Info Terbaru Harga Lem Epoxy Avian (340 gr & 1,6 kg)

Avian selama ini mungkin lebih terkenal sebagai produsen cat, terutama cat untuk tembok atau dinding. Namun, selain cat, Avian ternyata juga telah merilis lem , yang diklaim sebagai produk serbaguna dengan formulasi khusus dan cocok untuk merekatkan sambungan papan , logam, hingga plastik. Di pasaran sendiri, lem epoxy Avian ditawarkan dengan yang cukup terjangkau.

Seperti diketahui, lem merupakan zat atau perekat yang berfungsi merekatkan dua bagian (sisi) suatu benda. Secara garis besar, material pembentuk lem terbuat dari alami maupun sintetis. Lem yang terbuat dari alami biasanya menggunakan campuran air sebagai pelarutnya sehingga kekuatannya akan melemah ketika terkena air. Tetapi, lem ini tidak mudah terbakar. Sementara, lem sintetis menggunakan pelarut kimia dan lem akan mengering setelah pelarutnya menguap, akan tetapi lem ini sangat mudah terbakar.

Harga, lem, epoxy, resin, hardener, merk, merek, Avian, di, pasaran, jual, kayu, plastik, thinner, cara, penggunaan, penyimpanan, kemasan, 340, gr, 2, kg, logam,

Cairan murni sebelum dicampurkan dengan epoxy (sumber: videoblocks.com)

Selain dari bahannya, lem juga dapat dibagi lagi menjadi epoxy dan hardener. Epoxy berisi lem yang sebenarnya, sedangkan hardener berfungsi sebagai katalis atau pengeras. Lem epoxy diklaim sangat bagus untuk merekatkan logam, misalnya untuk pengisi bagian yang penyok pada bodi mobil. Tetapi, lem ini harus dicampur dengan benar agar bisa bekerja dengan baik.

Lem epoxy adalah sebuah material komposisi yang berbentuk composite dua komponen, yaitu komponen A dan komponen B, serta berfungsi untuk merekatkan benda atau material yang terbuat dari besi, keramik, plat, plastik, kayu, dan lainnya. Lem epoxy mempunyai corak warna bening kekuningan atau tidak berwarna, karena lem epoxy dibuat secara khusus dari resin epoxy murni.

Epoxy atau epoksi adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk bahan dasar sekaligus hasil pemrosesan resin epoksi. Resin epoxy biasa disebut polyepoxides dan merupakan kelompok prepolymer reaktif yang mengandung gugus-gugus epoksi. Resin tersebut dapat direaksikan sendiri (membentuk ikatan cross linker) maupun direaksikan dengan bahan lain seperti amino dan asam. Bahan lain yang digunakan ini selanjutnya berfungsi sebagai hardener.

Dalam hal pemanfaatannya, epoxy telah lama digunakan. Hingga saat ini, epoksi dikenal sebagai bahan insulator alat elektronik, bahan pembuatan produk-produk metal, hingga adhesive kayu. Sebagai adhesive kayu, epoksi sering dimanfaatkan sebagai engineering adhesive atau lem struktural. Jenis lem ini biasanya digunakan bukan hanya sebagai perekat, tapi juga pengisi gap antar media.

Epoksi sebenarnya juga bisa digunakan untuk keperluan perekatan pada umumnya, dan tidak hanya untuk aplikasi pada kayu. Epoksi bisa diterapkan pada gelas, metal, batu, dan bahan-bahan plastik, maupun kombinasi di antara bahan-bahan tersebut. Karakter film lem yang terbentuk antara lain tahan panas dan tahan berbagai zat kimia. Lem ini bisa didesain dalam warna solid atau transparan dan diatur agar cepat kering maupun lambat kering. Pengeringan sendiri bisa dilakukan pada suhu ruangan, meski beberapa lem dari bahan epoksi harus dikeringkan dengan sinar ultraviolet.

