Harga Lem Keramik Dinding (Berbagai Merk)

No comment1311 views

Keramik sering digunakan untuk menampilkan kesan bersih, , dan elegan pada hunian. Biasanya digunakan untuk area lantai, material ini ternyata juga dapat Anda aplikasikan pada dinding, termasuk di dapur dan kamar mandi. Nah, untuk memasang keramik pada tembok, Anda dapat menggunakan lem khusus yang dijual dengan harga rata-rata puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: menerapkan lem keramik dinding (sumber: archiexpo.com)

Ilustrasi: menerapkan lem keramik dinding (sumber: archiexpo.com)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan keramik. Ini adalah material yang terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran. Pembakaran tanah liat dengan suhu tinggi akan menghasilkan keramik porselen atau keramik halus, sedangkan pembakaran dengan suhu rendah akan menghasilkan keramik gerabah atau terakota.[1] Keramik ini dapat berupa benda dua dimensi maupun tiga dimensi.[2]

Layaknya material lainnya, seperti kayu, marmer, granit, atau kaca, bahan ini juga akan berpengaruh terhadap pembentukan suasana ruangan. Sering diaplikasikan untuk lantai, keramik mempunyai karakteristik indah, sejuk, sekaligus luas.[3] Karena itu, tidak mengherankan jika rumah yang memakai keramik biasanya akan tampak elegan plus mewah.

Tidak hanya cocok untuk lantai, keramik juga dapat Anda aplikasikan untuk dinding, termasuk dinding kamar mandi dan dapur. Pasalnya, material ini lebih mudah dibersihkan karena Anda hanya perlu menggunakan air, pembersih, atau sabun untuk menghilangkan noda yang menempel. Keramik pun diklaim sebagai material yang tidak mudah rusak dan tahan lama jika dibandingkan dengan cat atau wallpaper.

Baca juga  Info Terbaru Harga Garam Halus Beryodium & Non Yodium di Pasaran

lainnya apabila mengaplikasikan keramik pada dinding, tembok tidak perlu diperhalus dengan lapisan semen atau aci, sehingga menghemat biaya sekaligus memangkas anggaran pengeluaran untuk atau konstruksi. Bahan ini pun telah hadir dalam berbagai motif dan ukuran, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Cara Memasang Keramik Dinding

Ilustrasi: pemasangan keramik dinding (sumber: ardex.co.uk)

Ilustrasi: pemasangan keramik dinding (sumber: ardex.co.uk)

Untuk memasang keramik pada dinding, Anda memang bisa menggunakan campuran pasir, beton, dan semen dengan perbandingan 1:1:5. Namun, untuk yang lebih praktis, Anda dapat memakai perekat atau lem khusus yang memang ditujukan untuk memasang keramik. Perekat ini umumnya telah memiliki komposisi campuran semen, , aditif, dan pasir silika dengan takaran konsisten sejak dari pabrik. Tanpa perlu mengandalkan pengalaman tukang, Anda cukup menambahkan air sesuai anjuran di kemasan dan mengaduknya dengan mixer, lantas menghasilkan adukan lem dengan daya rekat tinggi.

Proses pemasangan keramik dengan lem pun akan lebih mudah. Peralatan yang dibutuhkan cukup roskam bergerigi, benang, meteran, palu karet, waterpas, dan sikat debu. Sebelum diaplikasikan, permukaan substrat yang perlu dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran menggunakan sikat. Lalu, siram permukaannya dengan air. Pastikan substrat area kerja sudah mengeras, dengan beton harus sudah berumur lebih dari 28 hari, sedangkan screed sudah berumur lebih dari 7 hari.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pasir Lumajang 1 Truck

Setelah itu, atur penempatan keramik. Pastikan kelurusannya dengan memasang tali. Aplikasikan adukan lem menggunakan roskam bergerigi ke area yang akan dipasangi keramik, yang sudah ditandai oleh tali. Rekatkan keramik, lalu pukul dengan palu karet. Cek kelurusan keramik terpasang dengan waterpas. Perekat yang melebar ke permukaan keramik sebaiknya dibersihkan dengan air basah sebelum mengering. Tunggu sampai 24 jam sebelum melanjutkan ke pekerjaan pengisian nat.

Setelah keramik terpasang, biasanya terdapat celah atau gap antara satu keramik dengan keramik lainnya. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan keramik bergeser atau bahkan jatuh. Nah, untuk mengisi celah atau gap tersebut, sekarang telah tersedia lem khusus yang dapat Anda manfaatkan. Bahkan, lem ini juga dapat Anda gunakan untuk memasang kembali keramik yang jatuh dari dinding.

Apabila Anda tertarik menggunakan lem khusus ini untuk memasang keramik di dinding, tidak susah mendapatkannya. Pasalnya, sudah banyak toko yang menjual bahan ini. Bahkan, Anda bisa membelinya di sejumlah online. Tersedia dalam berbagai merk dan kemasan, harga lem ini berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per wadah.

Baca juga  Update Harga Freon R32 di Pasaran

Harga Lem Keramik Dinding

Ilustrasi: menerapkan lem keramik (sumber: thespruce.com)

Ilustrasi: menerapkan lem keramik (sumber: thespruce.com)

Merk Lem Keramik DindingHarga
LV 800 Lem KeramikRp57.000
Dextone 130 mlRp62.000
YibailiRp70.000
Lem Epoxy Demp-X 250 grRp85.000
TSM 180 ml Waterproof Mould Proof Ceramic Tile Glue Sealant WallRp139.800
Tile Reform Agent Tile Beauty Grout 150 mlRp150.000 – Rp180.000

Harga lem keramik di atas kami kutip dari berbagai referensi, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga lem keramik dinding tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda membutuhkan info lebih lengkap, bisa langsung datang ke toko material bangunan terdekat.

[1] Isnaini, Salzabella Khoirul dan I Nyoman Lodra. 2016. Bentuk, Teknik, dan Fungsi Ragam Hias Keramik pada Coco Karunia Keramik Probolinggo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA Surabaya, Vol. 4(1) : 136-139.

[2] Susanto, Mikke. 2011. Diksi Rupa (Edisi Revisi). Yogyakarta: Dicti Art Lab & Djagat Art Space, hlm. 220.

[3] Suptandar, J. Pamudji. 1991. : Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Lem Keramik Dinding (Berbagai Merk)"