Info Harga Lapis Legit Surabaya

Kue lapis legit atau spekuk termasuk salah satu jajanan yang populer di Surabaya. Kue peninggalan Belanda ini sering dijadikan oleh-oleh karena memiliki cita rasa yang legit dan . Di Kota Surabaya pun sudah banyak toko kue yang menawarkan kue lapis legit dengan harga beragam, tergantung variannya. Sebagian toko biasanya menjual lapis legit potong atau bahkan per kotak ukuran besar.

Lapis legit Surabaya (instagram: @legitsurabaya)
Lapis legit Surabaya (instagram: @legitsurabaya)

Tentang Kue Lapis Legit

Spekuk (bahasa Belanda: Spekkoek) adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman, kue ini sering dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama “lapis legit”. Penamaan pada kue tersebut didasari dengan alasan karena rasa dari kue ini sangat manis dan terdapat lapisan yang banyak. Kata “lapis” berarti kue ini memiliki lapisan yang banyak atau berlapis-lapis.

Bacaan Lainnya

Kue ini biasanya memiliki jumlah lapisan yang berkisar antara delapan belas sampai dengan dua puluh tiga lapis atau bahkan lebih. Sedangkan kata “legit” berarti rasa dari kue ini sangat manis. Hal tersebut terjadi karena penggunaan rempah-rempah yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, yaitu penggunaan kayu manis, adas manis, , cengkih, dan bunga pala dalam pembuatannya.

Kue lapis legit khas Kota Surabaya ini memiliki filosofi atau makna yang kuat, yakni sebagai simbol persatuan di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Lapisan kue yang berbeda warna dalam satu buah kue mengandung makna bahwa adanya keragaman suku bangsa, ras, dan agama di Indonesia dapat dipersatukan sebagai bangsa Indonesia. Masyarakat lokal di Indonesia khususnya Kota Surabaya juga menganggap bentuk berlapis pada kue ini merupakan simbol kemakmuran yang diharapkan terjadi secara berlapis-lapis.

Selain itu, kue lapis legit sering dijadikan sebagai hidangan oleh orang Tionghoa dalam perayaan Imlek-nya karena mereka mempercayai bahwa semakin banyak lapisan yang ada pada kue lapis legit maka semakin berlipat juga rezeki yang diharapkan akan diperolehnya. Masyarakat setempat yang beragama Kristen juga menyajikan kue lapis legit saat acara Natal. Begitu juga dengan masyarakat yang beragam Islam yang menyajikan kue ini saat Idul Fitri.[1]

Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang-orang Eropa, di antaranya adalah kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan adas manis sehingga rasanya sangat khas kaya akan aroma rempah.

Kue berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, , dan mentega/margarin ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang lembut namun kokoh. Adonan kue dipanggang dalam oven secara bertahap hingga membentuk lapisan-lapisan yang umumnya berjumlah 18 lapisan atau lebih. Karena banyaknya lapisan pada lapis legit, kue ini dikenal juga dengan sebutan “kue seribu lapis”.

Varian kue lapis legit Surabaya (instagram: @legitsurabaya)
kue lapis legit Surabaya (instagram: @legitsurabaya)

Harga Lapis Legit Surabaya

Nama Produk dan TokoKisaran Harga (Rp)
Lapis Legit Sari Rasa14.000 – 58.000
Lapis Legit “Kpingin Enak”20.000 – 56.000
Toko Roti Lapis Legit Nayyara45.000 – 50.000
Livana – Rumah Spikoe& Cake65.000 – 92.000
Legit Surabaya70.000 – 550.000
Malica Cake Spiku dan Lapis Legit71.000 – 89.000
Lapis Legit Legit’Ta83.000 – 85.000

Informasi harga lapis legit Surabaya di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga kue lapis legit Surabaya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kue lapis legit yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.Apabila Anda tertarik mencicipi kelezatan lapis legit Surabaya, Anda bisa langsung mengunjungi toko kue terdekat atau memesannya secara online.

Karena lamanya proses pemanggangan kue dan mahalnya harga bahan-bahan yang digunakan, kue lapis legit Surabayadibanderol dengan harga yang mahal, bisa mencapai ratusan ribu rupiah per loyang. Varian yang ditawarkan oleh setiap toko kue pun bermacam-macam, ada varian original, hingga yang diberi variasi lain seperti tambahan kismis, cokelat, keju, plum, almond, dan sebagainya. Jika semakin premium bahan-bahan yang digunakan, tentunya harga lapis legit Surabaya pun semakin mahal pula.

[1]Adzkiyak. 2021. Etnografi Kuliner: Makanan dan Identitas Nasional. Yogyakarta: Zahir Publishing, hlm 136.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *