Info Terbaru Harga Lansoprazole, Obat untuk Gangguan Asam Lambung

Penyakit maag merupakan salah satu gangguan pencernaan yang menyerang sebagian besar orang. Salah satu penyebab gangguan ini adalah produksi asam lambung yang berlebihan. Nah, apabila Anda juga termasuk orang dengan penyakit maag atau tukak lambung, salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah Lansoprazole. Sudah dijual di maupun situs jual beli online, harga obat ini cukup terjangkau.

Cara Mengatasi Gejala Maag - www.medicalnewstoday.com

Ilustrasi: gejala sakit maag (sumber: medicalnewstoday.com)

Dikutip dari Alodokter.com, penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. GERD juga dapat didefinisikan sebagai gangguan ketika isi lambung mengalami refluks secara berulang ke dalam esofagus sehingga muncul gejala dan/atau komplikasi yang mengganggu.[1] Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung ini merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Masih menurut sumber yang sama, penyakit asam lambung ini pada umumnya disebabkan lower esophageal sphincter (LES) yang tidak berfungsi. LES sendiri adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES ini berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Nah, jika LES ini menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Menurut Detik Health, ada beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti berikut.

  • Konsumsi daging yang terlalu banyak dalam waktu singkat. Kondisi ini bisa semakin parah apabila daging tersebut diolah dengan bumbu yang tajam.
  • Mi instan karena makanan yang sangat populer ini mengandung garam yang tinggi. Seperti diketahui, konsumsi garam per hari dianjurkan tidak lebih dari satu sendok teh. Sementara, kandungan sodium pada mi instan rata-rata 50 sampai 60 persen dari kebutuhan sodium per hari.
  • Makanan pedas karena dapat mengandung senyawa capsaicin yang bagi sebagian orang sensitif bisa memicu produksi asam lambung. Karena itu, bagi para penderita maag, sebaiknya hindari makanan pedas jika tidak ingin penyakitnya kambuh.
  • Buah asam, seperti jeruk, lemon, dan nanas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka dengan gangguan asam lambung. Alasannya karena kandungan asam buah-buahan ini dapat memperparah asam lambung. Minuman bersoda yang bersifat asam juga bisa memicu masalah serupa.
  • Makanan tinggi lemak harus dihindari pengidap penyakit maag karena dapat mengganggu pencernaan. Pasalnya, makanan berlemak dan digoreng akan mengalami pencernaan yang lebih lambat sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu pencernaan.
Baca juga  Harga Kapsul Pegagan di Apotik dan Cara Mengonsumsinya

Pengobatan Asam Lambung

Jika Anda menderita gangguan asam lambung, pengobatan penyakit tersebut memiliki beberapa tahapan. Cara awal paling mudah adalah mengganti menu makanan Anda, yaitu beralih ke makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu pedas. Namun, apabila langkah ini belum berhasil, obat-obatan dapat digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter sering menyarankan untuk obat untuk jangka . Namun, apabila pengobatan tersebut masih belum juga berhasil mengatasi penyakit asam lambung, prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter.

Ilustrasi: obat untuk sakit lambung (credit: makatimed.net.ph)

Ilustrasi: obat untuk sakit lambung (credit: makatimed.net.ph)

Indikasi Lansoprazole

Di pasaran, sudah tersedia banyak obat yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan gangguan asam lambung. Salah satu obat yang dapat Anda pilih adalah Lansoprazole, yang diklaim cocok untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan akibat produksi asam lambung yang berlebihan, seperti sakit maag dan tukak lambung.

Baca juga  Update Harga Masker N95 (Satuan dan Box)

Lansoprazole adalah obat untuk mengobati masalah lambung dan esofagus. Obat ini membantu menyembuhkan kerusakan akibat asam lambung, baik pada perut maupun kerongkongan, mencegah terbentuknya tukak lambung, dan dapat membantu mencegah kanker esofagus.

Obat ini bekerja dengan menurunkan produksi asam oleh lambung. Obat ini juga bisa dipakai untuk meredakan gejala seperti heartburn (panas perut), sulit menelan, dan batuk yang tak sembuh-sembuh. Lansoprazole termasuk obat dalam golongan proton pump inhibitor (PPI).