Meski memiliki beberapa keunggulan, tapi sebagaimana berbagai produk lain pada umumnya, epoksi pun memiliki beberapa kelemahan, apalagi epoksi memang bukan produk khusus untuk lem kayu. Dibanding berbagai adhesive lain, epoksi lebih spesifik. Misalnya sebagai bahan perekat untuk laminasi, lem kayu epoxy tak akan menghasilkan kualitas yang bagus karena berpotensi menciptakan film di antara kedua media. Hal yang berbeda ditunjukkan lem Crossbond X4 yang akan membuat kayu benar-benar melekat tanpa ada gap akibat film lem di antaranya. Aplikasinya pun lebih mudah dibanding epoksi. Dan ketika terjadi kesalahan, lebih mudah untuk diperbaiki.

Kelemahan lainnya lem kayu epoxy adalah sifat filmnya yang cenderung lebih keras dan kurang fleksibel. Hal ini membahayakan karena dapat membuat perekatan gagal akibat retaknya sambungan pada lem tersebut. Selain itu, dari segi ongkos produksi dan daya rekat lemnya pun, secara umum lem berbahan epoksi memiliki performa lebih buruk dari Crossbond.

Harga, lem, epoxy, resin, hardener, merk, merek, Avian, di, pasaran, jual, kayu, plastik, thinner, cara, penggunaan, penyimpanan, kemasan, 340, gr, 2, kg, logam,

Varian produk lem Epoxy Avian (sumber: bukalapak.com)

Review Lem Epoxy Avian

Seperti disampaikan di atas, selain produk cat, Avian ternyata juga memiliki lem epoxy. Dilansir dari situs resminya, lem epoxy buatan Avian dikatakan sebagai lem serbaguna dengan formulasi khusus yang tidak mengandung thinner sehingga tidak menimbulkan bau. Avian Lem Epoxy cocok digunakan untuk merekatkan sambungan papan kayu pada kapal kayu dan sambungan kayu pada furniture/mebel. Selain itu, Avian Lem Epoxy juga dapat merekatkan logam, kaca, serta plastik.

Tidak sulit menemukan lem epoxy Avian. Anda bisa membeli produk ini di berbagai toko material bangunan. Bahkan, banyak situs jual beli online yang juga memasarkan lem epoxy Avian. Harganya pun relatif terjangkau sehingga tidak membuat kantong Anda jebol. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga lem epoxy Avian di pasaran dalam negeri.

Harga Lem Epoxy Avian

Kemasan Lem Epoxy AvianHarga
Lem Epoxy Avian 340 grRp46.000 – Rp55.600
Lem Epoxy Avian 1,6 kgRp155.000 – Rp171.000

Aplikasi Lem Epoxy Avian

  • Campur secukupnya Avian Lem Epoxy Resin dan Hardener dengan perbandingan 1:1 bagian.
  • Aduk hingga rata.
  • Oleskan tipis dan merata pada kedua permukaan yang akan direkatkan.
  • Biarkan setengah kering, kemudian tempel kedua permukaan sambil diberi tekanan.
  • Biarkan lem kering kuat dalam 24 jam.
  • Untuk membuat dempul atau putty yang biasanya digunakan pada mebel kayu atau kapal, dapat dicampur dengan talk secukupnya.
  • Umur campuran, kurang lebih 3 jam pada suhu 30 derajat C, karena itu buatlah campuran secukupnya.

Sebelum diaplikasikan, pastikan permukaan yang akan dilem harus kering dan bersih, bebas dari debu, kotoran, minyak atau material yang mudah terkelupas. Setelah pengaplikasian, segera cuci dengan thinner cuci, thinner A, A spesial atau yang sejenis, simpan lem dalam wadah tertutup di tempat sejuk dan kering, jauhkan dari sumber panas, percikan dan nyala api. Usahakan area penyimpanan dan selama aplikasi lem, ruangan berventilasi cukup baik. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Masa simpan adalah sekitar 3 tahun dari tanggal pembuatan, dalam wadah asli dan tertutup.

Harga, lem, epoxy, resin, hardener, merk, merek, Avian, di, pasaran, jual, kayu, plastik, thinner, cara, penggunaan, penyimpanan, kemasan, 340, gr, 2, kg, logam,

Merekatkan kayu menggunakan lem epoxy (sumber: thefamilyhandyman.com)

(Panca)

Baca juga  Update Jadwal Pertunjukan & Harga Tiket Masuk di Planetarium Jakarta
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Harga Lem Epoxy Avian (340 gr & 1,6 kg)"