Update Harga Lakban Hitam untuk Jilid (Semua Ukuran)

Penjilidan buku dapat dilakukan dengan cara yang sederhana menggunakan bahan pengikat dan bahan perekat. Khusus untuk jilid buku dengan halaman yang tipis, biasanya orang akan menggunakan staples dan lakban hitam. Lakban adalah hal penting dalam ilmu menjilid secara manual. Anda bisa membeli lakban di toko ATK (Alat Tulis Kantor) terdekat atau situs jual beli online dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Menjilid Buku Dengan Lakban Hitam (credit: xfasten)
Ilustrasi: Menjilid Buku Dengan Lakban Hitam (credit: xfasten)

Cara Menjilid Buku dengan Staples dan Lakban

  • Tidak sulit menjilid buku, apalagi jika jumlah halamannya sedikit. Untuk membuat buku sederhana seperti scrapbook atau notes kecil dengan jumlah halaman di bawah 50, Anda hanya perlu menyiapkan pengikat berupa staples. Pilih kertas yang ingin Anda pakai untuk membuat buku, sebagai contoh kertas HVS ukuran A4.
  • Setelah itu, tentukan lipatan kertas. Anda bisa melipatnya menjadi dua bagian atau membiarkannya untuk membuat buku yang besar. Jika Anda ingin membuat buku yang besar, cukup rekatkan bagian pinggir buku dengan jumlah staples tiga di bagian atas, tengah, dan bawah.
  • Sementara itu, Anda bisa membuat buku yang lebih kecil dengan melipat kertas menjadi dua bagian yang sama dan simetris. Setelah itu, rekatkan bagian tengah kertas menggunakan staples. Biasanya, untuk ukuran kertas HVS ini, Anda membutuhkan dua staples di bagian tengah. Jangan lupa, ketika Anda merekatkan kertas menggunakan staples, Anda sudah merekatkan sampulnya.
  • Ada urutan untuk menjilid buku secara sederhana, yakni meletakkan sampul di bagian depan dan paling belakang kertas lalu alas, dan kertas isi. Setelah itu, baru Anda bisa merekatkannya. Supaya lebih rapi dan awet, tempelkan lakban khusus jilid, yang biasanya terbuat dari kain linen, di bagian ujung buku untuk menutupi staples.
Baca juga  Update Harga Paspor 24 dan 48 Halaman dan Perbedaannya

Selain bisa memakai staples, beberapa orang memilih untuk memakai lem sebagai perekat. Biasanya ini adalah jenis buku laporan, novel, komik, dan skripsi. Beberapa orang ada juga yang menggunakan teknik ini untuk membuat buku diary dan berikut caranya.

Bacaan Lainnya

Cara Menjilid Buku dengan Lem dan Lakban

  • Dilansir dari wikiHow, Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkan kertas yang akan dijilid. Sebelumnya, kumpulkan kertas dan letakkan di atas meja kayu. Sisakan 0,6 cm bagian ujung kertas yang akan di lem di bagian ujung meja, sehingga posisinya terlihat menggantung.
  • Ambil kayu atau buku berukuran tebal dan letakkan di atas kertas sebagai penindih atau penjepit supaya kertas mudah dilem dan tidak tercecer. Lalu, siapkan lem khusus untuk menjilid. Sebagai tips, pilihlah lem dengan daya rekat tinggi tetapi mudah kering dan tidak merusak kertas, seperti lem batang PVA (PVAC).
  • Rekatkan bagian ujung kertas menggunakan kuas dan biarkan selama 15 menit atau hingga semua kertas merekat menjadi satu dan menyerupai buku. Setelah itu, rekatkan sampul di bagian atas dan bawah jilidan. Anda juga bisa menambahkan dasar atau kertas pembuka isi di bagian bawah sampul.
  • Supaya daya rekat kertas semakin kuat, pukul-pukul ujung kertas yang sudah dilem menggunakan palu. Langkah terakhir dalam penjilidan adalah memasang lakban. Gunakan lakban kain berwarna supaya tampilannya lebih elegan dan simpel.
Baca juga  Update Harga Pianika Yamaha Original (P32D & P37D)

Bagi Anda yang membutuhkan lakban untuk keperluan menjilid kertas seperti di atas, Anda bisa membelinya di toko alat tulis terdekat atau situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut harga lakban hitam untuk jilid.

Harga Lakban untuk Jilid

Lakban hitam untuk jilid (sumber: duckbrand.com)
Lakban untuk jilid (sumber: duckbrand.com)
Merk/Tipe Lakban Harga
Vitional Lakban Kain 4,5 M Rp5.750
Lakban Kain Jilic Cloth Tape Gold Tape 1,5 inci Rp6.000
Lakban Sazami Cloth Tape 46 mm Linen Jilid Rp7.999
Lakban Kain Hitam Sazami 2 inci x 8 m Rp8.250
Lakban Kain Hitam TOP 2 inci x 8 m Rp8.250
Lakban Hitam Kain Cloth Kenko Linen 1,5 inci Rp10.000
Lakban Hitam Kain Cloth Joyko Linen 1,5 inci Rp10.000
Cloth Tape Hitam Rhinoceros 48 mm x 10 m Rp10.599
Premium Tape Lakban Hitam Jilid 35 mm Rp12.000
Tape Lakban Hitam Nachi Jilid 35 mm Rp12.000
Lakban Hitam Kain Cloth Kenko Linen 48 mm Rp13.900
Lakban Hitam Cloth Tipe ABC 48 mm Rp14.500
Lakban Kain Hitam Cloth Tape 48 mm Besar Rp15.000
Lakban Hitam Tamago Linen Cloth 3,6 cm x 10 m Rp16.600
Lakban Kain Hitam Daimaru 2 inci (48 mm x 12 m) Rp18.000
Baca juga  Info Harga Tinta Stempel Yamura (Semua Varian & Ukuran)

Harga lakban hitam untuk jilid di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Harga lakban hitam tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga lakban hitam untuk jilid tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Vitional lakban kain hitam 4,5 M yang dibanderol Rp5.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp5.750 tahun 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.