Info Lengkap Cara Perawatan dan Harga Kura-kura Sulcata di Pasaran

adalah salah satu yang menjadi peliharaan favorit sejumlah kalangan, khususnya pecinta reptil. Ternyata memiliki banyak spesies dengan bentuk beragam yang tidak banyak diketahui. Salah satu kura darat yang unik yakni kura Sulcata. spesies yang lebih akrab disapa Sulcy ini berbeda-beda tergantung besar ukurannya.

Kura-kura sulcata (sumber: liputan6.com)

Kura-kura sulcata (sumber: liputan6.com)

Bagi Anda yang berencana ingin menjadikan kura-kura Sulcata menjadi peliharaan, maka ada baiknya mengenal spesies ini lebih dekat mulai dari fisik hingga cara perawatannya. Ketika diamati kura-kura Sulcata memiliki bentuk fisik yang menggemaskan dengan warna kuning kecokelatan. Motif karapas atau tempurungnya begitu sederhana hanya garis berwarna cokelat gelap yang menjadi pemisah setiap sekat. 

Sekat tempurung dari kura-kura Sulcata kebanyakan memiliki pola berupa titik hitam tetapi terlihat tipis. Sebagian Sulcy yang tidak memiliki pola hitam tadi dibedakan fisiknya menjadi dotless (tanpa titik). Saat masih bayi, tempurungnya berbentuk bola dan melebar. Sulcy yang tidak sehat, ditandai dengan bentuk tempurung yang tampak seperti piramid.

Tak heran, jika Sulcy mampu beradaptasi dengan suhu gurun yang ekstrem sebab secara fisik hewan bernama latin Centrochelys sulcata ini memiliki bentuk tempurung yang tebal dan sisik yang terlihat di sekitar kakinya. Hal inilah yang membuat Sulcy mampu mengendalikan tubuhnya dari terik matahari, sehingga tidak mudah kehilangan cairan.

Sulcata menjadi spesies kura-kura terbesar ketiga di dunia dengan massa tubuh saat dewasa mulai dari 32 kg hingga mencapai 45 kg dan panjang yang mencapai 70 cm. Benua Afrika menjadi habitat asli kura-kura ini, kemudian menyebar ke berbagai kawasan gersang seperti Gurun Sahara, Ethiopia, Nigeria, Sudan, Mauritania, Mali, Senegal, hingga ke Pantai Massaua. Suhu yang ideal bagi Sulcata berkisar antara 29 hingga 40 derajat celcius. 

Lalu apa alasan kura-kura ini masih dapat bertahan hidup di Indonesia yang konon bertanah subur? Ternyata karena Sulcata dapat beradaptasi dengan kondisi di lingkungan yang bersuhu rendah, asal tidak lembap atau basah. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan sejumlah hal selama merawat hewan lucu satu ini. Berikut cara perawatan kura-kura Sulcata yang perlu Anda simak.

Cara Perawatan Kura-kura Sulcata

Kura-kura sulcata (sumber: kuyahejo.com)

Kura-kura sulcata (sumber: kuyahejo.com)

Perhatikan kondisi kandang kura-kura Sulcata

Jika musim hujan tiba, Anda tidak disarankan membawa kura-kura Sulcata ke luar ruangan. Pindahkan kandang ke dalam rumah dan perhatikan kondisi tanah agar senantiasa kering dan tidak lembab. Selain itu, tetap kontrol kebersihan kandang, hal tersebut dapat membuat kura-kura Sulcata tetap dapat hidup dengan nyaman. Kandang kura-kura harus luas agar Sulcata dapat aktif bergerak bebas, minimal 100x60cm untuk kura-kura yang kecil di bawah 10 cm.

Tambah peralatan pendukung di kandang kura-kura Sulcata

Selain kandang yang nyaman, Anda perlu membeli peralatan pendukung seperti lampu UVB dan UVA yang keduanya harus dinyalakan bersamaan selama 6 jam minimal sebanyak 2 kali sehari. Lampu tersebut berfungsi sebagai sinar matahari bagi kura-kura Sulcata. Anda disarankan menjemur kura-kura sebanyak 2 kali sehari atau minimal 2 kali seminggu. Sebelum dijemur, Sulcata dapat direndam selama 5-10 menit menggunakan hangat dengan tinggi tidak boleh melebihi mulut Sulcata.

Perhatikan asupan gizi kura-kura Sulcata

Kura-kura dikenal sebagai reptil yang suka makan dalam jumlah besar. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan makanan dengan gizi yang lengkap tetapi tetap seimbang. Hal yang perlu diperhatikan untuk makanan Sulcy berupa kandungan air yang cukup dan tidak berlebih, kaya akan serat, serta rendah protein. Anda juga dapat memvariasikan makanan Sulcy seperti kombinasi dari kaktus centong, kembang sepatu, wortel, sawi hijau, daun selada, kangkung, semanggi, siomak, fumak, buncis, serta sayuran yang cocok untuknya. Misalkan, pemberian sawi 3 hari, kaktus centong 2 hari, kemudian kembang sepatu 2 hari, dan lainnya. Beri tambahan kalsium pada Sulcata, kebutuhan kalsiumnya berupa tulang sotong sekali atau dua kali seminggu.

Beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lupakan yakni membuat kura-kura tidak mudah stres. Biarkan Sulcata melakukan adaptasi sendiri dengan lingkungannya tanpa Anda banyak mengintervensi. Cara efektif yang dapat dilakukan yakni sering-sering meletakkan kura-kura di luar kandangnya, misal di rumput atau halaman yang banyak tanamannya.

Harga Kura-kura Sulcata

Budidaya kura-kura sulcata (sumber: tokopedia)

kura-kura sulcata (sumber: tokopedia)

Varian kura kura SulcataKisaran Harga (Rp)
Kura Sulcata 5 – 6 cm985 ribu
Kura Sulcata Ukuran 6 – 7 cm 1 juta – 1,1 juta
Kura Sulcata Ukuran 7 – 8 cm1,3 juta – 1,5 juta
Kura Sulcata Ukuran 10 – 12 cm1,6 juta
Kura Sulcata Ukuran 14 - 15 cm2,8 juta – 3,5 juta
Kura Sulcata Ukuran 16 – 32 cm3,9 juta
Kura Sulcata Ukuran 24 cm (Super)4,6 juta
Kura Sulcata Ukuran 25 cm (Super)6,2 juta
Kura Sulcata AlbinoMulai 21 juta – 27,3 juta

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber situs jual beli online dan sifatnya tidak mengikat. Anda dapat membeli kura-kura Sulcata di petshop terdekat atau jika ingin lebih praktis, Anda juga dapat memesan lewat online. Perhatikan tips dan cara perawatan yang benar agar Sulcata Anda dapat tumbuh besar dan bertahan hidup lebih lama.

Baca juga  Info Harga Ikan Louhan Bonsai di Pasaran
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Cara Perawatan dan Harga Kura-kura Sulcata di Pasaran"