Karakteristik, Cara Memelihara, dan Harga Kura-Kura Aldabra

Ada dua spesies kura-kura darat yang terkenal dengan ukuran tubuhnya yang raksasa, yakni kura-kura M. emys dan Aldabrachelys gigantea. Kura-kura M. emys merupakan jenis kura-kura darat dengan tubuh yang diklaim terbesar di Asia dan tidak memiliki selaput renang.[1] Sementara itu, kura-kura aldabra adah jenis kura-kura darat terbesar di dunia yang termasuk hewan hampir punah, tetapi sudah banyak yang menangkarnya dan memeliharanya. Kura-kura aldabra juga sudah diperjualbelikan dengan harga yang tidak murah.

Kura-kura aldabra anakan (sumber: kuranesia.com)

Kura-kura aldabra anakan (sumber: kuranesia.com)

Karakteristik Kura-Kura Aldabra

Kura-kura aldabra memiliki habitat alami di Pulau Atol Aldabra. Hewan ini biasanya berada di kawasan padang rumput, bukit pasir pantai, hutan bakau, dan semak belukar yang rendah. Tak seperti kura-kura lainnya, hewan bercangkang keras ini lebih suka berada di tanah daripada di lingkungan yang penuh air.

Termasuk jenis kura-kura darat, hewan ini tidak bisa berenang sekaligus tidak betah di dalam air. Meskipun begitu, kura-kura raksasa ini membutuhkan air untuk menghidrasi tubuhnya. Air juga diperlukan untuk merawat tempurungnya supaya tidak mudah rusak atau pecah akibat panas matahari.

Secara fisik, mungkin Anda akan mengira kura-kura ini adalah hewan karnivora, karena gigi depannya yang lumayan tajam. Namun, siapa sangka kalau hewan langka ini termasuk herbivora sejati. Di alam liar, kura-kura aldabra lebih suka makan rumput, daun, ranting, dan buah-buahan. Beberapa kura-kura yang ada di sekitar hutan bakau juga mengonsumsi akar muda tanaman bakau.

Baca juga  Info Keunikan dan Harga Burung Kakatua Raja Hitam

Kelebihan kura-kura aldabra yang membuatnya laris di pasaran dan banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya adalah bentuk tempurungnya. Kura-kura raksasa ini memiliki bentuk tempurung yang unik dan bisa berubah-ubah sesuai dengan suhu, makanan, dan lingkungan sekitar. Kura-kura yang hidup di dataran rendah biasanya memiliki tempurung yang tinggi, sedangkan yang hidup di dataran tinggi biasanya memiliki kubah tempurung yang rendah.

Selain itu, kura-kura yang sering terkena sinar matahari dan kurang terhidrasi, biasanya memiliki bentuk cangkang yang bergerigi serta membentuk gunungan atau segitiga di setiap sudutnya. Sementara itu, kura-kura yang banyak air atau cenderung hidup di tempat yang tidak terlalu banyak disinari matahari, memiliki bentuk tempurung yang cenderung bulat dan halus.

Selain harus mengetahui karakteristik kura-kura aldabra, sebelum memelihara dan membelinya, Anda harus mengetahui cara merawatnya. Tidak sulit merawat kura-kura darat, karena Anda tidak perlu menyediakan kolam untuk mereka berenang. Berikut adalah sedikit tips mengenai cara memelihara kura-kura aldabra.

Baca juga  Info Terbaru Harga Senapan Angin Gejluk Sanaji

Cara Memelihara Kura-Kura Aldabra

Kura-kura aldabra dewasa (sumber: floridaiguana.com)

Kura-kura aldabra dewasa (sumber: floridaiguana.com)

  • Kandang harus dibuat senyaman mungkin untuk kura-kura. Hewan ini lebih sering menghabiskan waktunya di darat, sehingga Anda hanya memerlukan torto table, pagar untuk pembatas area, rumput sintetis, forest bark, lampu ultraviolet, tempat berlindung, dan wadah makanan.
  • Jenis pakan yang baik untuk kura-kura ini adalah daun dan ranting tumbuhan. Namun, karena kura-kura Anda sudah jinak dan termasuk hewan peliharaan bukan hewan liar, Anda bisa memberikan pelet, pisang, apel, caisim, pakcoy, fumak, dan selada keriting. Beberapa orang juga memberikan kaktus centong dan daun bunga sepatu.
  • Meskipun termasuk hewan darat, kura-kura aldabra perlu mandi untuk menjaga kebersihannya dan supaya terhindar dari jamur. Untuk kura-kura yang masih kecil, Anda bisa memandikannya menggunakan air dan menyikat tempurungnya hingga bersih. Sementara, kura-kura dewasa sudah bisa mandi sendiri dan Anda hanya perlu menyiapkan bak atau kolam air untuk mereka mandi.
  • Supaya kura-kura tidak sakit gigi, Anda juga perlu menyikat giginya. Lakukan penyikatan dari bagian luar ke dalam menggunakan sikat gigi biasa yang sesuai dengan ukuran giginya. Ini juga bertujuan supaya kura-kura tidak bau mulut.
  • Seperti kura-kura pada umumnya, aldabra membutuhkan sinar matahari untuk memperoleh vitamin D. Jemurlah kura-kura di pagi hari pada 07.00 hingga pukul 08.00 atau 09.00. Vitamin D yang cukup akan membantu proses tumbuh kembang kura-kura sekaligus mempercantik cangkangnya.
  • Pastikan Anda memberikan pakan dengan jumlah protein yang cukup dan tidak berlebihan jika ingin memiliki kura-kura aldabra bertempurung halus. Jumlah protein yang terlalu banyak pada pakan aldabra bisa menyebabkan tempurungnya berbuku-buku atau biasa disebut pyramiding.
Baca juga  Info Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Bagi Anda yang tertarik dengan hewan langka yang satu ini, pastikan Anda mengetahui harganya sebelum membelinya. Untungnya, tidak sulit mendapatkan kura-kura aldabra, karena Anda bisa membelinya di situs e-commerce dengan harga sebagai berikut.

Harga Kura-Kura Aldabra

Ukuran Kura-Kura AldabraHarga
Aldabra ukuran 11 cmRp25..000 per ekor
Aldabra ukuran 12 cmRp32.320.000 per ekor
Aldabra ukuran 22 cmRp38.000.000 per ekor

Harga kura-kura aldabra di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membelinya.

[1] Trisnawati, Wiwit, Wiryono, Bhakti Karyadi. 2018. Biofisik Calon Habitat Manouria Emys di Area Konservasi Kura-Kura dan Pengembangan Pembelajaran di Luar Kelas. PENDIPA Journal of Science Education Universitas Bengkulu, Vol. 2(1): 88-92.

author

Leave a reply "Karakteristik, Cara Memelihara, dan Harga Kura-Kura Aldabra"