Info Terbaru Harga Kulkas Toshiba 2 Pintu (Semua Tipe)

Saat ini, hampir semua rumah tangga di Indonesia sudah memiliki lemari es. Perangkat ini memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk menyimpan bahan makanan agar tidak lekas busuk. Selain model satu pintu, tersedia pula 2 pintu yang dikatakan punya kapasitas lebih besar, efek pendinginan yang juga lebih besar, serta bebas bunga es. Punya harga yang memang relatif lebih mahal, tersedia beragam merek yang dapat dipilih, seperti Toshiba, Sharp, Glacio, Samsung, Modena, LG, Sanken, Polytron, dan lain-lain.

Ilustrasi: membuka kulkas (sumber: thektchn.com)
Ilustrasi: membuka kulkas (sumber: thektchn.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lemari es atau biasa disebut kulkas. Seperti namanya, ini adalah sebuah perangkat elektronik dengan refrigerator yang memiliki fungsi utama untuk mendinginkan makanan atau minuman serta membuat bahan masakan, seperti sayuran, buah, dan daging menjadi lebih awet dan tidak cepat busuk. 

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Klik n Clean, sistem pendingin buatan dimulai pada pertengahan 1750-an, lalu dikembangkan pada awal 1800-an. Pada tahun 1834, sistem pendingin kompresi uap pertama kali dibangun. Mesin pembuat es perdana lantas diciptakan pada tahun 1854. Memasuki 1913, lemari es untuk penggunaan rumah diciptakan. Selang 10 tahun kemudian, Frigidaire memperkenalkan mandiri pertama, sedangkan pengenalan freon pada 1920-an memperluas pasar kulkas selama dekade 1930-an.

Home freezer, sebagai kompartemen terpisah (lebih besar dari yang diperlukan hanya untuk es batu), lantas diperkenalkan pada tahun 1940, yang membuat makanan beku, sebelumnya barang mewah, menjadi hal yang biasa. freezer ini digunakan di rumah tangga dan di industri serta perdagangan. Kulkas dan unit freezer dipakai selama hampir 40 tahun sebelum model rumah umum. Gaya freezer-on-top-and-refrigerator-on-bottom telah menjadi gaya dasar sejak 1940-an, sampai lemari es modern memecahkan tren.

Kulkas yang saat ini bekerja sangat mirip dengan lemari es lebih dari seratus tahun yang lalu, dengan menguapkan cairan. Refrigeran, zat kimia cair yang digunakan untuk mendinginkan, menguap pada suhu rendah. Cairan didorong melalui tabung dan mulai menguap. Ketika cairan menguap, mereka menghilangkan panas ketika gas bergerak ke kumparan di bagian luar kulkas, lokasi panas dilepaskan. Gas-gas dikembalikan ke kompresor, menjadi cair lagi, dan siklus tersebut berulang.

