Harga Kuda Delman (Jantan dan Betina)

No comment1770 views

Anda mungkin sudah tidak asing dengan delman atau dokar. Masih dapat ditemukan di sejumlah pedesaan, transportasi tradisional ini sekarang juga sudah menjadi salah satu wahana di berbagai tempat wisata. Nah, agar delman bisa bergerak, biasanya ditarik seekor kuda. Di pasaran, kuda khusus untuk menarik dokar ini dijual dengan harga mulai jutaan hingga puluhan juta per ekor, tergantung usia.

Kuda Delman Jantan - foto.kompas.com

Kuda Delman Jantan - foto.kompas.com

Seiring perkembangan zaman, alat transportasi yang dipakai masyarakat memang semakin canggih, termasuk kereta rel listrik, pesawat terbang, hingga mobil listrik. Namun, itu bukan berarti moda transportasi tradisional seperti dokar sepi peminat. Masih digunakan di banyak desa, andong dibutuhkan lantaran punya tarif yang bisa ditawar serta bisa orang menikmati perjalanan lantaran memang melaju dengan cukup pelan.[1]

Kelebihan lainnya delman adalah penumpang tidak memiliki rasa takut ditipu dan khawatir dengan barang bawaan mereka. Selain itu, biasanya terjadi percakapan yang cukup intim antara penumpang dan kusir sehingga menimbulkan kenyamanan selama perjalanan. Karena itu, tidak mengherankan jika masih banyak orang yang berpendapat bahwa keberadaan delman atau dokar perlu dilestarikan.[2]

Di beberapa daerah di Indonesia, delman memiliki nama yang berbeda-beda. Sebutan delman dikenal di Jakarta, sedangkan masyarakat di Pulau Jawa mengenalnya dengan nama andong atau pedari.[3] Adapun orang di Palu, bisa menyebut alat transportasi tradisional ini sebagai doka, yang punya variasi warna yang mencolok pada bagian kabin.[4]

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Sindo Ferry Batam-Singapore

Cara Merawat Kuda Delman

Seperti disinggung di atas, agar delman, dokar, atau bendi dapat bergerak, kabin akan ditarik seekor kuda. Kuda diletakkan di depan kabin delman dan dikendalikan sopir yang biasa disebut dengan kusir. Agar kuda dapat berjalan terarah, kusir akan menuntun jalan menggunakan sebuah tali, biasanya dibantu dengan sebuah cambuk, serta menutup mata kuda.

Karena merupakan tulang punggung untuk mencari nafkah, pemilik kuda delman tidak bisa sembarangan merawat peliharaan mereka. Kuda harus dirawat dengan baik agar mampu membantu kusir mencari nafkah. Bahkan, kuda untuk delman ini memerlukan perawatan khusus yang mungkin tidak didapatkan kuda-kuda untuk keperluan lainnya.

Kuda Delman Betina - indopos.co.id

Kuda Delman Betina - indopos.co.id

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pakan kuda. Secara umum, kuda membutuhkan asupan makanan sebanyak 9 kg setiap harinya. makanan kuda ini sama saja dengan kuda pada umumnya, bisa menggunakan rumput yang dicampur dengan dedak atau bekatul. Jika memungkinkan pemilik dapat memberikan pakan berupa daun dari kacang tanah yang masih segar. Jika tampak sakit atau lemas, kuda dapat diberikan pakan tambahan berupa 5 sampai 7 butir telur ayam kampung atau telur bebek.

Baca juga  Biaya Tol Jakarta-Jogja (Semua Golongan Kendaraan)

Setelah kuda berjalan jauh, kuda delman ternyata tidak boleh langsung diberi air. Pasalnya, jika setelah berjalan jauh dan langsung diberi minum atau dimandikan, kuda tersebut bisa masuk . Pemilik disarankan memberikan minum sebanyak seperempat ember, tidak boleh lebih dari itu. Setelah cukup beristirahat, air bisa ditambahkan lagi.

Sama halnya dengan hewan peliharaan pada umumnya, kuda delman ini juga membutuhkan mandi agar tubuhnya tetap bersih dan segar, sehingga nantinya tidak berbau. Namun, ada yang berbeda saat memandikan kuda delman ini. Kalau kebetulan musim hujan tiba, hewan tersebut disarankan dimandikan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan serai.

Apabila kuda kebetulan terlihat sakit atau tidak fit, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Jika bulu kuda tampak kusam, itu pertanda bahwa dia sedang cacingan. Anda bisa membeli obat cacingan khusus kuda yang sudah dijual di banyak toko ternak. Cara lainnya dengan melakukan pijatan atau suntik vitamin untuk memulihkan stamina kuda.

Baca juga  Info Terkini Harga Tiket Kapal Jakarta-Batam

Mengenai kuda betina yang sedang hamil tetapi tetap ‘dipaksa’ kusir untuk bekerja, itu dianggap sebagai hal yang biasa di kalangan pemilik delman. Pasalnya, dengan tetap menarik delman, itu akan memperlancar kuda betina saat melakukan proses kelahiran. Meski demikian, stamina kuda juga perlu diperhatikan agar tidak kelelahan saat menarik penumpang.

Harga Kuda Delman

Saat ini, walau pasarnya tidak sebagus beberapa tahun sebelumnya, masih banyak pedagang yang menawarkan kuda untuk menarik delman. Di pasaran dalam negeri, kuda delman yang masih anakan ditawarkan dengan harga sekitar Rp3,6 jutaan per ekor. Sementara, kuda delman dengan tinggi 10 cm serta umur sekitar 1 tahun hingga 18 bulan, dijual dengan harga berkisar Rp10 juta hingga Rp20 jutaan per ekor, dan kebanyakan adalah jantan.

[1] Kismarsilah. 2014. Keberadaan dan Tanggapan Pemerintah dalam Pengoperasian Doka di Kota Palu. Jurnal Academica FISIP UNTAD, Vol. 6(2): 1347-1358.

[2] Wendra, Wijaya. 2005. Keberadaan Delman di Tengah Modernisasi Kota Jakarta. Jakarta: Balai Penelitian Universitas Kristen Indonesia.

[3] Salem. 1998. Strategi Hidup Kusir Andong di Malioboro Yogjakarta (Skripsi). Fakultas Sosiologi Universitas Gadjah Mada.

[4] Kismarsilah. Op. cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kuda Delman (Jantan dan Betina)"