Info Ciri Fisik dan Harga Kucing Sphynx Terupdate

Kucing menjadi salah satu favorit semua kalangan. Ada berbagai jenis kucing yang bisa Anda pilih, mulai dari anggora, persia, maine coon, bengal, ashera, savannah, himalaya, dan masih banyak lagi. Sphynx menjadi satu kucing dengan harga mahal yang tengah digandrungi karena keunikannya sebagai spesies tanpa bulu. Bagi Anda yang penasaran keistimewaan kucing sphynx, berikut ulasan lengkapnya.

Kucing sphynx (pexels: Anna Shvets)
Kucing sphynx (pexels: Anna Shvets)

Sejarah Kucing Sphynx

Sphynx merupakan ras kucing berasal dari Kanada, bukan Mesir seperti namanya. Kucing ini pertama kali dikembangkan di dengan sebutan Canadian Hairless. Jenis kucing tersebut merupakan hasil rekayasa genetika.

Bacaan Lainnya

Cat Fanciers Association (CFA) memberikan status pada kucing sphynx dengan nama Canadian Hairless pada 1970. Awalnya, gen kucing tanpa bulu dianggap mengalami masalah kesehatan sehingga dapat mengakibatkan kematian pada generasinya. Namun pada 1975, Georgiana Gattenby, seorang breeder dari Minnesota justru mencoba mengembangkan ras kucing tanpa bulu. Hasilnya, keturunan kucing tersebut kuat dan sehat. Keturunan inilah yang diberi nama sphynx.

Baca juga  Info Terbaru Harga Sangkar Burung Lovebird (Semua Merek dan Spesifikasinya)

Jenis Kucing Sphynx

  • Kucing Sphynx Ras Asli
  • Kucing Sphynx Kitten
  • Kucing Sphynx Mogie

CFA mulai menerima registrasi ras sphynx pada 1998. Dalam waktu dua tahun, terdaftar 120 ekor ras sphynx di sana. Lalu, seperti apa tampilan khas kucing sphynx?

Ciri Fisik Kucing Sphynx

Kucing sphynx (sumber: ihow.pro)
Kucing sphynx (sumber: ihow.pro)

Kucing Sphynx memiliki postur tubuh yang tegap dan membulat seperti tabung di daerah dengan dada lebar. Kepalanya berbentuk segitiga yang lebih panjang, dahi rata, tulang pipi menonjol, hidung pendek, rahang kuat, dan sedikit atau tidak ada kumis. Telinga kucing ini juga relatif besar, lebar pada bagian bawah, tegak, dan tidak ada rambut.

Kucing sphinx memiliki mata terbuka lebar, bulat, dengan sudut yang mengarah ke telinga. Ekor kucing sphinx panjang dengan sedikit rambut di ujungnya yang menyerupai ekor singa. Sebenarnya, kucing sphynx tetap memiliki rambut dengan tekstur sangat halus di tubuhnya. Kulit kucing ini pun berkerut pada beberapa bagian kepala, badan, dan kaki.[1]

Meski tampak botak, kucing sphynx memiliki warna yang bervariasi. Hal tersebut bukan berasal dari warna bulunya, melainkan terdapat pada pigmen kulitnya. Selain warnanya, pola pada tubuh kucing sphynx juga bisa beragam, sehingga tampilan kucing sphynx sebenarnya tidak begitu monoton.

Baca juga  Update Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merk)

Dilansir dari laman Catological, kucing sphynx memiliki temperatur tubuh lebih dari kucing pada umumnya. Hal ini diduga merupakan bentuk adaptasi kucing tanpa bulu untuk menghangatkan tubuh. Meski begitu, sedikitnya bulu pada sphynx membuat jenis kucing tersebut rentan pada banyak hal. Tak heran jika kucing sphynx mudah kedinginan. Bahkan, kulit sphynx rentan terbakar oleh sinar matahari. Kucing ini dinilai lebih cocok dijadikan peliharaan di rumah.

Karakteristik salah satu kucing termahal ini adalah suka bersosialisasi dan cenderung ramah pada orang-orang di sekitarnya. Kucing sphynx juga penuh rasa ingin tahu, aktif, dan suka bermain. Penampilan kucing sphynx sangat unik dan langka, menjadikannya sebagai jenis kucing mahal. Harga seekor kucing sphynx bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari beberapa faktor, seperti kualitas, umur dan kemurnian dari sphynx itu.

Harga Kucing Sphynx

Kitten Kucing Sphynx (sumber: animeshka.org)
Kitten Kucing Sphynx (sumber: animeshka.org)
Jenis Kucing Sphynx Kisaran Harga (Rp)
Kucing Sphynx Betina usia 11 bulan 7.000.000 – 19.575.000
Anakan (Kitten) Sphynx Mata Biru 8.500.000
Kucing Sphynx Betina Non Ped usia 4,5 bulan 11.000.000
Kucing Sphynx Jantan Sudah Vaksin 11.000.000
Anakan (Kitten) Sphynx Pedigree ICA 15.000.000
Kucing Sphynx Jantan/Betina usia 14 bulan 14.130.000
Kucing Sphynx Ras Asli 22.000.000
Kucing Sphynx Dewasa 25.000.000
Kucing Sphynx bambino cebol 30.000.000
Baca juga  Varian dan Update Harga Biola Yamaha untuk Pemula (Student Series)

Informasi harga kucing sphynx di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pemilik kucing. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga kucing sphynx tahun 2022 pada dasarnya belum banyak berubah. Namun, anakan (kitten) sphynx pedigree ICA yang tahun lalu dibanderol Rp11 juta, kini naik jadi Rp15 juta. Anda dapat mengakses info sphynx melalui beberapa situs jual beli online terpercaya agar tidak tertipu dengan kucing palsu.

Untuk perawatan kucing jenis ini sebenarnya hampir sama dengan jenis-jenis kucing lainnya. Anda perlu melakukan grooming secara rutin, pasalnya kucing tanpa bulu justru akan lebih mudah kotor. Saat membersihkannya, Anda dapat memakai sampo dengan kandungan pelembap. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memotong kuku dan menyikat giginya secara teratur.

[Update: Dian]

[1] Tim Redaksi. 2017. Majalah Cat And Dog Edisi 10 (Februari-Maret 2017). Jakarta: Majalah Cat And Dog. Hlm 10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *