Info Terbaru Harga Lampu Sorot LED 100 Watt (Interior & Eksterior)

Teknologi (light emitting diode) kini memang semakin banyak digunakan di banyak lampu. Tidak hanya untuk lampu depan (headlamp) sepeda motor dan mobil, atau lampu penerangan di jalanan, teknologi ini juga sudah dipakai untuk lampu sorot. Di pasaran sendiri, lampu sorot yang menggunakan teknologi LED dengan kapasitas 100 Watt, saat ini dilepas dengan Rp140 ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung merek dan -nya. 

Sekilas Mengenai Lampu LED

Lampu Sorot LED - pusatlampuled.com

Lampu Sorot LED - pusatlampuled.com

Sebelum membahas mengenai lampu sorot LED, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai lampu LED itu sendiri. Dikutip dari situs Wikipedia, lampu LED bisa dikatakan sebagai diode pancaran cahaya yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED ini memiliki usia pakai dan efisiensi beberapa kali lipat lebih baik dibandingkan lampu pijar dan juga tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon.

Tidak seperti lampu pijar dan lampu neon, lampu LED akan menghasilkan terang sepenuhnya tanpa perlu waktu pemanasan atau warm-up. Lampu LED ini hanya butuh energi sebesar 10 persen dari energi yang dibutuhkan lampu pijar. Sementara itu, usia pakai lampu neon juga berkurang jika pengguna sering menyalakan dan mematikan lampu ini. Meski biaya awal lampu LED umumnya lebih mahal, namun pasar lampu LED ini diperkirakan akan meningkat hingga 12 kali lipat dalam kurun waktu satu dekade ke depan, dari 2 miliar dolar AS di awal tahun 2014 menjadi sebesar 25 miliar dolar AS pada tahun 2023.

Akhir-akhir ini, penggunaan lampu LED memang semakin luas. Produk-produk motor keluaran terbaru, khususnya motor sport, kebanyakan telah menggunakan teknologi LED ini, terutama di lampu bagian depan atau headlamp. Banyak juga pemilik motor lama yang mengganti headlamp kuda besi mereka dengan lampu LED guna mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Selain itu, lampu LED juga banyak digunakan pada fasilitas publik, salah satunya penerangan jalan umum atau PJU.

Pengertian Lampu Sorot

Lampu LED (sumber: aeroexpo.online)

Lampu LED (sumber: aeroexpo.online)

Masih menurut situs Wikipedia, diketahui bahwa lampu sorot, seperti namanya, adalah lampu yang menyorotkan sinar atau cahaya hanya ke satu arah. Dikenal juga sebagai lampu tembak, alat ini memproyeksikan cahaya yang bersumber biasanya dari lampu busur karbon, dengan sebuah cermin reflektor . Cahaya yang dilepaskan sejajar dan menuju suatu titik dalam arah tertentu, dan biasanya dirancang agar bisa berputar.

Karena hanya ditujukan untuk menyorot satu objek tertentu saja, maka lampu sorot ini akan memberikan cahaya yang lebih jelas pada suatu spot atau objek yang ‘ditembak’ dibandingkan tempat lainnya. Bisa digunakan untuk kepentingan indoor (di dalam ruangan) maupun outdoor (di luar ruangan), lampu sorot biasanya untuk dipakai untuk menyorot barang-barang mewah, seperti lukisan dan patung, atau menyorot performer dalam suatu pertunjukan.

Selain digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan, lampu sorot ternyata juga telah disematkan pada kendaraan roda empat atau mobil dan juga kendaraan roda dua atau sepeda motor. Lampu sorot pada kendaraan bermotor ini memiliki beragam, yang secara umum memberikan pencahayaan yang lebih baik kepada pengendara, maupun kendaraan di depannya. 

Fungsi Lampu Sorot di Kendaraan Bermotor

  • Lampu tembak sering digunakan untuk memberikan penerangan saat berkendara dalam kondisi umum.
  • Lampu tembak bisa digunakan untuk memberikan penerangan yang memadai ketika berkendara dalam kondisi hujan. Seperti diketahui, selain dalam kondisi gelap, air hujan, terutama bila turun cukup deras, berpotensi menghalangi pandangan ketika berkendara.
  • Lampu tembak berguna untuk memberikan tanda atau peringatan kepada kendaraan yang berada di depannya, terutama jika ingin berbelok yang kemungkinan memotong jalan kendaraan yang berlawanan arah.
  • Lampu tembak berfungsi sebagai penerangan ketika berkendara melewati jalanan yang ekstrem, termasuk jalanan yang sepi, banyak tikungan tajam, atau memiliki turunan dan tanjakan. Lampu ini bisa memberikan peringatan atau tanda kepada kendaraan yang mungkin berada di arah berlawanan saat hendak melewati tikungan.
  • Lampu tembak dipakai sebagai ‘pengganti’ lampu standar yang mati. Tetapi, yang perlu diingat, karena lampu sorot memiliki pencahayaan yang jauh lebih tajam, yang bisa mengganggu pandangan pengendara yang berlawanan arah, maka sebaiknya Anda tidak sering-sering menggunakan lampu ini sebagai standar pencahayaan kendaraan Anda.

Untuk menghasilkan cahaya yang maksimal, umumnya lampu sorot memang telah dibekali dengan teknologi LED. Tidak sulit menemukan lampu sorot LED ini karena telah dijual bebas di pasaran. Anda bisa mendapatkan produk ini di berbagai toko maupun situs jual beli online dalam berbagai merek. Nah, sebagai , berikut kami sajikan kisaran harga lampu sorot LED yang memiliki kapasitas daya 100 Watt di pasaran Tanah Air.

Harga Lampu Sorot LED 100 Watt

Lampu LED mobil (sumber: consumerreports.org)

Lampu LED mobil (sumber: consumerreports.org)

Merek/Tipe Lampu Sorot LEDKisaran Harga 
STARLUX ST-50110 LED 100 WattRp135.000
SMD Slim IP66 LED 100 WattRp175.000
VALESCOM IP55 LED 100 WattRp195.000
EMICO IP66 LED 100 WattRp200.000
GMD IP66 LED 100 WattRp205.000
EMICO IP65 LED 100 WattRp230.000
KYZUKU IP65 LED 100 WattRp350.000
SKYLITE IP66 LED 100 WattRp340.000
SIVICOM IP65 LED 100 WattRp400.000
MYTH IP65 LED 100 WattRp438.000
SKY IP66 LED 100 WattRp450.000
IN-LITE IP65 LED 100 WattRp575.000
Himawari IP65 LED 100 WattRp750.000
PHILIPS BVP161 IP65 LED 100 WattRp1.250.000 – Rp1.348.000
CREE LED-SR100W Rp1.792.000
OSRAM IP65 LED 100 WattRp1.970.000

harga lampu sorot LED di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik dan situs jual beli online. Banderol lampu sorot LED berdaya 100 Watt tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko lampu terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Syarat Pengajuan dan Biaya Mesin EDC BRI
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Lampu Sorot LED 100 Watt (Interior & Eksterior)"