Update Harga Lantai Vinyl Roll

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat interior atau ruangan rumah menjadi lebih menarik dan terkesan mewah. Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah melapisi lantai dengan vinyl. Di pasaran sendiri, sudah banyak toko yang menjual lantai vinyl ini, biasanya per roll, dengan harga bervariasi, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Ilustrasi: Penggunaan Vinyl Flooring Untuk Lantai Kamar Tidur (credit: offisindo)
Ilustrasi: Penggunaan Vinyl Flooring Untuk Lantai Kamar Tidur (credit: offisindo)

Dikutip dari Flooringbagus.com, lantai vinyl sendiri merupakan jenis penutup lantai sintetis yang meniru jenis lantai lainnya dalam hal motif apa pun. Misalnya meniru motif kayu, bebatuan, marmer, dan masih banyak lagi. Sebetulnya, lantai yang satu ini terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang memiliki tekstur yang sangat halus dan elastis sehingga mudah sekali dalam pemasangannya.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, lantai vinyl diklaim memiliki banyak kelebihan. Lantai jenis ini diklaim lebih awet dan ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, lantai vinyl juga diklaim mudah dalam hal pemasangan. Anda yang tidak terlalu profesional pun dapat memasang lantai ini sendiri dengan prosedur yang benar. Di samping itu, pemasangan lantai vinyl juga tidak membutuhkan biaya yang besar sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran Anda. Hampir senada, Dekoruma.com juga menilai lantai vinyl punya banyak kelebihan.

Kelebihan Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl memiliki ukuran yang cukup tipis, namun punya kekuatan yang sangat baik. Menurut banyak produsen, lantai jenis ini mampu bertahan 20 hingga 25 tahun. Salah satu faktor yang membuat lantai vinyl awet adalah campuran bahan kimia yang digunakan. Lantai vinyl juga kebal terhadap perubahan cuaca, seperti paparan sinar matahari yang berlebih serta cipratan air hujan. Karena itu, material ini juga cocok digunakan di luar ruangan.
  • Saat berada di dalam hunian, kebanyakan orang akan melepas alas kakinya. Nah, tekstur karpet atau lantai vinyl ini termasuk nyaman untuk dipijak telanjang karena lebih halus dibandingkan dengan material lantai parket. Kenyamanan ini diperoleh dari lapisan bawah karpet vinyl yang biasanya mengandung busa.
  • Faktor lainnya yang membuat lantai vinyl populer adalah keragaman warnanya. Dengan demikian, para pemilik hunian bisa menyesuaikan warna karpet atau lantai dengan konsep interior secara keseluruhan. Motif yang tersedia untuk lantai ini pun beragam, misalnya motif kayu dan batu alam. Karpet vinyl ini juga cocok digunakan pada banyak interior seperti minimalis, modern, kontemporer, Skandinavia, dan interior vintage.
  • Cara memasang lantai vinyl ini cukup mudah, karena Anda hanya perlu merekatkan karpet ke permukaan lantai yang sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Tidak melulu di atas semen atau plester, bahan ini juga bisa dipasang di atas keramik. Sangat tepat bagi Anda yang ingin mengubah suasana di dalam rumah tanpa perlu merombak interior secara besar-besaran.
  • Perawatan karpet vinyl sangat mudah, karena cukup disapu dan dipel secara rutin. Material lantai vinyl biasanya tidak menyerap air dan tahan terhadap noda. Jika sewaktu-waktu terkena tumpahan kopi, maka Anda cukup mengelap bagian yang kotor. Sementara, apabila material ini sobek atau mengalami kerusakan, Anda bisa menambalnya tanpa perlu membongkar seluruh bagian.
Baca juga  Kandungan Gizi dan Update Harga Sarang Burung Walet (Mangkok, Sudut, Patahan)

Kelemahan Lantai Vinyl

  • Seperti dikatakan di atas, lantai vinyl umumnya terbuat dari bahan PVC. Nah, bahan PVC ini mengandung zat VOC ke udara. Hasilnya, kualitas udara di dalam ruangan akan tercemar dan lama-kelamaan bisa membahayakan kesehatan penghuninya. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena produsen karpet vinyl sekarang sudah mulai mengurangi kadar PVC tanpa mengurangi kualitas vinyl.
  • Meski tahan terhadap perubahan cuaca dan nyaman diinjak, namun lantai vinyl umumnya tidak tahan terhadap goresan benda tajam. Karena itu, ketika memindahkan barang, Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan lantai vinyl. Begitu juga saat menggunakan high heels berujung tajam, Anda harus melepaskannya sebelum menginjak lantai ini.

