Info Lengkap Komposisi dan Harga Lactamor

No comment708 views

Setiap ibu sebenarnya dapat mencukupi kebutuhan air susu ibu (ASI) untuk bayinya. Namun, banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan menyusui. Penggunaan produk pelancar ASI alami seperti daun katuk dapat diberikan untuk memberikan stimulasi produksi ASI. Namun, tak sedikit ibu muda yang belum mampu mengolah daun katuk sendiri untuk dikonsumsi, sehingga lebih memilih obat pelancar ASI yang tersedia di berbagai apotek seperti Lactamor. Lactamor banyak dipilih karena harga jual yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Ibu Menyusui Anak (credit: healthline)

Ilustrasi: Ibu Menyusui Anak (credit: healthline)

ASI sesungguhnya telah mulai dibentuk di payudara wanita sejak usia sekitar 20 minggu. Meski begitu, tak setiap wanita usai melahirkan mendapatkan ASI yang melimpah. Hal tersebut lantaran, pengaliran ASI selama kehamilan dapat dihambat oleh hormon kehamilan (progesteron). Sebagian besar ibu merasakan payudaranya mulai penuh atau ASI-nya mulai mengalir setelah hari ketiga. Aliran ASI memang baru sedikit sesuai dengan kebutuhan bayi.[1]

Lactamor merupakan salah satu ASI booster yang diproduksi oleh perusahaan Kalbe Farma. Suplemen makanan yang satu ini tak hanya memiliki kandungan daun katuk yang telah lama diyakini dapat membantu produksi ASI, melainkan juga dilengkapi dengan ekstrak biji Fenugreek dan vitamin B12. Vitamin B12 dibutuhkan bagi ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Baca juga  Update Biaya dan Syarat Buka Rekening BRI Syariah (Bank Syariah Indonesia)

Menurut testimoni di internet, beberapa konsumen mengungkapkan reaksi suplemen terjadi pada hari ketiga setelah mengonsumsinya. ASI menjadi melimpah tanpa ada efek samping yang terjadi pada . Lactamor banyak direkomendasikan oleh dokter karena kandungannya terbuat dari bahan herbal sehingga dapat dikonsumsi jangka panjang. Berikut ulasan lengkap mengenai komposisi, dosis, hingga efek samping Lactamor.

Komposisi Lactamor

Lactamor mengandung ekstrak biji Fenugreek (Trigonella foenum graecum) 600 mg, ekstrak biji daun katuk (Sauropus androgynus) 100 mg, dan vitamin B12 20 mcg.

Ilustrasi: Lactamor (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Lactamor (credit: Tokopedia)

Dosis Lactamor

3 kali sehari 1-2 setelah makan. Selanjutnya, simpan pada tempat sejuk, kering, dan terhindar dari paparan matahari langsung. Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Baca juga  Update Harga Klorofil K-Link (K-Liquid Chlorophyll)

Perlu diketahui, bagi penderita diabetes, hipoglikemia, asma, migrain dan hipertensi tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Penggunaan bersamaan dengan obat penghambat pembekuan darah seperti heparin, warfarin, ticlopidine, dan penghambat platelet lainnya dapat meningkatkan risiko perdarahan. Penderita tekanan darah rendah sebaiknya tidak diberikan suplemen ini hingga tekanan darahnya normal, karena suplemen ini dapat menurunkan tekanan darah.

Efek Samping Lactamor

Lactamor umumnya ditoleransi dengan baik. Namun, Anda tetap harus mewaspadai risiko setelah mengonsumsi Lactamor. Ketika mengkonsumsi suplemen ini, ada kemungkinan air seni dan keringat akan berbau khas. Kadang dapat terjadi pembentukan feses yang lebih lunak baik pada ibu maupun bayi yang akan kembali seperti semula ketika penggunaan suplemen makanan ini dihentikan. Penggunaan lebih dari dosis yang dianjurkan sehari dapat menyebabkan rasa mual. Apabila terjadi reaksi alergi lainnya, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Ilustrasi: Bayi dan Air Susu Ibu (credit: bhg)

Ilustrasi: Bayi dan Air Susu Ibu (credit: bhg)

Harga Lactamor di Apotek

Pilihan LactamorHarga (Rp)
Lactamor per tablet2.675
Lactamor per strip31.361
Lactamor per dus isi 6 strip136.500
Baca juga  Harga Vitacimin 1 Box dan 1 Strip

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet, salah satunya apotik online K24. Anda dapat membelinya di toko obat terdekat dengan harga bersaing. Selain itu, Anda dapat menelusuri sejumlah situs jual beli online untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Perlu diingat, Lactamor tidak disarankan untuk diberikan pada ibu hamil. Pasalnya, bahan aktif obat ini diketahui dapat menginduksi hormon oksitosin yang dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi uterus dan menyebabkan kelahiran prematur. Penghentian penggunaan suplemen ini bisa dilakukan jika ASI dirasa sudah cukup memadai. Sebagai alternatif pilihan selain Lactamor, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen pelancar ASI seperti Asifit dan Lactamam.

[1] Handy, Fransisca. A - Z Perawatan Bayi (Jakarta: Puspa Swara, 2015), hlm. 63

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Komposisi dan Harga Lactamor"