Selain untuk mengatasi gangguan asam lambung, obat ini juga dikatakan dapat berguna untuk menangani erosif esophagitis, suatu kondisi ketika kerongkongan (esophagus) mengalami peradangan karena iritasi asam lambung, infeksi virus atau jamur, dan penggunaan alkohol serta obat-obatan tertentu. Di samping itu, juga bisa untuk pengobatan zollinger ellison syndrome, suatu penyakit langka yang terjadi karena tumor pankreas atau usus duabelas jari melepaskan hormon yang menyebabkan terjadinya kelebihan produksi asam lambung.

Dosis Lansoprazole

  • Infeksi helicobacter, dosis dewasa adalah 30 mg dua kali sehari, yang dikombinasikan dengan clarithromycin 500 mg dua kali sehari dan amoxicillin 1 gram dua kali sehari.
  • GERD, dosis dewasa adalah 15 sampai 30 mg setiap hari sekali, diminum pada pagi hari selama 4 sampai 8 minggu. Dosis anak-anak 1 sampai 11 tahun dengan berat badan kurang dari 30 kg adalah 15 mg sekali sehari pada pagi hari, maksimal 12 minggu. Sementara, dosis untuk anak-anak 1 sampai 11 tahun dengan berat badan lebih dari 30 kg adalah 30 mg sekali sehari, maksimal 12 minggu.
  • Dispepsia, dosis dewasa adalah 15 sampai 30 mg sehari sekali selama 2 sampai 4 minggu.
  • Tukak lambung, dosis dewasa adalah 30 mg sehari sekali selama 4 minggu.
Ilustrasi: minum pil obat (clearbookinc.com)

Ilustrasi: minum pil obat (clearbookinc.com)

Harga Lansoprazole Tablet

Merk LansoprazoleHarga per Tablet
Lansoprazole Nufarindo 30 mgRp1.400
Lansoprazole Hexpharm 30 mgRp2.633
Lansoprazole Digest 30 mgRp5.597
Lansoprazole Lapraz 30 mgRp16.831
Lansoprazole Prazotec 30 mgRp18.411
Lansoprazole Solans 30 mgRp19.223
Lansoprazole Lasgan 30 mgRp19.352
Lansoprazole Gastrolan 30 mgRp19.510
Lansoprazole Nuzole 30 mgRp19.669
Lansoprazole Loprezol 30 mgRp20.219
Lansoprazole Pysolan 30 mgRp20.371
Lansoprazole Lagas 30 mgRp22.747
Baca juga  Info Lengkap Alat EKG beserta Harga Terbaru di Pasaran

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Lansoprazole per tablet tahun ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Lansoprazole Hexpharm 30 mg yang awalnya dijual dengan harga Rp1.394 per tablet, naik menjadi Rp2.633 per tablet.

Kemasan obat Lansoprazole (sumber: shopee.co.id)

Kemasan obat Lansoprazole (sumber: shopee.co.id)

Harga Lansoprazole Strip

Merk LansoprazoleHarga per Strip
Lansoprazole Hexpharm 30 mgRp13.000
Lansoprazole Erphalanz 30 mgRp14.000
Lansoprazole Novell 30 mgRp19.900
Lansoprazole Digest 30 mgRp71.000
Lansoprazole Lagas 30 mgRp152.250
Lansoprazole Prazotec 30 mgRp163.000

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Lansoprazole per strip tahun ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Lansoprazole Hexpharm 30 mg yang awalnya dibanderol Rp12 ribu, sedikit naik menjadi Rp13 ribu per strip. Sementara itu, Lansoprazole Lagas 30 mg yang awalnya dijual dengan harga Rp160 ribu, turun menjadi Rp152 ribuan per strip.

Seperti obat pada umumnya, Lansoprazole juga tidak luput dari efek samping. Meskipun jarang, efek samping yang dapat terjadi adalah diare, sakit perut, mual, kembung, konstipasi, sakit kepala atau pusing, dan penurunan kadar zat besi dalam darah. Jika efek samping terjadi berkepanjangan, disarankan untuk segera menemui dokter.

[Update: Almas]

[1] Radjamin, Irvinia Septarizka Putri, Iswan Abbas Nusi, Viskasari Pintoko Kalanjati. 2019. Profil Penderita Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) dan Non-Erosive Reflux Disease (NERD) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Majalah Biomorfologi Universitas Airlangga, Vol. 29(1): 13-18.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Lansoprazole, Obat untuk Gangguan Asam Lambung"