Karakteristik, Cara Merawat, dan Harga Kucing Sphynx

Rambut atau bulu menjadi ciri khas mamalia, tetapi ada hewan golongan mamalia mungil yang tidak memilikinya, yakni kucing sphynx dengan karakteristik kulit tubuh yang tebal dan tidak berpori.[1] Meskipun terlihat seperti kucing gundul, anabul ini termasuk salah satu jenis kucing dengan harga mahal dan dicari banyak penggemar kucing.

Karakteristik Kucing Sphynx

Ilustrasi: Karakteristik Kucing Sphynx (credit: thesprucepets)

Ilustrasi: Karakteristik Kucing Sphynx (: thesprucepets)

Kucing sphynx sebenarnya berasal dari perkawinan antara kucing lokal yang mengalami mutasi dari Kanada. Mutasi genetik yang terjadi akan diturunkan ke generasi kucing selanjutnya, hingga terciptalah kucing sphynx sejati yang dapat dikawinkan sesamanya untuk menghasilkan keturunan sphynx murni.

Sebenarnya, anabul ini memiliki ras Canadian hairless cat. Namun, karena bentuknya mirip dengan patung kucing dari Mesir yang tidak memiliki bulu, maka mamalia kecil ini dijuluki kucing sphynx. Anabul ini tidak hanya lahir dari perkawinan kucing domestik yang mengalami kelainan genetik, tetapi bisa terjadi karena perkawinan antara kucing Devon Rex dan kucing domestik.

Tanpa adanya bulu di sekujur tubuhnya, mamalia mungil ini memiliki bentuk fisik yang terbilang sangar atau garang. Meskipun begitu, di balik wajahnya yang garang, anabul ini memiliki sifat yang ramah, lembut, dan suka mencari perhatian, tidak jauh berbeda dengan kucing-kucing lainnya. Keakrabannya hampir mirip dengan anjing yang kerap dijadikan sebagai sahabat manusia.

Baca juga  Update Terkini Harga Cetakan Takoyaki (All Merek)

Dilansir dari Hewany, kucing sphynx sangat suka bersosialisasi dan diajak bermain. Hewan mungil yang satu ini terbilang lincah, aktif, dan tidak penakut. Supaya kucing tidak mudah stres dan merasa bosan, Anda harus mengajaknya bermain. Paling tidak, luangkan waktu Anda setiap hari selama lima hingga sepuluh menit untuk bermain dengan anabul ini.

Secara fisik, memang kucing sphynx tidak memiliki bulu sama sekali. Namun, jika Anda perhatikan dengan saksama, anabul ini masih memiliki bulu yang sangat pendek dan halus. Inilah yang membuat anabul terlihat seolah tidak memiliki bulu. Selain itu, bulu ini tidak terlihat karena kulitnya yang cenderung tebal dan halus. Ini bisa dilihat dari adanya kerutan halus saat kucing membungkuk.

Kerutan halus yang ada di sekujur tubuhnya bukan hanya pertanda sebagai lipatan kulit karena tebal, tetapi juga lemak. Jika kucing sphynx Anda memiliki tubuh yang gemuk, maka lipatan ini akan semakin bertambah, diiringi dengan lekukan dan gelembung lemak di bagian perutnya.

Baca juga  Review & Info Terkini Harga Zoom G3X (Baru dan Bekas)

Selain harus mengetahui karakteristik kucing sphynx di atas, Anda juga harus tahu cara merawatnya jika ingin mengadopsi hewan eksotis ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin merawat kucing ini, antara lain pakan, kebersihan, dan vaksin. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat rincian berikut.

Ilustrasi: Cara Merawat Kucing Sphynx (credit: metamorphosis)

Ilustrasi: Cara Merawat Kucing Sphynx (credit: metamorphosis)

Cara Merawat Kucing Sphynx

  • Perhatikan pakan yang Anda berikan. Pastikan Anda memilih dry food atau wet food yang berprotein tinggi, tetapi rendah lemak. Untuk kitten sphynx yang masih berusia satu bulan, Anda juga harus memberinya kucing sebagai asupan protein dan nutrisi tambahan.
  • Pastikan kucing Anda divaksin tepat waktu. Anda bisa mulai melakukan vaksinasi kucing saat berusia tiga bulan ke atas.
  • Untuk perawatan bulunya, Anda tidak perlu khawatir dengan kutu, tetapi khawatirlah dengan jamur. Jamur kucing pada sphynx dinilai cukup berbahaya, karena mamalia ini tidak berbulu tebal, sehingga jamur akan langsung mengakar ke kulit bagian dalam. Sebagai solusi, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk anabul.
  • Anda harus membersihkan kandang kucing secara rutin, minimal dua kali sehari. Kandang juga harus diberi disinfektan setiap dua minggu sekali untuk mencegah jamur dan virus.
Baca juga  Update Harga Wearpack Balap Motor (Semua Merk & Tipe)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengadopsi kucing sphynx, pastikan Anda mengetahui harganya. Kucing ini memang terkenal dengan biaya adopsi yang mahal dan berikut referensinya.

Ilustrasi: Harga Kucing Sphynx (credit: imgur)

Ilustrasi: Harga Kucing Sphynx (credit: imgur)

Harga Kucing Sphynx

Varian Kucing SphynxHarga
Kucing Sphynx Betina Hitam 2,5 bulanRp6.450.000 per ekor
Kucing Sphynx Kitten Blue EyesRp6.650.000 per ekor
Kucing Sphynx Betina HamilRp9.000.000 per ekor
Kucing Sphynx Bambino 1 BulanRp6.500.000 per ekor
Kucing Sphynx Betina Ped ICARp6.500.000 per ekor
Kucing Sphynx Jantan KittenRp4.500.000 per ekor
Kucing Sphynx Betina DewasaRp8.000.000 per ekor
Kucing Sphynx Betina CalicoRp6.500.000 per ekor
Kucing Sphynx SepasangRp29.000.000 per

Harga kucing sphynx di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga anabul ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Gandolfi, Barbara, dkk. 2010. The Naked Truth: Sphynx and Devon Rex Cat Breed Mutations in KRT71. Mammalian Genome PMC, Vol. (9): 509-515.

author

Leave a reply "Karakteristik, Cara Merawat, dan Harga Kucing Sphynx"