Jenis Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl roll, seperti namanya, merupakan jenis yang dijual dalam bentuk roll atau gulungan. Setiap roll lantai biasanya memiliki lebar sekitar 2 meter, dengan panjang rata-rata antara 20 sampai 25 meter. Sementara, untuk harga jual lantai vinyl roll, tergantung pada ketebalan dan motif lantai. Biasanya, model ini diaplikasikan pada bangunan yang memiliki ruangan berukuran luas.
  • Lantai vinyl plank, adalah jenis yang memiliki motif menyerupai asli. Biasanya, lantai vinyl plank memiliki lebar antara 10 sampai 20 cm, dengan panjang kisaran 90 sampai 100 cm. Lantai ini sendiri terbuat dari potongan-potongan kayu kecil yang menggunakan jenis kayu jati, ulin, merbabu, atau lainnya.
  • Lantai vinyl tile, adalah jenis lantai vinyl yang bisa dijadikan solusi bagi Anda yang ingin menghasilkan tampilan keramik di dalam rumah. Meski punya bentuk mirip keramik, namun model ini tidak menggunakan nat. Pemasangan penutup lantai ini hanya menggunakan lem khusus, yang akan membuat sambungan antara satu persegi dengan yang lain nyaris tidak kelihatan.
Baca juga  Info Terbaru Harga Besi Beton Ulir per Batang
Vinyl lantai roll (sumber: alibaba)
Vinyl lantai roll (sumber: alibaba)

Apabila Anda tertarik mengaplikasikan lantai vinyl pada hunian Anda, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan. Selain itu, lantai vinyl juga sudah ditawarkan di banyak platform jual beli online. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga lantai vinyl per roll saat ini.

Harga Lantai Vinyl Roll

Merk & Ukuran Lantai Vinyl Harga per Roll
Goldway 2 m x 20 m x 1,2 m Rp2.000.000
RG Nano 2 m x 25 x 0,55 mm Rp1.000.000
RG Ultima 2 m x 20 m x 1 Rp2.200.000
RG Familia 2 m x 20 m x 1 Rp2.400.000
Vinyl Coin & Bordes 2 m x 20 m x 1,2 Rp3.200.000
Vision Bestrong 2 m x 20 m x 1,6 Rp4.000.000
LG Familia 2 m x 25 m x 1 Rp4.500.000
LG Palace 2 m x 25 m x 1,5 Rp5.000.000
LG Supreme 2 m x 20 m x 1,8 mm Rp5.500.000
LG Bright Wood & Mist 2 m x 25 m x 1,6 mm Rp5.500.000
LG Delight 2 m x 20 m x 2,2 mm Rp8.350.000
LG Space 2 m x 20 m x 2 mm Rp9.000.000
Gerflor Mipolam 180 2 m x 20 m x 2 mm Rp8.300.000 – Rp9.050.000
Gerflor Mipolam Tropan Plus 2 m x 20 m x 2 mm Rp10.500.000
Gerflor Mipolam Ambiance 2 m x 20 m x 2 mm Rp10.800.000
Baca juga  Update Harga U Ditch Precast, Beton Saluran Air

Harga lantai vinyl di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko furniture dan situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan juga turun. Lantai vinyl Gerflor Mipolam Ambiance misalnya, tahun lalu dijual Rp11,4 juta per roll dan kini turun menjadi Rp10,8 juta per roll. Sementara itu, harga lantai vinyl LG Familia 2 m x 25 m x 1 mm naik dari Rp3,2 juta per roll menjadi Rp4,5 juta per roll. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *