Harga Kuda Poni (Anakan dan Dewasa)

No comment2866 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kuda poni. Yup, ini adalah kuda yang memiliki ciri khas rambut atau surai yang menutup sebagian muka, mirip poni. Secara umum, varian ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kuda pada umumnya, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar menunggang kuda. Di pasaran Indonesia, kuda poni dijual dengan harga mulai belasan juta rupiah per ekor.

Kuda poni

Kuda poni

Sebelum membahas mengenai kuda poni, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai kuda. Dilansir dari Wikipedia, kuda (atau Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Masih menurut referensi yang sama, kuda yang saat ini tersebar di seluruh dunia sebenarnya berasal dari binatang kecil. Beberapa ilmuwan menyebut hewan kecil ini sebagai eohippus atau dawn horse. Binatang kecil tersebut telah mengalami proses evolusi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di bentukan Tebing Eocene. Kemudian, pada tahun 1931, kerangkanya disusun kembali di Big Horn Basin, Wyoming USA oleh paleontologi dari Institut Teknologi California.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda atau bajak. Dahulu kala, kuda sering dijadikan tunggangan manusia ketika bepergian dalam jarak yang sangat jauh. Saat ini, kuda tunggangan lebih sering berfungsi untuk acara-acara seremonial, rekreasi, atau bahkan patroli .

Sementara, untuk mereka yang doyan berolahraga, kuda bisa dipakai sebagai tunggangan untuk pacuan. Tren kuda pacuan di Indonesia sendiri kabarnya sudah ada sejak bangsa Eropa datang ke wilayah Tanah Air. PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) sendiri sudah menggelar tiga cabang olahraga berkuda, yakni cabang pacuan kuda, cabang olahraga tunggang kuda, dan cabang olahraga polo.[1]

Baca juga  Info Cara Perawatan dan Harga Burung Sun Conure

Selain sebagai hewan tunggangan, kuda juga sering dipelihara untuk diambil dagingnya. kuda dikatakan dapat menjadi alternatif penyedia daging dan memiliki potensi yang cukup besar sebagai salah satu sumber pangan yang mempunyai kandungan protein yang tinggi. Bahkan, potensi ternak kuda secara teknis konon tidak jauh berbeda dengan sapi, dengan karkas ternak kuda mencapai 125 kg, dengan jeroan mencapai 20 persen dari karkas jika dibandingkan sapi yang mencapai angka rata-rata 156,4 kg.[2]

Ada banyak jenis kuda yang bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia. Untuk ranah lokal misalnya, Anda pasti sudah cukup familiar dengan kuda Sumbawa. Ini adalah salah satu rumpun kuda lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Pulau Sumbawa, Provinsi Barat. Kuda ini memiliki ciri-ciri seperti warna tubuh dominan terang sampai gelap, bentuk tubuh kompak, hidung dan mulut relatif besar, ekor panjang dan berbulu lebat, persendian kaki baik, serta punya daya tahan yang baik.

Ciri Kuda Poni

Sementara, untuk jenis luar, salah satu yang cukup terkenal adalah kuda poni. Kuda ini konon berasal dari Eropa bagian utara, yang sering dianggap sebagai turunan dari subspesies kuda liar Equus ferus.[3] Studi DNA mitokondria (yang diteruskan melalui garis betina) menunjukkan bahwa sejumlah besar kuda liar telah berkontribusi pada perkawinan kuda poni domestik modern.

Kuda poni

Kuda poni

Secara umum, kuda poni memiliki kepala yang pendek, mata yang besar, serta telinga yang kecil. Selain relatif lebih kecil daripada kuda biasa, kaki mereka secara proporsional juga lebih pendek. Meski demikian, kuda poni memiliki kuku yang kuat dan menumbuhkan mantel rambut yang lebih berat, yang dapat terlihat pada surai dan ekor yang lebih tebal serta mantel musim dingin yang sangat berat.

Baca juga  Harga Ikan Neon Tetra per Ekor

Di banyak penjuru dunia, kuda poni telah digunakan sebagai hewan pekerja. Trah kuda ini dimanfaatkan untuk berkendara, menarik gerobak, mengangkut muatan (seperti batubara dari tambang), dan sebagai tunggangan untuk anak-anak. Sekarang, kuda poni lebih sering digunakan untuk kompetisi, perform, berkuda, dan rekreasi.

Kenapa saat ini lebih kerap dijadikan tunggangan, karena kuda poni cenderung memiliki gaya berjalan yang nyaman dan santai, menjadikannya hewan tunggangan yang menyenangkan. Mereka sangat populer untuk anak-anak karena ukurannya yang relatif kecil. Mereka lebih dekat ke tanah dan ketika dilatih dengan baik, binatang ini akan mudah dikendalikan dan bermanuver.

Tips Merawat Kuda Poni

  • Karena asal-usul kuda poni yang keras, hampir semua ras hewan ini dapat bertahan hidup dengan makanan yang lebih terbatas daripada kuda berukuran penuh lainnya. Kuda poni sangat mudah dirawat dan sebagian besar akan cocok dengan makanan hijau rendah lemak dan rendah karbohidrat, dengan sedikit atau tanpa suplemen biji-bijian.
  • Kuda poni, seperti kuda lainnya, juga sangat suka hidup di padang rumput yang luas. Jika Anda memilih memelihara kuda in di kandang atau gudang, maka penting untuk sering-sering mengeluarkannya karena kuda ini suka berteman dan bersosialisasi. Meskipun kuda ini lebih mandiri daripada jenis kuda lainnya, sebagian besar sangat sosial dan suka ditemani kuda-kuda lain.
  • Untuk perawatan diri, sangat bervariasi dari satu jenis ke jenis lain. Beberapa ras membutuhkan pemangkasan bulu agar terlihat rata. Surai tebal serta ekornya juga membutuhkan pemotongan dan perawatan teratur agar tetap sehat. Varietas cob dapat mengembangkan goresan di bawah lapisan bulu mereka, sehingga perawatan yang baik sangat penting. Banyak jenis poni yang memiliki kaki kecil dan keras yang membutuhkan pemangkasan biasa, tetapi seringkali tidak membutuhkan sepatu. Kuku harus sering diperiksa dan dipotong sesuai kebutuhan.
  • Kuda ini terkenal karena kecerdasan mereka yang tinggi, sehingga apabila dilatih dengan baik, maka dapat menjadi tunggangan yang bagus, termasuk untuk anak-anak. Sebaliknya, kuda yang tidak terlatih atau dilatih oleh orang yang tidak berpengalaman, dapat menjadi kuda yang manja, keras kepala, atau licik.
Kuda poni

Kuda poni

Harga Kuda Poni

Di pasaran dalam negeri, mungkin agak sulit menemukan orang yang menawarkan kuda poni, tetapi bukan berarti tidak ada. Jika Anda menelusuri forum online di media sosial seperti Facebook atau platform e-commerce, ada sejumlah pemilik yang menawarkan kuda poni ras lokal dengan harga rata-rata Rp15 jutaan per ekor untuk yang berusia 2 sampai 3 tahun, sedangkan yang berusia 7 sampai 8 dilepas mulai Rp7 jutaan per ekor.

Baca juga  Info Terkini Harga Drum Box Cajon (Akustik & Elektrik)

Sementara itu, kuda poni yang berasal Eropa dijual dengan harga jauh lebih . Kuda poni Shetland, berdasarkan penelusuran penulis, ditawarkan dengan harga mencapai Rp80 juta rupiah per ekor. Bahkan, salah satu pesohor Hollywood diberitakan pernah membeli kuda poni dengan harga menembus angka Rp2,9 miliar per ekor.

[1] Malik, Abdul dan Wahyu Budi Priatna. 2013. Analisis Kelayakan Usaha Pembibitan Peternakan Kuda Pacu Budi Mulya Stable Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Forum Agribisnis IPB, Vol.  3(2): 67-80.

[2] Kadir, S. 2011. Preferensi Konsumen terhadap Hasil Olahan Daging Kuda di . Jurnal Agribisnis Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar, Vol. X(3).

[3] Bennet, D. 1998. Conquerors: The Roots of New World Horsemanship (First Edition). Solvang: Amigo Publications, hlm. 7.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kuda Poni (Anakan dan Dewasa)"