggi, dataran rendah, sawah, hutan, pantai, hingga permukiman penduduk.[1] Binatang ini mudah menyesuaikan diri sehingga mampu bertahan di lingkungan yang selalu berubah. Untuk manusia, keberadaan tikus ini dapat memberikan dampak negatif di antaranya menjadi hama pertanian dan menularkan penyakit seperti pes dan leptospirosis.

Bacaan Lainnya

Selain kerap ditemui di dan pertanian, tikus juga sering berkeliaran di area perumahan. Tikus rumah sendiri adalah salah satu dari empat jenis tikus yang merupakan hama permukiman selain wirok kecil (Bandicota bengalensis), tikus riul (Rattus norvegicus), dam mencit rumah (Mus musculus). Tikus rumah memiliki ukuran sedang dengan rata-rata 16 sampai 22 cm dan berat sekitar 70 hingga 300 gram. Telinganya lebar, ekor lebih panjang daripada badan, dengan warna bulu cokelat muda dan warna bulu bagian dada lebih terang.[2]

Selain menjijikkan dan kerap membuat rumah kotor, tikus rumah juga mengandung sejumlah parasit, baik di dalam tubuhnya (endoparasit) maupun di luar atau yang menempel di tubuh (ektoparasit). Endoparasit pada tikus antara lain cacing, virus, jamur, protozoa, bakteri, dan riketsia. Sementara, ektoparasit tikus termasuk pinjal, kutu, hingga larva tungau dan caplak.[3]

Nah, sejumlah parasit di dalam tikus rumah tersebut merupakan penyebab berbagai penyakit bagi manusia, yang ditularkan melalui gigitan ektoparasit maupun penularan langsung melalui kontak dengan liur, feses (kotoran), dan urine tikus yang terinfeksi. Tercatat, ada 112 jenis penyakit yang bersumber dari tikus, yang menyerang manusia, hewan ternak, serta hewan peliharaan (pets).[4] Beberapa penyakit dari tikus yang sudah dikenal antara lain pes, scrub typhus (demam, sesak), dan leptospirosis.

Jika Anda tidak ingin rumah menjadi sarang tikus, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk membasmi binatang tersebut. Cara yang cukup populer adalah menggunakan lem tikus. Metode dengan lem ini cukup mudah. Anda cukup menuangkan lem pada sebilah papan atau potongan kardus yang telah diberi umpan (biasanya sisa makanan) di atasnya. Letakkan papan atau potongan kardus tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Jika tikus terkena jebakan, ia tidak akan mudah lepas karena lem tikus ini sangat lengket. Anda pun bisa membuang perangkap tersebut atau langsung membakarnya.

Lem tikus merek cap Gajah & Fox

Review Lem Tikus Fox dan Cap Gajah

Di pasaran sendiri, sudah tersedia sejumlah merk lem tikus yang dapat Anda beli. Salah satu brand yang cukup populer adalah Fox. Ini dikatakan sebagai produk yang sangat ampuh untuk menangkap tikus. Selain tersedia dalam kemasan tube, Fox juga menghadirkan lem tikus dalam bentuk papan yang lebih praktis. Karena tidak berbau dan beracun, lem ini cukup aman untuk manusia.

produk lainnya adalah lem tikus Cap Gajah. Seperti Fox, lem ini juga hadir dalam kemasan tube dan papan. Jika kemasan papan diperuntukkan penggunaan sekali buang, maka kemasan tube cocok untuk penggunaan dalam jumlah banyak karena takaran lem bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kualitas lem tikus Cap Gajah ini diklaim tidak perlu diragukan lagi. Tikus yang sudah terjebak dikatakan tidak akan bisa kabur dengan mudah.

Sebagai referensi, kami sajikan info harga lem tikus merek Fox yang beredar di pasaran pada 2022.

Harga Lem Tikus Fox

Kemasan Lem Fox Harga
Fox Lem Tikus Tube 75 gr Rp10.573
Fox Lem Tikus Papan Rp15.449

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga lem tikus Fox tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan. Fox Lem Tikus Tube 75 gr misalnya, dibanderol mulai harga Rp9.000 – Rp13.750 tahun 2020, berubah menjadi Rp10.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp10.573 tahun 2022.

Nah, apabila Anda mencari merk lainnya, maka Cap Gajah dapat dijadikan pilihan alternatif. Berikut rincian harga lem tikus Cap Gajah berbagai varian pada 2022 ini.

Ilustrasi : Tikus Terkena Jebakan Lem (sumber: insectcop.net)

Harga Lem Tikus Cap Gajah

Kemasan Lem Cap Gajah Harga
Lem Tikus Cap Gajah Tube 100 ml Rp15.500
Lem Tikus Cap Gajah Papan Rp17.999

Sama seperti lem Fox, harga lem tikus Cap Gajah tahun 2020, 2021, hingga 2022 mengalami perubahan. Lem tikus Cap Gajah Tube 100 ml misalnya, dibanderol Rp10.000 – Rp13.000 tahun 2020, naik menjadi Rp15.000 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp15.500 tahun 2022.

Harga lem tikus merk Fox dan Cap Gajah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga lem tikus tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi langsung toko atau minimarket terdekat, seperti Indomaret dan Alfamart.

[Update: Almas]

[1] Isnani, Tri. Perilaku Masyarakat pada Pengendalian Tikus di Daerah Berisiko Penularan Leptospirosis di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol. 15(2): 107-114.

[2] Isnani, Tri. 2008. Tikus Rumah. Balaba, Edisi 006(1): 20.

[3] Ristiyanto, Damar T. B, dkk. 2004. Keanekaragaman Ektoparasit pada Tikus Rumah Rattus Tanezumi dan Tikus Polinesia Rattus Exulans di Daerah Enzootik Pes Lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah. Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol. 3(2).

[4] Isnani, Tri. Op. cit.

Pos terkait