Jenis Kulkas

  • Kulkas Top Freezer, merupakan tipe yang paling sering ditemukan di rumah tangga dalam negeri. Ini adalah lemari es dengan bagian freezer yang ditempatkan di atas. Lemari dua pintu ini tersedia dalam aneka mulai dari 30 hingga 33 inch.
  • Kulkas Bottom Freezer, kebalikan dari tipe sebelumnya, dengan menempatkan freezer pada bagian bawah. Lemari pendingin ini cocok untuk mereka yang jarang membuka freezer. Dengan demikian, Anda tidak perlu membungkuk ketika hendak mencari atau menempatkan bahan makanan di kulkas. Pintunya ada yang model bukaan samping dan ditarik atau menyerupai laci. Dibandingkan dengan top freezer, jenis bottom freezer ini dijual dengan harga yang lebih mahal.
  • Kulkas Side by Side, dengan satu sisi merupakan kulkas biasa dan sisi lainnya merupakan freezer. Meski sejajar, luas kulkas tetap dibuat lebih besar daripada luas freezer. Secara keseluruhan, ukurannya cukup slim sehingga cocok untuk desain kecil. Pada beberapa merk, model ini juga dilengkapi dengan dispenser air dan es batu. Walau harganya cukup mahal, namun penggunaan listriknya normal.
  • Freezer, untuk membekukan daging dan cairan. Freezer ini terbagi atas deep freezer dan chest freezer. Chest freezer bentuknya menyerupai lemari pendingin biasa dengan satu pintu dan beberapa rak, sedangkan deep freezer menyerupai peti dengan pintu bukaan di bagian atas. 
  • Showcase, adalah tipe dengan pintu yang dibuat dari kaca atau plastik bening. Dengan demikian, Anda bisa melihat ada makanan dan minuman apa saja di dalam lemari pendingin tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu. Jenis yang satu ini cocok untuk mereka yang membuka usaha minuman atau gemar menyimpan aneka minuman ringan untuk dibagikan kepada tamu.
  • Kulkas 1 Pintu, punya relatif kecil, namun sudah mencakup bagian freezer di bagian atas yang dipisahkan sebuah pintu plastik. Freezer di sini memang tidak sedingin freezer lainnya, tetapi cukup berfungsi untuk membekukan air dan menyimpan daging mentah untuk beberapa saat. Lemari pendingin ini cocok untuk anak kos dan rumah tangga kecil.
  • Kulkas 2 pintu, model lemari es yang cukup banyak digunakan di masyarakat Indonesia adalah yang memiliki dua pintu. Pasalnya, tipe ini diklaim memiliki banyak kelebihan, salah satunya memungkinkan pengguna menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak. Bahkan, bahan makanan yang akan disimpan tidak perlu dipotong-potong terlebih dahulu.
Produk Kulkas Toshiba (credit: food.detik)

Selain kapasitas yang besar, kulkas dua pintu juga dikatakan memiliki efek pendinginan yang besar dibandingkan kulkas satu pintu. Ini untuk menjamin suhu dingin dapat menjangkau semua item makanan dan minuman yang disimpan di dalam lemari es. Suhu yang lebih dingin tentunya akan membuat bahan makanan menjadi lebih awet. Berikut beberapa kelebihan lain yang dimiliki kulkas 2 pintu.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Kelebihan lainnya lemari es model ini adalah dikatakan bebas bunga es atau frost free, mencegah penebalan bunga es sehingga Anda tetap bisa leluasa menyimpan bahan makanan di dalam freezer. Tipe ini pun umumnya punya kapasitas freezer yang lebih luas serta pemakaian listrik yang lebih efisien lantaran bagian freezer berdiri terpisah dari kompartemen pendingin (cooler).

Sekarang, tidak sulit mendapatkan lemari es dua pintu karena sudah ada banyak merk yang merilis produk ini, termasuk Toshiba. Brand asal Jepang ini telah meluncurkan beberapa model lemari es dua pintu untuk pasaran dalam negeri, yang dapat Anda beli di sejumlah toko perkakas elektronik atau jual beli online. Berikut kisaran harga kulkas 2 pintu keluaran Toshiba pada 2022. 

Harga Kulkas Toshiba 2 Pintu

Tipe Kulkas 2 Pintu Toshiba Harga
Toshiba GR-B22IS  Rp3.849.000
Toshiba GR-B28IS Rp4.449.000
Toshiba GR-B31IS Rp5.699.000
Toshiba GR-WG66ED Rp9.098.700

Pada 2020, harga kulkas 2 pintu merek Toshiba tipe GR-B22IS dibanderol mulai harga Rp3.229.000 – Rp4.689.000, GR-B28IS seharga Rp3.950.000 – Rp5.389.000, GR-B311S seharga Rp4.049.000 – Rp5.669.000, dan GR-WG66ED seharga Rp6.965.000. Terpantau beberapa produk kulkas Toshiba 2 pintu mengalami perubahan harga berkisar ratusan ribu rupiah, di tahun 2021 hingga 2022.

Sebagai contoh, Toshiba GR-B22IS dibanderol Rp3.229.000 – Rp4.689.000 tahun 2020, berubah menjadi Rp3.459.000 – Rp4.689.000 tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp3.849.000 tahun 2022. Harga lemari es dua pintu Toshiba di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko elektronik dari e-commerce. 

Tak hanya produk baru, kulkas Toshiba 2 pintu bekas/second juga banyak beredar di pasaran. Perlu dicatat bahwa harga kulkas dua pintu Toshiba tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika membutuhkan informasi lebih detail, silakan datang ke toko perlengkapan elektronik terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait