Harga Lasik Mata di Cicendo Eye Hospital, Bandung

Cicendo Eye Hospital merupakan salah satu rumah sakit mata yang menangani berbagai macam gangguan pada indera penglihatan, termasuk mata minus, mata plus, dan astigmatisme atau mata silinder. Untuk menangani pasien dengan gangguan visual seperti ini, biasanya pihak Cicendo akan menyarankan operasi lasik yang harganya terbilang .

Ilustrasi: operasi lasik mata (sumber: suara.com)

Ilustrasi: operasi lasik mata (sumber: .com)

Prosedur Operasi Lasik

Lasik atau laser in-situ keratomileusis merupakan jenis prosedur bedah atau operasi kecil yang dilakukan pada mata.[1] Dilansir dari cicendoeyehospital.org, operasi ini dipakai untuk mengatasi berbagai masalah visual, di antaranya rabun jauh, rabun dekat, dan kelainan mata dalam waktu singkat. Prosedur ini makin diminati oleh banyak kacamata dan kontak lens, supaya mereka bisa melihat dengan bebas tanpa alat bantu yang kerap membuat risih.

Masih dilansir dari sumber yang sama, lasik muncul dari pengembangan berbagai teknik bedah reaktif. Ada dua tahap dalam melakukan prosedur ini. Tahap pertama, pembedahan dilakukan untuk membuat garis bukaan kecil tipis pada kornea. Tahap berikutnya, merancang ulang kornea dengan cara membuang sebagian jaringan di kornea memakai laser. operasi akan selesai setelah lubang kornea ditutup kembali dan direkatkan. Setelah itu, pasien harus melakukan perawatan sebagai bentuk proses penyembuhan.

Baca juga  Dosis, Indikasi & Update Harga Ranitidin 

Pengerjaan dasar pada prosedur operasi lasik seperti ini sudah ada sejak tahun 1950-an, ketika ditemukan microkeratome (pisau metal mekanikal) untuk membuka kornea mata. Selama bertahun-tahun, alat bedah ini terus disempurnakan hingga muncul metode pembukaan kornea yang lebih aman dan nyaman. Sementara itu, alat canggih berupa laser ultraviolet untuk operasi baru ditemukan pada tahun 1980. Laser ini dipakai untuk prosedur operasi yang lebih tepat dan aman untuk menggores jaringan di kornea tanpa merusak jaringan lain di sekitarnya.

Prinsip dasar operasi lasik terletak pada karakteristik kornea yang memegang peran penting sebagai alat untuk membiaskan cahaya pada mata. Kornea juga dilapisi dengan kristal yang jernih sebagai alat bantu pembiasan cahaya. Untuk mengatasi berbagai permasalahan visual yang berhubungan dengan jarak pandang, tentunya harus mengubah bentuk kornea supaya status pembiasan bisa berubah dan mata kembali berfungsi dengan baik.

Sebagai contoh, untuk mengobati pasien dengan gangguan mata miopi, bagian tengah kornea harus digepengkan. Ini bertujuan untuk mengurangi kemampuan pembiasan kornea, sehingga jarak pandang mata bisa menjadi lebih jauh. Lalu, untuk mengobati hyperopia, bagian kornea harus dipertajam supaya kemampuan pembiasan cahaya lebih meningkat. Sementara itu, untuk mengobati astigmatism, lekukan kornea yang berjarak 90 derajat dari porosnya harus dibuat sama dan seimbang.

Baca juga  Update Harga Plester Hypafix (Semua Ukuran)
Ilustrasi: operasi lasik mata (sumber: doktersehat.com)

Ilustrasi: operasi lasik mata (sumber: doktersehat.com)

Meskipun termasuk operasi kecil, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Di Cicendo Eye Hospital, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda ingin melakukan prosedur lasik. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat rincian berikut.

Syarat Operasi Lasik di Cicendo Eye Hospital

  • Usia minimal 18 tahun dengan pertimbangan sudah tidak terjadi lagi perkembangan fisik, khususnya bola mata.
  • Bila menggunakan lensa kontak, maka harus sudah dilepas setidaknya selama 2 minggu atau 14 hari berturut-turut untuk softlens, dan 1 bulan atau 30 hari berturut-turut untuk pengguna hardlens.
  • Tidak sedang dalam keadaan hamil atau menyusui dan mata dalam keadaan sehat.
  • Ketebalan kornea mencukupi untuk dilakukan lasik.

Untuk mengetahui tingkat ketebalan kornea pasien, dokter mata akan melakukan tes terlebih dahulu. Jika diketahui kornea Anda terlalu tipis, maka Anda tidak bisa mengikuti prosedur selanjutnya dan harus menggunakan kacamata atau softlens sebagai solusi masalah penglihatan. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki ketebalan kornea cukup dan belum pernah operasi lasik sebelumnya, bisa melakukan prosedur lanjutan dan membayar biaya operasi.

Baca juga  Update Harga Minyak Zaitun untuk Rambut (Berbagai Merk)

Harga Lasik Mata Cicendo Eye Hospital

Cicendo Eye Hospital/Rumah Sakit Mata Cicendo (google: Muhammad Fahmi)

Cicendo Eye Hospital/Rumah Sakit Mata Cicendo (google: Muhammad Fahmi)

Tahapan Operasi LasikBiaya (Rp)
Pendaftaran Pasien Baru + Cetak Kartu + Identitas Berobat207.500
Pendaftaran Pasien Lama200.000
Skrining Lasik750.000
Konsultasi Skrining dengan Dokter LasikGratis
Konsultasi dengan Dokter Retina120.000
Laser Retina per Mata1.100.000
Tindakan Lasik13.250.000
V-Lasik/Femto Lasik19.250.000
Smile26.500.000
Kontrol Post Lasik 1 hariGratis
Kontrol Post Lasik 1 minggu dan 1 bulan200.000
Hematologi Lengkap Selama Masa Pandemi COVID-19120.000
CRP Lengkap Selama Masa Pandemi COVID-19300.000
Torax AP Lengkap Selama Masa Pandemi COVID-1997.000
Konsultasi IPD Lengkap Selama Masa Pandemi COVID-19120.000

Biaya lasik mata di Cicendo Eye Hospital di atas tidak terikat dan bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Untuk lebih jelas mengenai info operasi lasik di Cicendo Eye Hospital, Anda bisa langsung menghubungi nomor ponsel di 0811 2001 005 atau datang ke alamat rumah sakit di Jalan Cicendo No. 4, Bandung.

[1] Ratnaningsih, Elly. 2018. Persepsi terhadap Pelayanan Operasi Lasik di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Medical Technology and Public Health Journal Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Vol. 2(2): 128-132.

author

Leave a reply "Harga Lasik Mata di Cicendo Eye Hospital, Bandung"