Harga Landak Mini (Dewasa dan Anakan)

Anda orang yang cukup sibuk dan membutuhkan hewan peliharaan di rumah untuk menghalau stres? Jika iya, Anda mungkin bisa memilih landak mini sebagai binatang peliharaan. Pasalnya, selain punya bentuk yang mungil dan lucu, landak mini adalah hewan yang aktif di malam hari, cocok sebagai teman bermain selepas bekerja. Apabila Anda berminat, harga landak mini saat ini rata-rata Rp100 ribuan per ekor untuk yang sudah dewasa.

Landak mini (sumber: ridus.ru)
Landak mini (sumber: ridus.ru)

Saat ini, memelihara hewan memang bukan cuma sebagai sebuah hobi, melainkan kebutuhan bagi sebagian orang. Manfaat paling jelas dari kepemilikan hewan peliharaan adalah cinta dan persahabatan. Memiliki hewan peliharaan juga dikatakan dapat membantu seseorang dalam mengelola kondisi kesehatan mental mereka.[1]

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, memiliki binatang peliharaan dikatakan dapat membuat kita menjadi lebih bahagia, berpenghasilan baik, dan lebih bugar. Bahkan, sebuah analisis mengatakan bahwa pemilik hewan biasanya akan lebih bahagia, lebih sering menghabiskan waktu keluarga, dan cenderung menikmati pekerjaannya.[2]

Ciri Landak Mini

Mencari hewan peliharaan pun tidak sulit, karena sudah banyak jenis binatang yang cocok dijadikan piaraan di rumah. Namun, jika Anda bosan dengan burung, ikan, kucing, atau anjing, mungkin Anda bisa menjatuhkan pilihan pada landak mini. Pasalnya, landak mini selain punya bentuk yang mungil, juga jinak serta cukup mudah dipelihara.

Dilansir dari berbagai sumber, landak mini juga sering dikenal dengan nama landak kerdil Afrika. Seperti namanya, landak mini ini memang berasal dari Afrika bagian tengah dan timur, tetapi sebenarnya sebagian besar hewan ini adalah hibrida dari dua spesies, yakni landak berjari empat dan landak Aljazair. Hewan lucu dan menggemaskan ini memiliki panjang tubuh antara 5 hingga 8 inch, serta dapat bertahan rata-rata 5 tahun.

Baca juga  Karakteristik, Cara Memelihara, dan Update Harga Kura-Kura Aldabra

Seperti landak pada umumnya, landak mini juga memiliki duri, yang sebenarnya rambut binatang tersebut. Ada sekitar 5 ribu sampai 7 ribu duri yang menempel di sepanjang punggung binatang tersebut, yang juga memiliki fungsi perlindungan yang sangat penting. Kebanyakan landak mini sudah memiliki duri sejak lahir, dan beberapa berada di bawah lapisan kulit berisi cairan dan lainnya ditutupi selaput.

Tidak hanya mengandalkan duri sebagai perlindungan diri, landak mini biasanya juga akan meringkuk dan menggulung dirinya menjadi bola berdiri saat dia merasa terancam atau khawatir. Kenapa mereka melakukan hal tersebut? Karena dalam bentuk gulungan, mereka akan tampak jauh tidak menarik bagi predator seperti musang, rubah, dan hewan pemangsa lainnya.

Setidaknya, ada 17 landak mini yang di berbagai belahan dunia. Selain di Afrika, mereka dapat ditemukan di Eropa dan Asia, serta menjadi pendatang baru di New Zealand. Mereka mampu menyebar ke berbagai tempat lantaran punya kemampuan adaptasi untuk hidup di hutan, gurun, sabana, taman, maupun kebun rumahan. Mereka pun dapat bersarang di bawah semak-semak kecil atau batu atau menggali liang di tanah.

Karena di berbagai iklim di seluruh dunia, beberapa mungkin memerlukan hibernasi untuk melewati musim dingin. Namun, landak mini yang hidup di daerah gurun dapat tetap terjaga sepanjang tahun atau mengalami serangan mati suri yang berlangsung selama 24 jam atau kurang. Di daerah terdingin, landak mini mungkin akan berhibernasi selama enam bulan.

Baca juga  Harga Ikan Komet Kecil dan Besar

Harga Landak Mini

Landak mini (sumber: klook.com)
Landak mini (sumber: klook.com)
Varian Landak Mini Harga
Landak Mini Albino Anakan Betina Rp120.000 – Rp200.000 per ekor
Landak Mini Albino Anakan Jantan Rp120.000 – Rp200.000 per ekor
Landak Mini Brown Anakan Rp135.000 per ekor
Landak Mini Albino Dewasa Rp200.000 – Rp450.000 per ekor
Landak Mini Salt Pepper Dewasa Rp250.000 – Rp500.000 per ekor
Landak Mini Brown Sepasang Rp350.000
Landak Mini Albino Sepasang + Anakan Rp500.000

Harga landak mini di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga landak mini tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga landak mini di masing-masing tempat bisa saja berbeda, tergantung kondisi hewan dan penawaran penjual yang bersangkutan.

Cara Memelihara Landak Mini

Kenapa landak mini sering direkomendasikan sebagai hewan peliharaan, karena binatang ini memang punya banyak keunggulan. Landak mini punya tubuh yang kecil sehingga tidak memerlukan tempat yang besar, tidak menggonggong atau mengomel, tidak agresif, hanya memerlukan pembersihan landak mingguan, dan baik untuk penderita karena tidak punya bulu.[3] Selain itu, landak mini tidak memerlukan suntikan vaksin rutin, tetapi pengecekan ke dokter hewan secara tahunan sangat dianjurkan.

Nah, apabila Anda tertarik memelihara hewan ini, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kandang. Kandang yang dibuat untuk hamster dan kelinci dapat juga dipakai untuk landak mini, tetapi hindari dasar kandang yang terbuat dari jeruji karena landak mini punya yang kecil dan rawan terluka. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai bahan kertas daur ulang atau handuk yang diganti secara teratur.

Baca juga  Fakta Unik dan Update Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Perlu diketahui bahwa landak adalah hewan yang sangat aktif, terutama di malam hari. Nah, Anda bisa menyediakan roda lari besar yang tertutup di dalam kandang agar landak mini dapat berolahraga, dengan kotak persembunyian, mangkuk makanan, dan botol air. Pastikan roda berjalan dibersihkan secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran.

Sementara untuk makanannya, tidak seperti hewan mungil lainnya, landak mini memiliki selera yang cukup untuk hal-hal yang merayap dan merangkak. Karena itu, jangkrik dan mealworm adalah serangga yang paling sering diberikan untuk binatang ini di penangkaran. Namun, pakan pokok harus berupa makanan khusus, dibuat dari serangga dan vitamin serta mineral, yang sudah dapat Anda beli di pet shop.

[1] Bintang, Ishak Samuel, Heru Dwi Waluyanto, Anang Tri Wahyudi. 2017. Perancangan Buku Interaktif Pengenalan Landak Mini sebagai Alternatif Hewan Peliharaan bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 2(11).

[2] Saputra, Charistia Firenze Louis. 2016. Implementasi Konsep Wild into Coziness pada Perancangan Interior Dog Daycare Center di Surabaya. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 423-434.

[3] Bintang, Ishak Samuel, Heru Dwi Waluyanto, Anang Tri Wahyudi. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.